Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hadits Tentang Pahala Amal Yang Tak Terputus, Cara Minum Rasulullah, Mencegah Kemaksiatan

Hadits Tentang Pahala Amal Yang Tak Terputus

Rasulullah SAW bersabda:


إِذَا مَاتَ ابْنُ آدَمَ انْقَطَعَ عَنْهُ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ:ْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ، أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ، أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ.

Jika anak Adam meninggal maka terputuslah amalnya kecuali dari 3 hal: shadaqah jariyah (yang manfaatnya masih berlangsung –pent), ilmu yang bermanfaat, atau anak shalih yang mendoakan kebaikan untuknya.” (Lihat: Shahih Muslim no. 1631 –pent)

Oleh karena itu, mari kita selalu berusaha beramal jariyah seperti membantu atau menyumbang tempat-tempat ibadah atau pembelajaran atau apa saja yang dapat digunakan untuk kebaikan yang terus menerus sehingga walaupun orang yang membantu atau menyumbang itu telah meninggal dunia, selama tempat atau suatu barang itu digunakan, maka pahalanya akan terus mengalir pada orang-orang yang membantu atau menyumbang.

Kemudian ilmu yang bermanfaat juga termasuk berpahala amal yang tidak terputus, hal ini terjadi apabila seseorang yang memiliki ilmu, kemudian ilmu yang dimilikinya diajarkan kepada orang lain dan orang yang diajarinya mengamalkannya, maka hal itu akan menjadi pahala juga bagi orang yang mengajarinya walau ia telah meninggal dunia.

Selanjutnya yang menjadi amal yang terus menerus juga pahalanya, apabila seseorang memiliki anak, kemudian anaknya diajarkan tentang kebaikan dan anak itu kemudian anak itu menjadi anak yang taat kepada Allah, Rasulullah dan juga kepada orang tua sehingga dikenal sebagai anak shaleh, serta selalu berbuat baik. maka setiap amal yang dikerjakan anak tersebut akan terus mengalir pada kedua orang tuanya tanpa mengurangi pahala yang diberikan pada anak shaleh tersebut.

Baca Juga: Cara Minum Rasulullah Akan Mencegah Perbuatan Maksiat

Posting Komentar untuk "Hadits Tentang Pahala Amal Yang Tak Terputus, Cara Minum Rasulullah, Mencegah Kemaksiatan"