Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Shalawat Khas/Khusus | Shalawat Yang Selalu Dibaca Para Wali Allah

Shalawat Khas/Khusus | Shalawat Yang Selalu Dibaca Para Wali Allah

Shalawat ini adalah shalawat yang biasa menjadi camilan (selalu dibaca) dalam berdzikir oleh para awliya-illah (wali-wali Allah). Oleh karenanya, saya beri nama shalawat ini dengan nama shalawat khas atau khusus
اَللّهُم َّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنِامُحَمَّدٍ وَعَلى آلِ سَيِّدِنَامُحَمَّدٍ
Artinya:
"Ya Allah, Semoga rahmat dan keselamatan tercurahlimpahkan kepada junjungan kami Baginda Nabi Muhammad dan juga atas keluarga Nabi Muhammad SAW."

Amalan shalawat tersebut dapat diamalkan dalam keadaan apapun, baik dengan menggunakan lisan atau hanya dibaca di dalam hati, dengan tujuan untuk mengagungkan Allah dan Rasul-Nya dan perantara berkirim doa rahmat dan keselamatan kepada Nabi Muhammad SAW dan juga keluarganya.

Menurut sebagian ulama, yang dimaksud keluarga nabi yaitu ahli baitin nabi atau dzurriyah/keturunan nabi dan juga ada yang mengatakan bahwa yang dimaksud keluarga nabi yaitu umat islam yang meyakini dan mengakui bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah SWT.

Selain shalawat di atas, shalawat yang juga banyak dibaca sebagai camilan dalam sehari-hari yaitu shalawat khidir atau shalawat jibril yaitu:

صَلَّى اللهُ عَلى مُحَمَّدٍ
Shallallaahu 'alaa Muhammad

"Semoga rahmat senantiasa tercurahkan bagi bagi Nabi Muhammad"
 
Oleh karena itu, mari kita perbanyak shalawat dan berusaha untuk tidak merasa bosan membaca shalawat seperti yang dianjurkan oleh para ulama, minimal dalam sehari semalam membaca shalawat kepada nabi sebanyak 300 kali.

Harapan kita semoga dengan membaca shalawat, Allah SWT. berkenan memberikan karunianya kepada kita berupa rahmat dan ridla-Nya serta syafa'at Rasulullah SAW. Aamiin yaa rabbal 'aalamiin.

Baca Juga: Tanda-Tanda Mencintai Nabi Muhammad SAW

Posting Komentar untuk "Shalawat Khas/Khusus | Shalawat Yang Selalu Dibaca Para Wali Allah"