Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tanda-Tanda Mencintai Nabi Muhammad SAW

Tanda-Tanda Mencintai Nabi

Al-'Allamah Hadratus Syaikh Hasyim Asy'ari di dalam kitab beliau berjudul an-Nur al-Mubin. Menyatakan Tanda-Tanda Mencintai Nabi Muhammad SAW

🖋Hadratusy Syaikh menulis:

Mencintai Nabi SAW ada tanda-tandanya.

📜 Barangsiapa yang tampak pada dirinya tanda-tanda tersebut, adalah ia benar-benar mencintai Nabi SAW. Dan sekiranya tidak, maka cintanya hanya perkataan semata.

📝Tanda-tanda tersebut adalah:

🖌 meneladani Baginda SAW seperti dalam percakapan, perbuatan dan keadaan, dhahir dan bathinnya

📌mengamalkan sunnah-sunnah Baginda SAW, mematuhi perintahnya dan menjauhi larangannya, berusaha beradab dengan adab Baginda SAW, dalam semua keadaan, baik di kala susah, maupun senang, di kala semangat maupun malas

mengutamakan apa yang telah disyariatkannya dan berusaha untuk melakukannya daripada mengikuti hawa nafsu dan syahwatnya.

🖍 banyak menyebutnya yakni bershalawat untuk Baginda Nabi SAW, sebab orang yang mencintai sesuatu, banyak atau sering menyebutnya dengan perasaan rindu kepada yang dicintainya, mengagungkannya, memuliakannya dan menampakkan kekhusyu’kan dan rendah hati ketika mendengar nama Baginda  SAW disebut.

🌷 rindu untuk bertemu dengan Baginda SAW, karena sesungguhnya setiap kekasih ingin bertemu dengan yang dikasihinya.

🌹 mencintai mereka yang dicintai oleh Baginda Nabi  SAW, yaitu yang punya hubungan dengan Baginda Nabi SAW seperti ahlibait Baginda Nabi  SAW, para shahabat Baginda Nabi  SAW dari kalangan Muhajirin dan Anshar.

🐲 membenci sifat-sifat orang-orang yang dibenci oleh Allah dan Rasul-Nya, memusuhi orang yang memusuhinya, dan berkeberatan terhadap orang yang menyimpang dari sunnahnya.

🌸 mencintai al-Quran yang diturunkan kepada Baginda Nabi SAW.  Mencintai al-Quran berarti membaca, memahami dan mengamalkan segala tuntutan-tuntutannya di dalam mengatur kehidupan kita dan kemudian memperjuangkannya.

🌺 mencintai sunnahnya serta memperhatikan dan memahami hukum-hukumnya.
🌻Sayyidina Sahal bin ‘Abdullah at-Tusturi berkata: Tanda-tanda mencintai Allah adalah mencintai al-Quran dan mencintai Nabi SAW

📒 Tanda-tanda mencintai Nabi SAW adalah mencintai sunnahnya. Tanda-tanda mencintai sunnahnya adalah membenci dunia. Tanda-tanda membenci dunia adalah enggan mengambilnya melainkan untuk bekal saja menuju alam akhirat.

🍀Belas kasihan (bersikap lemah lembut dan mengasihi) terhadap ummatnya, memberi nasihat kepada mereka tanpa jemu, berusaha memberi kemaslahatan dan menghindarkan mereka daripada marabahaya.

📗 Demikian sedikit kutipan dari kitab yang disebutkan di atas berupa tanda-tanda mencintai Nabi. Semoga kita menjadi umat yang benar-benar mencintai Rasulullah SAW dan Rasulullah SAW juga mencintai kita. Aamiin


🌻 اللهم صل وسلم على سيدنا محمد وعلى آل سيدنا محمد 🌻

Khalili, [22:40, 26/9/2018]

Baca Juga: Alangkah Besarnya Cinta Rasulullah Kepada Umatnya

Posting Komentar untuk "Tanda-Tanda Mencintai Nabi Muhammad SAW"