Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Shalawat Thibbil Qulub | Obat Hati Dan Segala Penyakit Jasmani dan Rohani

Shalawat Thibbil Qulub | Obat Hati Dan Segala Penyakit Jasmani dan Rohani
Shalawat Thibbil Qulub | Obat Hati Dan Segala Penyakit Jasmani dan Rohani

Membaca Shalawat merupakan salah satu bentuk ibadah yang memiliki banyak pahala dan juga sebagai perwujudan cinta umat Islam kepada junjungannya yaitu Nabi Muhammad SAW.

Selain itu, umat islam juga berharap dengan memperbanyak membaca shalawat, akan dapat menjadi sebab dibukakan jalan penyelesaiannya dari segala setiap masalahnya, dihilangkan kesengsaraan dan kesempitan hidupnya, disembuhkan segala penyakitnya baik penyakit dhahir maupun batin, dimurahkan dan digampangkan urusan rezekinya serta harapan terbesarnya agar mendapatkan syafa’atul 'udhma dari Baginda Nabi Muhammad SAW.

Bermacam-macam shalawat yang mempunyai banyak fadlilah atau keutamaan yang disusun oleh ulama-ulama shaleh. Salah satunya yaitu shalawat Thibbil Qulub, berikut shalawatnya:

اللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا وَعَافِيَةِ الْاَبْدَانِ وَشِفَائِهَا وَنُوْرِ الْاَبْصَارِ وَضِيَائِهَاوَقُوْتِ الْاَرْوَاحِ وَغِذَائِهَا وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ  وَسَلِّم

Allaahumma Shalli ‘alaa sayyidinaa muhammadin thibbil quluubi wa dawua ihaa wa ‘aafiyatil abdaani wa syifaa ihaa wa nuuril abshaari wa dliyaa ihaa wa quutil arwaahi wa ghidzaa ihaa wa ‘alaa aalihii wa shahbihii wa sallim.

 Ya Allah limpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, sebagai obat hati dan penyembuhnya, penyehat badan dan obatnya, penyinar penglihatan mata beserta cahayanya dan kekuatan ruh dan makanannya, semoga juga tercurahkan kepada para sahabat beserta keluarganya.

Shalawat ini biasa disebut dengan shalawat Thibbil Qulub atau Obat Hati. Shalawat ini bisa dibaca ketika keadaan hati sedang tidak tenang baik resah karena penuh masalah maupun was-was. Jika diamalkan dengan istiqamah, bukan hanya keresahan atau kegelisahan hati saja yang hilang akan tetapi kesengsaraan hidup berganti kemudahan dan juga menjadi penawar atau penyembuh segala macam penyakit yang menjangkiti badan.

Dalam kitab Dakhirat Al-Muhtaj fi As-Shalawat ‘ala Shaahib Al-Liwa wa At-Taj dijelaskan:

قال بعض العلماء: أما عددها فهو يوميا مائة مرة صباحا بعد صلاة الفجر ومساء بعد صلاة العصر وقبل صلاة المغرب، ولها هى تأثير عجيب فى علاج أمراض القلب وكثير من الأمراض . أما الذى فى الاقواس بالنسب للعدد، فهو زيادة ومن قرأها سبع مرات على ماء كان له تأثير عجيب جدا ومجرب فى علاج كل الأمراض بإذن الله تعالى

Menurut sebagian Ulama: “Bilangan membaca shalawat ini sebanyak 100 kali dalam sehari. Bisa juga dibaca 100 kali di waktu pagi setelah shalat shubuh, dibaca di waktu sore setelah shalat ashar dan sebelum shalat maghrib. Dan shalawat tersebut mempunyai pengaruh yang luar biasa di dalam menyembuhkan penyakit hati dan berbagai penyakit lainnya. Dan barang siapa yang membacanya sebanyak tujuh kali dan meniupkannya ke dalam air, maka air tersebut mempunyai pengaruh yang sangat luar biasa di dalam menyembuhkan berbagai penyakit dengan kehendak dan izin Allah SWT”.

Cara Mengamalkan Shalawat Thibbil Qulub dari Abah Guru Sekumpul

Syekh Wahbah az-Zuhayli, seorang ulama kharismatik dan pakar tafsir abad ini, pernah ditanya, "Apakah membaca shalawat dapat membantu penyembuhan dengan izin Allah?"

Beliau menjawab, "Ya, bisa. Yaitu dengan membaca:

 اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا، وَعَافِيَةِ اْلأَبْدَانِ وَشِفَائِهَا، وَنُوْرِ اْلأَبْصَارِ وَالْبَصَائِرِ وَضِيَائِهَا، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ.

"Caranya adalah sebagaimana yang diajarkan Syekh Hasyim al-Khatib kepadaku, yaitu: engkau letakkan tanganmu pada pelipis kanan, lalu bacalah shalawat tersebut dengan hati khusyu’ sebanyak 10 kali. Dengan izin Allah, shalawat itu menyempurnakan penyembuhan".

Kata Syekh Wahbah, "Shalawat itu manjur. Saya sering melakukannya, dan saya tidak membutuhkan obat lain".

KETERANGAN:
ShalawatThibbil Qulub dengan kalimat yang lebih sempurna terdapat di kitab Al-Imdad oleh Abah Guru Sekumpul.

Silakan dibaca dengan niat mengagungkan Allah dan Rasul-Nya, dan dibaca dengan istiqamah dan penuh keyakinan bahwa pertolongan akan datang semata-mata dari Allah karena sebab kekasih-Nya yaitu Baginda Nabi Muhammad SAW karena pada hakikatnya yang menyembuhkan segala bentuk penyakit, baik penyakit hati maupun penyakit badan adalah Allah SWT. Sedangkan dengan membaca shalawat thibbil qulub ini merupakan bentuk tawassul/wasilah kita kepada Nabi Muhammad SAW agar Allah SWT. mengabulkan do’a keinginan kita dalam menyembuhkan segala penyakit jasmani dan rohani yang ada pada tubuh dan segala kesengsaraan yang ada pada diri kita.

Semoga kita semua diberikan kesehatan dan kekuatan untuk selalu bershalawat kepada Nabi dan kelak oleh Allah dikumpulkan bersama Nabi kita, Nabi Muhammad SAW. aamiin yaa rabbal ‘aalamiin.

Baca Juga: Shalawat Khas / Khusus Yang Lazim Dibaca Oleh Pecinta Nabi Muhammad SAW

Posting Komentar untuk "Shalawat Thibbil Qulub | Obat Hati Dan Segala Penyakit Jasmani dan Rohani"