Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Shalawat Nuril Anwar / Badawi Sughro Oleh Syekh Ahmad Al-Badawi

Shalawat Nurul Anwar

Jangan lupa tiap hari untuk memperbanyak shalawat kepada Rasulullah SAW misalnya dengan membaca shalawat nurul anwar atau shalawat badawiyah sughro, yaitu:

اللهم صل وسلم على سيدنا محمد نور الأنوار و سر الأسرار وترياق الاغيار ومفتاح باب اليسار سيدنا محمدن المختار وآله الأطهار وأصحابه الأخيار عدد نعم الله وافضاله

Allahumma shalli wa sallim 'alaa Sayyidina Muhammadin nuuril anwaar Wasirril asraar watiryaaqil aghyaar Wamiftaahi baabil yasaari sayyidiinaa  Muhammadinil mukhtaar wa aalihil ath-haari wa ash-haabihil akhyaar ‘adada ni’amillaahi wa ifdlaalihi.

Artinya
Ya Allah, limpahkanlah shalawat dan salam atas cahaya di antara segala cahaya, rahasia di antara segala rahasia, penawar duka dan pembuka pintu kemudahan, Sayyidina Muhammad manusia pilihan, juga kepada keluarganya yang suci dan sahabatnya yang baik, sebanyak jumlah kenikmatan Allah dan karunia-Nya.

Ada juga yang menyebut shalawat ini dengan nama shalawat badawiyah sughro

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ.
ﺍَﻟﻠّٰﻬﻢَّ ﺻَﻞِّ ﻋَﻠَﻰ ﻧُﻮْﺭِ ﺍﻟْﺄَﻧْﻮَﺍﺭِ، ﻭَﺳِﺮِّ ﺍﻟْﺄَﺳْﺮَﺍﺭِ، ﻭَﺗِﺮْﻳَﺎﻕِ ﺍﻟْﺄَﻏْﻴـَﺎﺭِ، ﻭَﻣِﻔْﺘَﺎﺡِ ﺑَﺎﺏِ ﺍﻟْﻴَﺴَﺎﺭِ، ﺳَﻴِّﺪِﻧَﺎ ﻭَﻣَﻮْﻻَﻧَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ ﺍﻟْﻤُﺨْﺘَﺎﺭِ، ﻭَﺁﻟِﻪِ ﺍﻟْﺄَﻃْﻬَﺎﺭِ، ﻭَﺃَﺻْﺤَﺎﺑِﻪِ ﺍﻟْﺄَﺧْﻴَﺎﺭِ، ﻋَﺪَﺩَ ﻧِﻌَﻢِ ﺍﻟﻠّٰﻪِ ﻭَﺇِﻓْﻀَﺎﻟِﻪِ .

Allahumma shalli ‘alaa nuuril anwaari wa sirril asraari, wa tiryaaqil aghyaari wamiftaahi baabil yasaari, sayyidinaa wa maulaana Muhammadinil mukhtaari wa aalihil athhaari wa ashhaabihil akhyaari ‘adada ni’amillaahi wa ifdlaalih.

📜Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah shalawat atas cahaya di antara segala cahaya, rahasia di antara segala rahasia, penawar duka, dan pembuka pintu kemudahan, yakni Sayyidina Muhammad, manusia pilihan, juga kepada keluarganya yang suci dan sahabatnya yang baik, sebanyak jumlah kenikmatan Allah dan karunia-Nya.”

Penjelasan:
Shalawat Nurul Anwar atau kadang disebut Shalawat Badawi Sughro adalah salah satu bacaan shalawat yang sangat populer di kalangan masyarakat.

Shalawat Nuril Anwar ini adalah Shalawat yang disusun oleh Wali Qutub Al-Imam Ahmad Al-Badawi ra.

🔖Sayyid Ahmad Ruslan mengomentari shalawat ini, “Sholawat ini sangat mujarab untuk menunaikan hajat, mengusir kesusahan, menolak bencana, dan memperoleh cahaya; bahkan sangat manjur untuk segala keperluan.”
Shalawat ini mujarrab untuk segala sesuatu dan bilangan wiridannya adalah 100 kali setiap hari.

Hikmah dari membaca shalawat ini ialah
menerangkan hati dapat menyingkap rahasia-rahasia ilmu dan mengobati bisa-bisa dan pembuka rezeki. Shalawat ini hendaklah dibaca setiap hari 100 kali atau 92 kali.

– Jika dibaca setiap selesai shalat fardhu, maka akan terhindar dari segala mara bahaya dan memperoleh rizki dengan mudah.

– Jika dibaca 7 kali sebelum tidur, insya Allah akan terhindar dari sihir yang dilakukan orang jahat.

– Jika dibaca 100 kali sehari semalam, akan memperoleh cahaya Ilahi, menolak bencana, mendapat rizki lahir batin.
Beberapa ulama menyampaikan beberapa khasiat sebagai berikut:

-Jika seseorang membaca shalawat ini setiap selesai shalat fardlu, maka ia akan terhindar dari segala marabahaya dan memperoleh rezeki dengan mudah.

-Jika seseorang membaca shalawat ini sehari dan malamnya 100 kali, maka ia akan memperoleh rezeki lahir-batin, manjur untuk mendatangkan segala hajat, menolak bencana, dan memperoleh cahaya Ilahi.

-Jika seseorang menginginkan jabatan atau kedudukan tinggi, maka hendaklah ia membaca shalawat ini sebanyak 21 X setiap akan berangkat kerja

-Bila seseorang membaca shalawat ini 7 kali setiap akan tidur, insya Allah ia terhindar dari sihir yang dilakukan orang yang jahat.

– Jika dibaca ketika hati sedang gandrung atau hati sedang ruwet maka Allah akan memberikan kelapangan hati dan kegembiraan

– Jika sedang mengalami amarah yang memuncak kemudian membaca shalawat nurul anwar insya Allah kemarahan akan reda seketika, begitu juga apabila menghadapi orang yang sedang marah atau menghadapi orang yang sangat ditakuti kemarahannya maka bacalah shalawat Nuril Anwar.

– Untuk menjernihkan pikiran, khususnya bagi para penuntut imu, memudahkan menerima pelajaran dari pengajar.

– Untuk mengalami kesempitan rezeki agar luas rezeki wiridkan shalawat Nuril Anwar

– Usaha dagang / bisnis tumpur atau yang hidup segan mati tak mau maka baik sekali mewiridkan shalawat nurul anwar setiap selesai sholat 5 waktu.

– Jika shalawat Nuurul Anwar selalu diamalkan maka dapat memberi efek bagi orang yang pemarah jadi lembut hati, yang pendendam jadi penyayang.

– Jika shalawat ini di baca 100× tiap lepas shalat Shubuh, insya-Allah tidak akan mempunyai hati sumpek dan sampit

– Jika mempunyai kebutuhan yang mendadak, maka bacalah shalawat ini 12000× dalam satu majlis, insya-Allah akan kontan berhasil dengan izin Allah

– Shalawat ini sangat penting di baca orang awam beramai-ramai (dengan orang ramai) setiap hari, karena faidahnya yang sangat banyak, di antaranya: untuk TOLAK-BALAK, dimurahkan rezekinya, dan lain-lain. 

– untuk para pelajar dibaca 200× tiap malam

– untuk penerang hati, puasa sunnah biasa selama 7 hari, selama puasa shalawat ini dibaca 200× tiap lepas shalat fardlu atau tiap lepas shalat malam. Setelah selesai membaca 200×, maka bacalah do’a di bawah ini:

أَللّٰهُمَّ يَا مُنَوِّرَ الْقُلُوْبِ نَوِّرْ قَلْبِيْ بِنُوْرِ هِدَايَتِكَ وَ مَعْرِفَتِكَ كَمَا نَوَّرْتَ الْأَرْضَ بِنُوْرِ شَمْسِكَ يَا فَتَّاحُ يَا عَلِيْمُ ٣×. إِفْتَحْ لَنَا فُتُوْحَ الْعَارِفِيْنَ بِجَاهِ نَبِيِّكَ الْمُصْطَفٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ عَلٰى اٰلِهٖ وَ أَصْحَابِهِ اَجْمَعِيْنَ ٧×.

واللــــــــه اعلـــــــــم بالصواب

Baca Juga: Shalawat Ibrahimiyyah

Posting Komentar untuk "Shalawat Nuril Anwar / Badawi Sughro Oleh Syekh Ahmad Al-Badawi"