Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

‎Hukum Bekerja Di Lembaga Orang-Orang Yang Memiliki Aliran Syi'ah

‎Hukum Bekerja Di Lembaga Orang-Orang Yang Memiliki Aliran Syi'ah
Buya Yahya

Assalaamu'alaikum Wr Wb.

Saya mau bertanya dan mohon penjelasannya, bagaimana hukumnya kalau kita bekerja sama dengan suatu lembaga milik orang-orang Syi'ah?

Sejak Juni 2009 sampai sekarang saya mengajar di TK Islam Al-Husain. Saya tahu bahwa pengurus yayasan semuanya adalah orang-orang Syi'ah, setelah 1 tahun saya bekerja di sana. Sejauh ini mereka tidak mencampuri aqidah guru-guru saya yang notabene bukan dari golongan Syi'ah.

Apa hukumnya saya mengajar di TK tersebut, apakah ada mudlaratnya buat saya? Saya sangat berharap ikhwan fillah sekalian dapat menanggapi pertanyaan saya ini. Karena Saya meyakini bahwa kita yang tergabung dalam forum Buya Yahya ini, semua satu aqidah, yaitu ahlussunnah wal jama'ah. Syukur Alhamdulillaah kalau Ustadz Buya Yahya juga dapat memberikan jawaban. Terima kasih banyak, mohon maaf bila ada yang kurang berkenan. Jazakumullah khair.

Wa'alaikumussalam Wr. Wb.

Semoga Allah senantiasa menambah kokoh iman anda. Pertanyaan anda mencerminkan kerinduan anda untuk menjaga iman dan aqidah anda. Bekerjasama dengan siapapun Islam tidak melarang termasuk dengan agama lain asalkan agama atau kelompok tersebut tidak merusak aqidah dan kemuliaan kita. Misalnya sekelompok orang nasrani membuat sesuatu lembaga yang tidak ada sangkut pautnya dengan urusan keagamaan seperti pelatihan kerja atau akuntansi, kita bisa saja kerjasama dengan mereka sebatas mereka tidak mengganggu dan merongrong aqidah anda dan anda bisa menjalankan agama anda secara penuh.

Akan tetapi kalau mereka ada tanda-tanda merusak aqidah dan moral kita. Maka kita pun jadi tidak boleh berurusan dengan mereka, karena saat itu mereka bukanlah orang yang terhormat dan haram tolong menolong dengan mereka.

Begitu juga dengan kelompok lain yang mereka mengatasnamakan agama yang sama dengan kita. Jika yang anda maksud adalah syi'ah ekstrim yang dengan ciri-ciri mengkafirkan Sayyidina Abu Bakar Ash-Shiddiq dan Sayyidina Umar Bin Khatthab, juga merendahkan sayyidah Aisyah dan Sayyidah Hafshah, kedua istri Rasulullah SAW. Menolak perawi hadits Sayyidina Abi Hurairah. Maka mereka adalah kelompok yang membahayakan, yang jika kita bekerja sama dengan mereka khususnya dalam bidang pendidikan, itu artinya anda telah membantu program mereka dalam menyebarkan penyelewengan mereka. Dan membantu dalam kebatilan adalah batil. Kalaupun mereka tidak mempengaruhi anda, mereka tidak peduli dengan anda yang hanya satu orang, akan tetapi target mereka adalah seluruh siswa. Kecuali anda di sana sebagai orang kuat yang akan memperkuat Aqidah Ahlussunnah Waljama'ah. Lebih aman mengajarlah di tempat yang tidak memiliki resiko bagi diri anda dan para siswa.

Waallahu a'lam bishshawab

Oleh Buya Yahya

Posting Komentar untuk "‎Hukum Bekerja Di Lembaga Orang-Orang Yang Memiliki Aliran Syi'ah"