Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keutamaan Membaca Al-Qur'an Pada Malam Hari, Malaikat Memenuhi Rumahnya

Keutamaan Membaca Al-Qur'an Pada Malam Hari, Malaikat Memenuhi Rumahnya

Sudah menjadi kebiasaan kaum shalihin menghidupkan waktu di malam hari untuk beribadah kepada Allah dengan bertahajud dan berdzikir mengingat-Nya.

Salah seorang sahabat yang satu ini selalu menghiasi malam-malamnya dengan bertilawah Qur’an. Suaranya yang merdu, kekhusyu’an dan tadabburnya dalam membaca menarik perhatian setiap orang yang mendengarkannya, bukan hanya dari kalangan manusia, namun para malaikat pun berbondong-bondong datang untukmendengarkannya.

Suatu malam, ketika ia sedang tenggelam dalam munajatnya kepada Allah dengan membaca ayat-ayat-Nya, kuda yang ada di sebelah kamarnya bergerak kencang seakan-akan ingin melepaskan tali yang mengikatnya dan berlari jauh.

Sahabat tersebut kemudian berhenti membaca al-Qur’an. Ketika ia berhentimembaca al-Qur’an, kuda tsb juga berhenti tidak bergerak. Namun, ketika ia kembali melanjutkan bacaan al-Qur’annya, kuda tersebut kembali bergerak, bahkan lebih kencang dari sebelumnya.

Keesokan harinya, sahabat tersebut menceritakan kejadian aneh itu kepada Rasulullah SAW.  Mendengar cerita tersebut, Rasulullah saw tersenyum dan berkata, "sesungguhnya para malaikat suka dengan bacaan Al-Qur’anmu. Mereka datang berbondong-bondong untuk mendengarkannya, mereka memenuhi seluruh ruang dalam rumahmu sehingga tak ada lagi ruang untuk kudamu”

Diterjemahkan dari ceramah Habib Zeid bin Abdurrahman bin Yahya (Pengajar di Daarul Musthafa Yaman & direktur Markaz an-Nur)
Pekalongan 17/03/2010 pkl 22:00 wib

Posting Komentar untuk "Keutamaan Membaca Al-Qur'an Pada Malam Hari, Malaikat Memenuhi Rumahnya"