Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hukum Keluar Rumah Tanpa Minta Izin Suami

Hukum Keluar Rumah Tanpa Minta Izin Suami

Assalamualaikum Wr. Wb.
Maaf ustadz saya ini seorang istri yang bisa dikatakan termasuk istri yang taat kepada suami saya akan tetapi suami kurang perhatian kepada saya sehingga saya sering keluar rumah tanpa izin darinya, apakah saya mendapatkan dosa dari perbuatan saya tersebut ?

Jawaban :
Seorang istri yang shalehah adalah seorang istri yang tidak sekedar dia itu menyenangkan suami, akan tetapi juga sabar akan kekurangan sang suami. Jika permasalahannya adalah masalah perhatian, sekarang yang perlu dipertanyakan adalah perhatian seperti apa yang anda inginkan? Kadang ada orang yang (mohon maaf) selalu berlebihan di dalam mengharap perhatian. Karena mungkin melihat orang lain mendapat perhatian yang lebih dari suaminya, dia ingin mendapatkan seperti itu juga dari suaminya.

Akan tetapi kaidah dalam hidup berumah tangga adalah "Lakukan kewajibanmu, dan jangan banyak menuntut!” Apa tugas anda sebagai seorang istri? Kemudian bagaimana sebaiknya seorang istri jika menemukan pasangannya tidak melaksanakan kewajiban atau kurang dalam melaksanakan kewajibannya?

Kita harus bisa menata hati. Dalam hidup berumah tangga ada saatnya kita bersyukur dan ada saatnya kita bersabar. Yang tidak mengerti syukur dan terimakasih akan selalu menuntut lebih kepada pasangan. Kesabaran juga sangat penting untuk meredam emosi dan memperkecil tuntutan. Jangan sampai sedikit – sedikit protes atau menuntut. Anda katakan bahwa anda adalah wanita yang taat.

Akan tetapi bagaimana seorang istri yang patuh pada suami keluar tanpa izin hanya karena tidak atau kurang diperhatikan? Lalu apa yang anda lakukan diluar? Wanita shalehah tidak akan keluar rumah kecuali atas izin seorang suami. Dan jika menemukan suami yang tidak perhatian mungkin bisa dibuka komunikasi yang baik. Sampaikan dengan baik apa yang anda inginkan. Rata-rata suami akan merasa senang dan bangga jika istrinya manja dan minta untuk dimanja dan disayang. Tentunya hal itu dalam batas yang wajar dan bertahap sesuai dengan kemampuan seorang suami. Sebab ada suami yang memang tidak biasa mesra. Dan itu jangan diartikan benci atau tidak perhatian. Akan tetapi itu hanya karena belum biasa. Jangan protes dengan melanggar. Protes dengan melanggar adalah bukan kepatuhan. Dan tidak menarik hati suami. Dan itu adalah bertentangan dengan kepatuhan. Dan hukumnya adalah dosa dan harom di hadapan Allah SWT. Dan kepada para suami hendaknya menjadi suami yang pandai dalam seni bercinta dengan istri. Seorang istri tidak hanya membutuhkan materi akan tetapi sanjungan, rayuan, perhatian dan sentuhan tangan lembut seorang suami adalah obat penat dalam menjalani kewajiban sebagai seorang istri.
Wallaahu a’lam bisshawab

Oleh Buya Yahya

Posting Komentar untuk "Hukum Keluar Rumah Tanpa Minta Izin Suami"