Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam-Macam Pesan Bermanfaat

Macam-Macam Pesan Bermanfaat

Jalsahtul Itsnain Majelis Rasulullah Masjid Jami' Al-Munawar Pancoran

Al-Habib Abdurrahman bin Hasan Al-Habsyi membahas kitab Risalatul Jami'ah Al-Habib Ahmad bin Zein Al-Habsyi:

Diantaranya yang Membatalkan shalat: mengucapkan perkataan dengan sengaja walaupun hanya 2 huruf dan lebih dari 2 huruf jika lupa, melakukan pergerakan yang banyak atau 3 gerakan berturut terkecuali gerakan yang sunah maka membatalkan shalat seperti menggaruk kepala melebihi 3 gerakan, ada beberapa anggota tubuh jika kita gerakan tdk akan membatalkan seperti gerakan mata, jari, lidah. Gerakan jari ketika tasyahhud bukan termasuk sunah dalam madzhab syafii.

3 langkah berturut-turut dalam mengisi kekosongan shaf juga membatalkan.

Makan dalam shalat membatalkan shalat, seperti menelan sisa makanan yang besarnya melebihi wijen, minum dalam shalat juga membatalkan shalat, aurat terbuka dalam shalat membatalkan shalat, seandainya aurat terbuka sebab kucing atau angin atau anak kecil jika segera ditutupi maka tidak membatalkan shalat, tertimpa najis yang kering juga membatalkan shalat jika tidak segera dibuang tanpa mengangkatnya, seperti menepuk nyamuk di tubuh atau di baju, dan juga membatalkan shalat mendahului imam dengan 2 rukun shalat, ketinggalan oleh imam 2 rukun tanpa uzur juga membatalkan shalat, dan tidak sah shalat seorang muslim laki-laki dibelakang orang kafir, perempuan dan banci.

Al-Habib Ahmad bin Muhammad Al-Kaff pembahasan hadis nurul imam;

Dari Abu Hurairah ra, dari Rasulullah saw bersabda "apabila datang hari jum'at maka berdirilah malaikat2 di pintu masjid, mereka menulis yang datang dari pertama, dan perumpaan orang yang datang di awal waktu seperti orang yang sedekeh dengan unta, lalu seperti yang sedekah dengan sapi, lalu domba, lalu ayam, lalu telur, maka apabila imam sudah keluar (menaiki mimbar) mereka segera melipat buku catatan dan mereka mendengarkan dzikir (khutbah)

( H.R. Bukhari dan Muslim )

Paling mulianya hari dari terbitnya matahari dalam seminggu yaitu hari jum'at.

Pendapat para ulama tentang awal waktu didalam shalat jum'at yang dimaksud hadis diatas yaitu dari terbitnya matahari , atau setengah siang seperti waktu dhuha, atau masuknya waktu dzuhur.

Siapa orang yang mengerjakan shalat jum'at dan mengerjakan sunah2nya maka ia akan mendapatkan keberkahan sampai jum'at depannya, hendaknya setiap amal perbuatan kita menyiapkan diri datang lebih awal seperti halnya dalam shalat jum'at.

Al-Habib Hamid bin Abubakar Barakwan;

Bulan rajab adalah salah satu dari 4 bulan yang diharamkan atau dimuliakann Allah swt, sesungguhnya bilangan bulan disisi Allah ada 12 bulan, diantara 4 bulan itu ada 4 bulan yang diharamkan dan diagungkan yaitu dzulqadah, dzulhijjah, muharam secara berturut-turut, dan bulan rajab. Bulan rajab adalah bulan isthigfar dan bulan ampunan dari Allah swt, Rasulullah saw mengajarkan kepada kita untuk meminta keberkahan di bulan rajab.

Bulan sya'ban adalah bulannya Rasulullah karena di bulan ini turunnya perintah kita buat bersolawat kepada Rasulullah, dan bulan ramadhan adalah bulan nya umat Rasulullah saw

Para ulama mengajarkan kepada kita dibulan rajab membaca rabbigfirli warhamni watub alayya sebanyak 70 kali di pagi dan malam hari

Bulan rajab adalah bulan nya bersih-bersih kita terhadap dosa, dan bulan sya’ban meningkatkan lagi ibadah kita dan bulan ramadhan bulan memanen kita dalam kebaikan

Dianjurkan juga kita berpuasa di bulan rajab, barang siapa yang berpuasa 1 hari di bulan haram menyamai berpuasa 30 hari di bulan lain terkecuali bulan ramadhan.

Memperbanyak doa karena di bulan rajab ini Allah membuka pintu rahmatnya Allah

Guru mulia Al-Imam Al-Habib Umar bin Muhammad bin Salim bin Hafidh berpesan kepada kita agar membaca doa ini:

( ربَّنَا اغْفِرْ لَنَا ذُنُوبَنَا وَإِسْرَافَنَا فِي أَمْرِنَا وَثَبِّتْ أَقْدَامَنَا وانصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ )

Semoga bermanfaat.

Al-Habib Munzir Al-Musawa

Posting Komentar untuk "Macam-Macam Pesan Bermanfaat"