Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Anjuran Membiasakan Diri Membaca Buku Yang Bermanfaat

Anjuran membiasakan diri membaca buku yang bermanfaat

Hendaknya engkau melazimkan untuk membaca buku-buku yang bermanfaat, yang tujuannya untuk menambah pengetahuanmu akan Dzat Allah SWT, ucapan-Nya, sifat-sifat-Nya, perbuatan-Nya dan kebesaran-Nya. Dengan membacanya, maka engkau akan mengetahui perintah-Nya kepadamu untuk engkau taati dan larangan-Nya untukmu agar engkau menjauhinya.

Ilmu yang akan menimbulkan dalam dirimu sifat zuhud terhadap dunia dan menimbulkan semangatmu kepada akhirat. Ilmu yang memperlihatkan bagimu kekurangan serta kelemahan dirimu sebagai hamba Allah SWT yang lemah, memperlihatkan kerusakan amal perbuatanmu, dan menunjukkan tipu daya musuhmu.

Ilmu ini terbentang dalam al-Qur an, as-Sunnah, dan kitab-kitab para imani. Diantaranya adalah yang telah dikumpulkan oleh al-lmam Hujjatul Islam al-Ghazali ra dalam buku-bukunya yang agung bagi orang-orang yang memiliki pengetahuan dalam agama, ilmu yang kuat dan keyakinan yang sempurna. Oleh karena itu tekunilah pembacaannya jika memang engkau memiliki semangat menempuh jalan yang benar dan benar-benar ingin mencapai tingkatan keyakinan.

Buku-buku al-lmam Hujjatul Islam al-Ghazali memiliki keistimewaan tersendiri dalam pengumpulan, keterangan dan pengaruh yang besar dalam waktu yang singkat disamping buku-buku ahli tasawuf lainnya.

Hendaknya engkau perbanyak membaca buku-buku hadits, tafsir, dan buku-buku tasawuf pada umumnya. Karena hal ini adalah pembuka yang menyeluruh dan penempuhan jalan secara sempurna sebagaimana yang banyak diungkapkan oleh para 'Arifin Billah.

Tetapi hendaknya engkau menghindari pembahasan-pembahasan tentang hakekat-hakekat yang mendalam dan sulit difahami oleh kaum awam. Hal ini banyak dijumpai pada karya al-lmam asy-Syeikh Muhammad Ibnu Arabi ra dan juga ada sedikit dalam karya al-lmam al-Ghazali ra, seperti tentang mi'raj dan penjelasannya yang dalam dan sulit bagi kaum awam.

al-lmam asy-Syeikh az-Zarruq ra telah menyebutkan dalam Kitab at-Ta'sis al-Qawaid sebuah kaidah yang memperingatkan tentang buku-buku yang beraliran demikian. Jika ada yang mengatakan tidak apalah apabila aku membaca kitab-kitab tersebut, karena aku hanya akan mengambil apa yang aku fahami dan akan aku serahkan apa yang tidak aku fahami kepada penulisnya.

la akan mendapat jawaban: "Memang bagus apa yang engkau lakukan, tetapi sesungguhnya kami lebih mengkhawatirkan pemahamanmu apabila engkau salah memahaminya hingga engkau akan tersesat dari jalan yang benar.'

Sebagaimana yang telah menimpa sebagian orang yang telah membaca buku-buku tersebut sehingga pada akhirnya mereka menjadi orang-orang Atheis, mereka berpendapat Allah SWT bertempat dan bersatu dengan makhluk-Nya. Sungguh tiada daya maupun kekuatan kecuali milik Allah SWT yang Maha Tinggi lagi Maha Agung.

Sumber : Nasihat Untukmu Wahai Saudaraku Karya al-Allamah Habib Abdullah bin Alwi Al-Haddad

Oleh Habib Ahmad Novel Jindan

Baca Juga: Agar Anak Berbahagia

Posting Komentar untuk "Anjuran Membiasakan Diri Membaca Buku Yang Bermanfaat"