Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Perkara Yang Dapat Mengangkat Derajat Manusia

3 Perkara Yang Dapat Mengangkat Derajat Manusia

🌾Dari Abu Hurairah RA. Beliau berkata: Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda: "Adapun tiga faktor yang menyebabkan diangkatnya derajat adalah:
1. Menyebarkan salam
2. Memberi Makan
3. Shalat Malam ketika orang-orang sedang tidur."🌹

نصائح العباد. االمقالة لثامنةفى الباب الثلاثى.ص.١٠. ل الإمام أحمد بن علي بن حجر العسقلانى


Secara dhahir arti menyebarkan salam adalah mengucapkan dan menyebarkan salam kepada semua orang, baik yang dikenal ataupun tidak dikenal. Sedangkan secara bathin menyebarkan salam adalah menyebarkan keluhuran dan kelembutan akhlak Sayyidina Muhammad SAW dimanapun dan kapanpun dan kepada siapapun. Dan tidak mudah menyakiti orang lain baik dengan ucapan, perbuatan, ataupun pikiran serta tidak gampang menvonis orang lain itu jelek, sehingga yang ada dalam pikirannya selalu dan selalu berkhusnudhdhan kepada semua orang.

Secara syariat, arti memberi makan adalah memberi makanan yang dapat mengenyangkan perut terhadap tamu dan orang yang membutuhkan. Sedangkan secara hakikat adalah memberikan ilmu dan mencontohkan akhlak Sayyidina Muhammad SAW kepada orang lain sehingga dengan keluhuran ilmu dan akhlak Sayyidina Muhammad SAW, orang lain akan tambah dekat dan cinta kepada Sayyidina Muhammad SAW. Dan dengan bertambah dekat dan cintanya kepada Sayyidina Muhammad maka semakin naiklah kedudukan orang tersebut di sisi Allah.

Secara dhahir shalat malam adalah shalat tahajjud atau qiyamullail. Sedangkan secara bathin adalah mendudukkan dirinya pada maqam hina dan lemah sehingga yang dia butuhkan, yang dia tuju, dan yang dia harapkan di dunia ataupun di akhirat tiada lain hanyalah rahmat rahmat Allah dan syafa'at Rasulullah SAW..

🌻 اللهم صل وسلم على سيدنا محمد وعلى آل سيدنا محمد 🌻

Oleh Ustadz Abdul Qadir bin Zainuddin Hafidhahullaah, [03:23, 16/9/2018]

Baca Juga: Setiap Nabi Memiliki Doa Yang Mustajab

Posting Komentar untuk "3 Perkara Yang Dapat Mengangkat Derajat Manusia"