Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keutamaan Abu Bakar dan Umar, Sahabat Nabi Muhammad SAW

Antara Abu Bakar dan Umar

Menukil dari Syekh Abdul Mu'thi As-Samlawi, sesungguhnya Rasulullah SAW bertanya kepada malaikat Jibril alaihis salam. "Kemukakan kepadaku tentang kebaikan umar, lalu malaikat Jibril menjawab: "Andaikan lautan menjadi tintanya dan pohon-pohon menjadi penanya, niscaya aku tidak akan mampu menghitungnya. Kemudian Nabi SAW bertanya lagi padanya: "Sekarang, kemukakan kebaikan Abu Bakar! Berkata malaikat Jibril : "Umar adalah salah satu kebaikan dari beberapa kebaikan Abu Bakar."
🌻 اللهم صل وسلم على سيدنا محمد وعلى آل سيدنا محمد 🌻


Oleh Ustadz Abdul Qadir bin Zainuddin Hafidhahullaah, [03:05, 26/8/2018]

Sayyidina Abu Bakar Ash-Shiddiq merupakan sahabat yang terdekat kepada Nabi, karenanya beliau diperintahkan oleh Rasulullah untuk menggantikan Nabi ketika menjadi imam shalat sebelum Nabi muhammad SAW. 

Sayyidina Abu Bakar juga yang mendampingi baginda Nabi ketika mereka berdua hijrah ke Madinah, Sehingga Sayyidina Abu Bakar termasuk sahabat pilihan yang dijamin masuk surga beserta sahabat lainnya setelah disabdakan oleh Rasulullah SAW.

Demikian juga Sayyidina Umar bin Khatthab, Walaupun pada awal dimulainya da'wah Islam oleh Rasulullah SAW, Sayyidina Umar merupakan penentang da'wah nabi dan bahkan hendak membunuh Rasulullah SAW. Akan tetapi setelah Allah memberikan hidayah padanya dengan membukakan hatinya untuk masuk Islam, Sayyidina Umar bahkan yang paling berani menyatakan keislamannya di hadapan orang-orang kafir Quraisy dan kemudian Sayyidina Umar bin Khatthab menjadi pembela Nabi, dan akhirnya beliau menjadi Khalifah yang kedua dari khalafaur rasyidin menggantikan Sayyidina Abu Bakar Ash-Shiddiq Radliyallahu 'anhuma.


Posting Komentar untuk "Keutamaan Abu Bakar dan Umar, Sahabat Nabi Muhammad SAW"