Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beberapa Peristiwa Penting 10 Muharram (Kisah Para Nabi)

Beberapa Peristiwa Penting 10 Muharram (Kisah Para Nabi)

Beberapa Peristiwa Penting 10 Muharram (Kisah Para Nabi)

10 Muharram adalah hari yang lebih dikenal dengan Hari Asyura’, yang mana kita ingat kembali betapa para Nabi mendapatkan kemenangan pada hari itu. Hari Asyura’ juga dianggap sebagai hari besar umat Islam, karena ada beberapa peristiwa penting yang terjadi pada saat itu.

Beberapa peristiwa penting, dimana para Nabi dan Rasul banyak mendapat anugerah dari Allah SWT. yang Maha Suci, diantaranya :

1. Nabi Adam عليه السلام.

Setelah beratus-ratus tahun lamanya Nabi Adam عليه السلام meminta ampunan dan bertobat kepada Allah ﷻ, maka pada hari yang bersejarah yaitu tanggal 10 Muharam Allah ﷻ telah menerima taubat Nabi Adam عليه السلام. Inilah salah satu penghormatan kepada Nabi Adam عليه السلام. Ratusan tahun bertobat.. Begitu lama sekali Nabiyullah Adam عليه السلام melakukan tobat ini.

2. Nabi Idris عليه السلام.

Memperoleh derajat yang luhur, dibawa ke langit disebabkan karena Beliau عليه السلام bersifat belas kasihan kepada sesamanya.

3. Nabi Musa عليه السلام.

Mendapat anugerah kitab Taurat ketika Beliau عليه السلام berada di bukit Thursina (Sinai) dan Saat diselamatkannya Beliau عليه السلام dari pasukan Fir'aun saat menyeberangi Laut Merah.

4. Nabi Ibrahim عليه السلام.

Terhindar dari siksaan raja Namrud, karena di tuduh menghancurkan berhala di kuil tempat pemujaan Namrud, meskipun Beliau عليه السلام sudah dilemparkan ke dalam api unggun yang menyala-nyala

5. Nabi Nuh عليه السلام.

Turun dari perahu penyelamat bersama umatnya yang beriman, terhindar dari air bah dan taufan yang dahsyat.

6. Nabi Yusuf عليه السلام.

Di bebaskan dari penjara mesir. Karena sebelumnya Beliau عليه السلام dituduh Zulaikha yang menuduh Nabi Yusuf عليه السلام. memperkosanya, padahal sebaliknya, bahwa wanita itu yang mengajak berbuat zina

7. Nabi Ya'kub عليه السلام.

Kesembuhan Nabi Ya'kub عليه السلام dari kebutaan dan Beliau عليه السلام dipertemukan
kembali dengan putranya yakni Nabi Yusuf عليه السلام pada hari Asyura.

8. Nabi Yunus عليه السلام.

Allah ﷻ menerima taubat Nabi Yunus عليه السلام dan menyelematkan Beliau عليه السلام
dari perut ikan nun (jenis ikan yang sangat besar).

9. Nabi Sulaiman عليه السلام.

Pada tanggal 10 Muharam, Allah ﷻ telah mengembalikan kerajaan Nabi Sulaiman عليه السلام. Tanggal itu merupakan suatu penghormatan kepada Beliau عليه السلام. Akhirnya sebagai bentuk rasa syukur, Nabi Sulaiman عليه السلام berpuasa dan beribadah kepada Allah ﷻ.

10. Nabi Daud عليه السلام.

Di sucikan dari dosa dan dibersihkan dari segala fitnah serta tuduhan. Di sebabkan Beliau عليه السلام telah mengirimkan panglimanya hingga gugur, padahal sang panglima memiliki istri yang amat cantik.

11. Nabi Isa عليه السلام.

Pada 10 Muharam ini juga, Allah ﷻ mengangkat Nabi Isa عليه السلام ke langit, di mana Allah ﷻ telah menukarkan Nabi Isa عليه السلام dengan Yudas. Ini merupakan satu penghormatan kepada Nabi Isa عليه السلام daripada kekejaman kaum Bani Israil.

12. Nabi Muhammad ﷺ

Nabi Muhammad ﷺ dan pengikutnya pada hari asyura’ mendapat anugerah dan kewaspadaan dalam menetapi hidayah Al-Qur’an (hijrahnya Rasulullah ﷺ ).

Oleh karena pentingnya kejadian-kejadian tersebut, yakni pada hari Asyura’, para Nabi banyak memperoleh anugerah dari Allah ﷻ. Maka bagi umat Islam disunnahkan (diutamakan) untuk menjalankan ibadah puasa dan memperbanyak tafakur serta menambah amal ibadah lainnya.

Puasa Asyura menghapus dosa-dosa kecil yang telah diperbuat tahun lalu. Pada hari Asyura umat Islam disunnahkan untuk melakukan banyak kebaikan diataranya adalah memberikan santunan kepada Anak Yatim / Piatu


Semoga bermanfaat

Baca Juga: Adab, Kesabaran dan Wara'

Posting Komentar untuk "Beberapa Peristiwa Penting 10 Muharram (Kisah Para Nabi)"