Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keagungan Nur Muhammad SAW

Keagungan Nur Muhammad SAW

Penjelasan Singkat Tentang Nur Muhammad

Imam Abu Abdur Rahman as-Shaqally menukil dalam kitabnya Ad-Daallaat lah, “Sesungguhnya Allah ‘Azza wa Jalla tidak pernah mencipta makhluk yang lebih Dia cintai kecuali umat ini, tidak ada yang lebih Dia muliakan kecuali Nabi umat ini kemudian di bawahnya para nabi lainnya, para shiddiqiin dan para kekasihnya yang terpilih. Itu semua karena Allah Ta’aala telah mencipta Nur Muhammad shallallaahu alaihi wasallam sebelum mencipta Nabi Adam ‘Alaihis salaam selang 2000 tahun, dan Allah jadikan Nur tersebut di tempat yang mulia di depan Arsy-Nya yang seraya bertasbih dan mensucikan-Nya tiap waktu, kemudian Allah ciptakan Adam dari Nur Muhammad dan Allah ciptakan Nur para Nabi lainnya dari Nur Adam Alaihis salaam”.

Al Faqiih Al-Khatiib Abu Ar-Rabii’ menjelaskan dalam kitab As-Shuduur  bahwa Saat Sang maha Bijaksana berkehendak mencipta dzat Nabi Muhammad shallallaahu ‘alaihi wasallam yang diberkahi dan disucikan, Dia memerintahkan Malaikat Jibril untuk turun kebumi dan mendatangkan tanah liat yang menjadi hati bumi, yang paling bersinar dan cemerlang.

Maka turunlah Jibril bersama malaikat firdaus, dan malaikat Rafiiq al-A’laa dengan membawa segenggam tanah dari pusara Rasulullah shallallaahu alaihi wasallam, tanah tersebut putih bersinar. Kemudian tanah pusara tersebut diadon (dicampur) dengan air tasniim (nama air dalam surga) dan dibenamkan dalam sumberan bengawan-bengawan surga hingga ia seperti mutiara putih bersinar, cahayanya cemerlang berpijar dan menyebar hingga memenuhi para malaikat yang mengelilinginya di sekitar ‘Arsy, disekitar Kursy, langit, bumi, gunung-gunung dan samudera-samudera.

Sejak saat itulah para malaikat dan semua makhlukNya mengenal Nur Muhammad dan kelebihannya sebelum mereka mengenal Adam alaihis salam. Allaahumma Shalli Wa Sallim ‘Alaa Sayyidinaa Muhammad wa ‘alaa Aali Sayyidina Muhammad. (Al-Madkhal Li al-‘Abdary II/20).


ﻭَﻗَﺪْ ﻧَﻘَﻞَ ﺍﻟْﺈِﻣَﺎﻡُ ﺃَﺑُﻮ ﻋَﺒْﺪِ ﺍﻟﺮَّﺣْﻤَﻦِ ﺍﻟﺼَّﻘَﻠِّﻲُّ ﺭَﺣِﻤَﻪُ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ ﻓِﻲ ﻛِﺘَﺎﺏِ ﺍﻟﺪَّﻟَﺎﻟَﺎﺕِ ﻟَﻪُ ﻣَﺎ ﻫَﺬَﺍ ﻟَﻔْﻈُﻪُ . ﺇﻥَّ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﻋَﺰَّ ﻭَﺟَﻞَّ ﻟَﻢْ ﻳَﺨْﻠُﻖْ ﺧَﻠْﻘًﺎ ﺃَﺣَﺐَّ ﺇﻟَﻴْﻪِ ﻣِﻦْ ﻫَﺬِﻩِ ﺍﻟْﺄُﻣَّﺔِ ﻭَﻟَﺎ ﺃَﻛْﺮَﻡَ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻣِﻦْ ﻧَﺒِﻴِّﻬَﺎ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﺛُﻢَّ ﺍﻟﻨَّﺒِﻴِّﻴﻦَ ﺑَﻌْﺪَﻩُ ﺛُﻢَّ ﺍﻟﺼِّﺪِّﻳﻘِﻴﻦَ ﻭَﺍﻟْﺄَﻭْﻟِﻴَﺎﺀِ ﺍﻟْﻤُﺨْﺘَﺎﺭِﻳﻦَ . ﻭَﺫَﻟِﻚَ ﺃَﻥَّ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﺗَﺒَﺎﺭَﻙَ ﻭَﺗَﻌَﺎﻟَﻰ ﺧَﻠَﻖَ ﻧُﻮﺭَ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻗَﺒْﻞَ ﺧَﻠْﻖِ ﺁﺩَﻡَ ﺑِﺄَﻟْﻔَﻲْ ﻋَﺎﻡٍ ﻭَﺟَﻌَﻠَﻪُ ﻓِﻲ ﻋَﻤُﻮﺩٍ ﺃَﻣَﺎﻡَ ﻋَﺮْﺷِﻪِ ﻳُﺴَﺒِّﺢُ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﻭَﻳُﻘَﺪِّﺳُﻪُ ﺛُﻢَّ ﺧَﻠَﻖَ ﺁﺩَﻡَ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﺍﻟﺼَّﻠَﺎﺓُ ﻭَﺍﻟﺴَّﻠَﺎﻡُ ﻣِﻦْ ﻧُﻮﺭِ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻭَﺧُﻠِﻖَ ﻧُﻮﺭُ ﺍﻟﻨَّﺒِﻴِّﻴﻦَ ﻋَﻠَﻴْﻬِﻢْ ﺍﻟﺴَّﻠﺎﻡُ ﻣِﻦْ ﻧُﻮﺭِ ﺁﺩَﻡَ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﺍﻟﺼَّﻠَﺎﺓُ ﻭَﺍﻟﺴَّﻠَﺎﻡُ ﺍﻧْﺘَﻬَﻰ . ﻭَﻗَﺪْ ﺃَﺷَﺎﺭَ ﺍﻟْﻔَﻘِﻴﻪُ ﺍﻟْﺨَﻄِﻴﺐُ ﺃَﺑُﻮ ﺍﻟﺮَّﺑِﻴﻊِ ﻓِﻲ ﻛِﺘَﺎﺏِ ﺷِﻔَﺎﺀِ ﺍﻟﺼُّﺪُﻭﺭِ ﻟَﻪُ ﺃَﺷْﻴَﺎﺀُ ﺟَﻠِﻴﻠَﺔٌ ﻋَﻈِﻴﻤَﺔٌ . ﻓَﻤِﻨْﻬَﺎ ﻣَﺎ ﺭُﻭِﻱَ ﺃَﻧَّﻪُ ﻟَﻤَّﺎ ﺷَﺎﺀَ ﺍﻟْﺤَﻜِﻴﻢُ ﺧَﻠْﻖَ ﺫَﺍﺗِﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﺍﻟْﻤُﺒَﺎﺭَﻛَﺔِ ﺍﻟْﻤُﻄَﻬَّﺮَﺓِ ﺃَﻣَﺮَ ﺳُﺒْﺤَﺎﻧَﻪُ ﻭَﺗَﻌَﺎﻟَﻰ ﺟِﺒْﺮِﻳﻞَ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﺍﻟﺴَّﻠَﺎﻡُ ﺃَﻥْ ﻳَﻨْﺰِﻝَ ﺇﻟَﻰ ﺍﻟْﺄَﺭْﺽِ ﻭَﺃَﻥْ ﻳَﺄْﺗِﻴَﻪُ ﺑِﺎﻟﻄِّﻴﻨَﺔِ ﺍﻟَّﺘِﻲ ﻫِﻲَ ﻗَﻠْﺐُ ﺍﻟْﺄَﺭْﺽِ ﻭَﺑَﻬَﺎﺅُﻫَﺎ ﻭَﻧُﻮﺭُﻫَﺎ . ﻗَﺎﻝَ ﻓَﻬَﺒَﻂَ ﺟِﺒْﺮِﻳﻞُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﺍﻟﺴَّﻠَﺎﻡُ ﻭَﻣَﻠَﺎﺋِﻜَﺔُ ﺍﻟْﻔِﺮْﺩَﻭْﺱِ ﻭَﻣَﻠَﺎﺋِﻜَﺔُ ﺍﻟﺮَّﻓِﻴﻖِ ﺍﻟْﺄَﻋْﻠَﻰ ﻭَﻗَﺒَﺾَ ﻗَﺒْﻀَﺔً ﻣِﻦْ ﻣَﻮْﺿِﻊِ ﻗَﺒْﺮِ ﺭَﺳُﻮﻝِ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻭَﻫِﻲَ ﺑَﻴْﻀَﺎﺀُ ﻣُﻨِﻴﺮَﺓٌ ﻓَﻌُﺠِﻨَﺖْ ﺑِﻤَﺎﺀِ ﺍﻟﺘَّﺴْﻨِﻴﻢِ ﻭَﻏُﻤِﺴَﺖْ ﻓِﻲ ﻣَﻌِﻴﻦِ ﺃَﻧْﻬَﺎﺭِ ﺍﻟْﺠَﻨَّﺔِ ﺣَﺘَّﻰ ﺻَﺎﺭَﺕْ ﻛَﺎﻟﺪُّﺭَّﺓِ ﺍﻟْﺒَﻴْﻀَﺎﺀِ ﻭَﻟَﻬَﺎ ﻧُﻮﺭٌ ﻭَﺷُﻌَﺎﻉٌ ﻋَﻈِﻴﻢٌ ﺣَﺘَّﻰ ﻃَﺎﻓَﺖْ ﺑِﻬَﺎ ﺍﻟْﻤَﻠَﺎﺋِﻜَﺔُ ﺣَﻮْﻝَ ﺍﻟْﻌَﺮْﺵِ ﻭَﺣَﻮْﻝَ ﺍﻟْﻜُﺮْﺳِﻲِّ ﻭَﻓِﻲ ﺍﻟﺴَّﻤَﻮَﺍﺕِ ﻭَﺍﻟْﺄَﺭْﺽِ ﻭَﻓِﻲ ﺍﻟْﺠِﺒَﺎﻝِ ﻭَﺍﻟْﺒِﺤَﺎﺭ ﻓَﻌَﺮَﻓَﺖْ ﺍﻟْﻤَﻠَﺎﺋِﻜَﺔُ ﻭَﺟَﻤِﻴﻊُ ﺍﻟْﺨَﻠْﻖِ ﻣُﺤَﻤَّﺪًﺍ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻭَﻓَﻀْﻠَﻪُ ﻗَﺒْﻞَ ﺃَﻥْ ﺗَﻌْﺮِﻑَ ﺁﺩﻡَ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﺍﻟﺼَّﻠَﺎﺓُ ﻭَﺍﻟﺴَّﻠَﺎﻡُ.

Marilah kita perbanyak shalawat atas nabi kita Nabi Muhammad SAW, karena dengan demikian kita selalu menyebut nama beliau sebagai bentuk cinta kita kepada Nabi Muhammad SAW dan akhirnya kita semoga selalu dalam lindungan Allah dan mendapatkan syafa’at baginda Nabi Muhammad SAW.

🌻 اللهم صل وسلم على سيدنا محمد وعلى آل سيدنا محمد 🌻

Posting Komentar untuk "Keagungan Nur Muhammad SAW"