Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keistimewaan dan Amalan Pada 10 Hari Awal Bulan Dzul Hijjah

Paling Utamanya Hari-Hari Di Dunia

فقد جاء عَنْ جَابِرٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ: «أَفْضَلُ أَيَّامِ الدُّنْيَا أَيَّامُ الْعَشْرِ»، يَعْنِي: عَشْرَ ذِي الْحَجَّةِ. رَوَاهُ البزارُ في مسندِهِ بإسنادٍ حسنٍ كما قال المنذريُّ في التّرغيبِ

Telah datang suatu hadits yang diriwayatkan dari shahabat Jābir radliya Allāhu 'anh, bahwa Rasulullah SAW telah bersabda:
"Paling utamanya hari-hari dunia adalah 10 hari". Yakni 10 hari pertama bulan Dzul Hijjah.
(HR. Al-Bazzār dalam Musnad al-Bazzār dan Al-Mundziriy dalam At-Targhīb wa-t Tarhīb)

قال ابنُ حجرٍ في فتحُ الباري: "وَالَّذِي يَظْهَرُ أَنَّ السَّبَبَ فِي امْتِيَازِ عَشْرِ ذِي الْحِجَّةِ لِمَكَانِ اجْتِمَاعِ أُمَّهَاتِ الْعِبَادَةِ فِيهِ وَهِيَ الصَّلَاةُ وَالصِّيَامُ وَالصَّدَقَةُ وَالْحَجُّ وَلَا يَتَأَتَّى ذَلِكَ فِي غَيْرِهِ"

Al-Hāfidh Ibnu Hajar rahimahu-Llāh dalam Fathul Bariy berkata:

"Yang tampak jelas bahwa penyebab 10 hari pertama bulan Dzul Hijjah menjadi terbedakan keutamaannya dari lainnya, adalah karena di 10 hari pertama bulan Dzul Hijjah menjadi tempat berkumpulnya beberapa induk ibadah, yakni; shalat, puasa, sedekah, dan haji, yang kesemuanya tidak akan mungkin terjadi di selain 10 hari pertama selain bulan Dzul Hijjah".

قال الحافظ ابن حجر العسقلاني رحمه الله تعالى:
" إنَّ كُلَّ يَوْمٍ مِنْ أَيَّامِ الْعَشْرِ أَفْضَلُ مِنْ غَيْرِهِ مِنْ أَيَّامِ السَّنَة،ِ سَوَاءٌ كَانَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ، أَمْ لَا، وَيَوْمُ الْجُمُعَةِ فِيهِ أَفْضَلُ مِنَ الْجُمُعَةِ فِي غَيْرِه،ِ لِاجْتِمَاعِ الْفَضْلَيْنِ فِيهِ ". فتـح البـاري (٤٦٠/٢)

Al-Hāfidh Ibnu Hajar al-'Asqalāniy rahimahuLlāh berkata:

"Sesungguhnya setiap hari dari sepuluh hari (pertama) bulan Dzil Hijjah itu lebih utama dari hari lainnya sepanjang tahun, baik itu hari jum'at ataupun lainnya. Dan hari jum'at di sepuluh hari pertama bulan Dzul Hijjah itu lebih utama dari hari jum'at di selainnya, karena terkumpulnya dua keutamaan di hari itu". (Fathul Baari Juz 2 Hal. 460)

Diantara penjelasan lainnya dari 10 hari bulan Dzul Hijjah.

1. Dzul Hijjah, Hari dimana Allah mengampuni nabinya Adam A.S. “Barang siapa yang berpuasa di tanggal satu Dzul Hijjah, maka Allah ampuni semua dosanya”.

2. Dzul Hijjah, Hari dimana Allah mengabulkan do'a Nabi Yunus A.S. maka Allah mengeluarkannya dari perut ikan paus. “Barang siapa yang berpuasa di hari kedua dari bulan Dzul Hijjah, maka dia setara dengan ibadah satu tahun penuh tanpa maksiat walaupun hanya sekejap mata”.

3. Dzul Hijjah, Hari dimana Allah mengabulkan doa Nabinya Zakariya A.S. “Barang siapa yang berpuasa dihari ini, maka Allah akan mengabulkan doanya”.

4. Dzul Hijjah, Hari dilahirkannya Nabi Isa A.S. “Barang siapa yang berpuasa di hari ini, maka tidak akan menimpanya kefakiran baginya”.

5. Dzul Hijjah Hari dilahirkannya Nabi Musa A.S. “Barang siapa yang berpuasa di hari ini, maka dibebaskan baginya sifat munafik dan adzab kubur”.

6. Dzul Hijjah, Hari Allah mebukakan pintu kebaikan kepada nabi-Nya. “Barang siapa yang berpuasa di hari ini, maka Allah akan memandangnya dengan pandangan rahmat, jika Allah sudah memandangnya dengan pandangan rahmat. Maka Allah tidak akan pernah mengadzabnya”.

7. Dzul Hijjah, Hari ditutupnya pintu-pintu neraka Jahannam, dan tidak akan dibuka kecuali berlalunya 10 hari dari bulan Dzul Hijjah. “Barang siapa yang berpuasa di hari ini, maka Allah akan menutup 30 pintu kesusahan dan membuka 30 pintu kemudahan baginya”.

8. Dzul Hijjah, Hari yang disebut juga dengan hari Tarwiyah. “Barang siapa yang berpuasa di hari ini, maka tidak ada yang tahu pahalanya kecuali Allah SWT”.

9. Dzul Hijjah, Hari yang disebut juga dengan hari Arafah. “Barang siapa yang berpuasa di hari ini, maka menjadi pelebur dosanya satu tahun sebelumnya, dan satu tahun mendatang”.

10. Dzul Hijjah, merupakan terjadinya hari raya qurban atau idul adlha bersamaan dengan tanggal qurban Nabi Ibrahim A.S. dan Nabi isma'il A.S.

Dikisahkan,  Syekh Sufyan Ats-Tsauri berkata, "Suatu ketika aku mengelilingi kuburannya orang-orang muslim di Basrah di malam-malam Dzul Hijjah”. Beliau menemui cahaya di kubur seorang laki-laki itu, maka Syekh Sufyan Ats-Tsauri diam sambil berfikir. Kemudian ada seruan dengan suara yang keras, "Wahai Sufyan berpuasalah sepuluh hari bulan Dzulijjah, maka akan engkau akan diberi cahaya sepertiku”.

Sumber : "Dzurratun Nasihin"

Niat Puasa Sunnah Tanggal 1 -7 Dzul Hijjah

 نويت صوم شهر ذى الحجة سنة لله تعالى
 Nawaytu Shawma Syahri Dzil Hijjah Sunnatan Lillaahi Ta'aalaa
"Saya berniat puasa sunnah bulan Dzul Hijjah karena Allah Ta'ala"

Beberapa Amalan Pada 10 Hari Awal Bulan Dzul Hijjah

بسم الله الرحمن الرحيم
يؤتى بهذا الذكر في ليالي العشر الأولى من ذي الحجه وينبغي المواظبه عليه كل يوم” ثلاث أو عشر مرات “كما هو عمل اهل تريم حضرموت حرسها الله وسائر بلدان المسلمين, آمين

Dzikir ini dibaca pada sepuluh malam pertama bulan Dzul Hijjah, dan semestinya merutininya setiap hari “tiga atau sepuluh kali”, Sebagaimana kebiasaan amalan penduduk Tariim Hadramaut, Semoga Allah melindunginya dan seluruh negara orang-orang islam, aamiin.

1. Dzikir

بِسْمِﷲِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم
اَللٰهُمَّ إِنِّي أُقَدِّمُ إِلَيْكَ بَيْنَ يَدَيْ كُلِّ نَفَسٍ وَلَمْحَةٍ وَلَحْظَةٍ وَخَطْرَةٍ وَطَرْفَةٍ يَطْرِفُ بِهَا أَهْلُ السَّمٰوَاتِ وَأَهْلُ الْأَرْضِ وَكُلِّ شَيْءٍ هُوَ كَائِنٌ فِى عِلْمِكَ أَوْ قَدْ كَانَ أُقَدِّمُ إِلَيْكَ بَيْنَ يَدَيْ ذَلِكَ كُلِّهْ :
لَا إِلَهَ إِلَّا ﷲُ عَدَدَ اللَّيَالِى وَالُّدُهُوْرْ
لَا إِلَهَ إِلَّا ﷲُ عَدَدَ الْأَيَّامِ وَالشُّهُوْرْ
لَا إِلَهَ إِلَّا ﷲُ عَدَدَ أَمْوَاجِ الْبُحُوْرْ
لَا إِلَهَ إِلَّا ﷲُ عَدَدَ أَضْعَافِ الْأُجُوْرْ
لَا إِلَهَ إِلَّا ﷲُ عَدَدَ قَطْرِ الْمَطَرْ
لَا إِلَهَ إِلَّا ﷲُ عَدَدَ أَوْرَاقِ الشَّجَرْ
لَا إِلَهَ إِلَّا ﷲُ عَدَدَ الشَّعْرِ وَالْوَبَرْ
لَا إِلَهَ إِلَّا ﷲُ عَدَدَ الرَّمْلِ وَالْحَجَرْ
لَا إِلَهَ إِلَّا ﷲُ عَدَدَ الزَّهْرِ وَالثِّمَرْ
لَا إِلَهَ إِلَّا ﷲُ عَدَدَ أَنْفَاسِ الْبَشَرْ
لَا إِلَهَ إِلَّا ﷲُ عَدَدَ ذُنُوْبِنَا حَتَّى تُغْفَرْ
لَا إِلَهَ إِلَّا ﷲُ عَدَدَ لَمْحِ الْعُيُوْنْ
لَا إِلَهَ إِلَّا ﷲُ عَدَدَ مَا كَانَ وَمَا يَكُوْنْ
لَا إِلَهَ إِلَّا ﷲُ تَعَالَى عَمَّا يُشْرِكُوْنْ
لَا إِلَهَ إِلَّا ﷲُ خَيْرٌ مِمَّا يَجْمَعُوْنْ
لَا إِلَهَ إِلَّا ﷲُ فِى اللَّيْلِ إِذَا عَسْعَسْ
لَا إِلَهَ إِلَّا ﷲُ فِى الصُّبْحِ إِذَا تَنَفَّسْ
لَا إِلَهَ إِلَّا ﷲُ عَدَدَ الرِّيَاحِ فِى الْبَرَارِيْ وَالصُّخُوْرْ
لَا إِلَهَ إِلَّا ﷲُ مِنْ يَوْمِنَا هَذَا إِلَى يَوْمِ يُنْفَخُ فِى الصُّوْرْ
لَا إِلَهَ إِلَّا ﷲُ عَدَدَ خَلْقِهِ أَجْمَعِيْنْ
لَا إِلَهَ إِلَّا ﷲُ مِنْ يَوْمِنَا هَذَا إِلَى يَوْمِ الدِّيْنْ
فِى كُلِّ لَحْظَةٍ أَبَدًا مِثْلَ ذَلِكَ كُلِّهِ عَدَدَ خَلْقِهِ وَرِضَاءَ نَفْسِهِ وَزِنَةَ عَرْشِهِ وَمِدَادَ كَلِمَاتِهِ ×10

Tiada Tuhan selain ALLAH, sebanyak bilangan malam dan siang.
Tiada Tuhan selain ALLAH, sebanyak bilangan hari dan bulan-bulan.
Tiada Tuhan selain ALLAH, sebanyak keluasan lautan.
Tiada Tuhan selain ALLAH, sebanyak banyak ganjaran
Tiada Tuhan selain ALLAH, sebanyak bilangan titisan hujan.
Tiada Tuhan selain ALLAH, sebanyak bilangan dedaun pokok.
Tiada Tuhan selain ALLAH, sebanyak bilangan pasir dan batu-batu.
Tiada Tuhan selain ALLAH, sebanyak bilangan bunga dan buah-buahan.
Tiada Tuhan selain ALLAH, sebanyak bilangan rambut dan bulu-bulu.
Tiada Tuhan selain ALLAH, sebanyak bilangan nafas manusia.
Tiada Tuhan selain ALLAH, sebanyak bilangan dosa-dosa kita sehingga diampunkan.
Tiada Tuhan selain ALLAH, sebanyak bilangan kerdipan mata.
Tiada Tuhan selain ALLAH, sebanyak bilangan makhluk dan yang akan diciptakan.
Tiada Tuhan selain ALLAH, itu lebih agung daripada apa yang mereka sekutukan.
Tiada Tuhan selain ALLAH, itu lebih baik daripada apa yang mereka kumpulkan (harta dunia).
Tiada Tuhan selain ALLAH, pada awal malam hingga penghujungnya.
Tiada Tuhan selain ALLAH, pada pagi hari hingga terang.
Tiada Tuhan selain ALLAH, sebanyak bilangan angin di daratan dan lautan.
Tiada Tuhan selain ALLAH, dari hari ini hingga ditiupkan sangka-kala.
Tiada Tuhan selain ALLAH, sebanyak bilangan seluruh Makhluk-Nya.
Tiada Tuhan selain ALLAH, daripada hari ini sehingga Hari Kiamat.

Tiada Tuhan selain ALLAH, Tunggal tiada sekutu bagi-Nya, bagi-Nya kerajaan langit dan dunia, bagi-Nya segala pujian, Dia-lah yang menghidupkan dan mematikan dan Dia berkuasa atas tiap-tiap sesuatu sebanyak bilangan makhluk-Nya, sehingga Dia ridla, perhiasan Arsy-Nya dan sebanyak-banyak tambahan kalimat-kalimat Mu.

Sumber :
Kitab Kanzun Najah Was Surur ( Syekh Abdul Hamid bin Muhammad Ali Quds) dan Kitab Majmu'ul Awrad wal Adzkar Alhabib Zen bin Sumaith ( Habib Ali bin Muhammad bin Zein Bin Sumaith).

2. Shalawat.

Dibaca 5x setiap malam, barang siapa yang membacanya, maka shlawat ini akan menjadi tebusan baginya dari api neraka.

اَللًّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ مَااتَّصَلَتِ الْعُيُوْنُ بِالنَّظَرِ ، وَتَزَخْرَفَتِ الْأَرَضُوْنَ بِالْمَطَرِ، وَحَجَّ حَاجٌّ وَاعْتَمَرَ، وَلَبَّى وَحَلَقَ وَنَحَرَ ، وَطَافَ بِالْبَيْتِ الْعَتِيْقِ وَقَبَّلَ الْحَجَرَ ، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمَ (٥×) فِي كُلِّ لَحْظَةٍ اَبَدًا عَدَدَ خَلْقِهِ وَرِضَاءَ نَفْسِهِ وَزِنَةَ عَرْشِهِ وَمِدَادَ كَلِمَاتِهِ

Sumber :
Kitab Wardatul Juyub Fis Shalati Alal Habib( Syekh Muhammad bin Abdul Aziz Al-Jazuli) dan Kitab Majmu'ul Awrad wal Adzkar Alhabib Zen bin Sumaith ( Habib Ali bin Muhammad bin Zein Bin Sumaith).

3. Doa.

Dibaca sebanyak-banyaknya, agar digampangkan ALLAH SWT. dalam melunasi hutangnya :

اَللَّهُمَّ فَرَجُكَ الْقَرِيْبُ، اَللَّهُمَّ سِتْرُكَ الْحَصِيْنُ، اَللَّهُمَّ مَعْرُوْفُكَ الْقَدِيْمُ، اَللَّهُمَّ عَوَائِدُكَ الْحَسَنَةُ، اَللَّهُمَّ عَطَاءُكَ الْحَسَنُ الْجَمِيْلُ، يَا قَدِيْمَ اْلإِحْسَانِ، إِحْسَانُكَ الْقَدِيْمُ، يَا دَائِمَ الْمَعْرُوْفِ، مَعْرُوْفُكَ الدَّائِمُ.

Sumber :
Kitab Kanzun Najah Was Surur, Syekh Abdul Hamid bin Muhammad Ali Quds.

Semoga bisa kita mengamalkannya sebagai tambahan ibadah kita kepada Allah SWT. Aamiin.

Posting Komentar untuk "Keistimewaan dan Amalan Pada 10 Hari Awal Bulan Dzul Hijjah"