Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rahasia Dzikir Membaca Ayat Laqad Jaa-akum Rasuulun Min Anfusikum

Di antara ayat Al-Quran yang banyak dijadikan sebagai dzikir oleh para shalihin adalah dua ayat terakhir surat at-Taubah.

لَقَدْ جَاءَكُمْ رَسُول مِنْ أَنْفُسكُمْ عَزِيز عَلَيْهِ مَا عَنِتُّمْ حَرِيص عَلَيْكُمْ بِالْمُؤْمِنِينَ رَءُوف رَحِيم (*) فَإِنْ تَوَلَّوْا فَقُلْ حَسْبِي اللَّه لَا إِلَه إِلَّا هُوَ عَلَيْهِ تَوَكَّلْت وَهُوَ رَبّ الْعَرْش الْعَظِيم

Nabi Muhammad SAW bersabda: "Barang siapa yang membaca dua ayat terakhir surat at-Taubah pada satu hari, maka dia tidak akan meninggal pada hari tersebut".

وَفِيْ رِوَايَةٍ لَمْ يُقْتَلْ وَلَمْ يُضْرَبْ بِحَدِيْدَةٍ وَإِنْ قَرَأَهَا فِيْ لَيْلَةٍ فَلَهُ مِثْلُ ذَلِكَ ذَكَرَ هَذَا الْحَدِيْثَ بَعْضُ الصَّالِحِيْنَ

Dalam satu riwayat lain dituturkan: "Dia tidak akan dibunuh, dan tidak akan dipukul dengan besi. Jika dia membacanya di malam hari maka dia tidak akan mati di malam hari tersebut".

As-Sayyid Habib Ali bin Abdurrahman bin Abdul Qadir As-Segaf berkisah:

"Ada seorang anak yang setiap melakukan aktivitas atau bermain suka membaca ayat tersebut

ﻟَﻘَﺪْ ﺟَﺎﺀَﻛُﻢْ ﺭَﺳُﻮﻝٌ ﻣِﻦْ ﺃَﻧْﻔُﺴِﻜُﻢْ ﻋَﺰِﻳﺰٌ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻣَﺎ ﻋَﻨِﺘُّﻢْ ﺣَﺮِﻳﺺٌ ﻋَﻠَﻴْﻜُﻢْ ﺑِﺎﻟْﻤُﺆْﻣِﻨِﻴﻦَ ﺭَﺀُﻭﻑٌ ﺭَﺣِﻴﻢٌ

'Laqad Jaa-akum Rasuuluun Min Anfusikum Aziizun Alayhi maa Anittum Hariishun Alaykum Bilmu'miniina Ra uufurrahiim'

Suatu saat, ketika ia bermain dan mengejar layang-layangnya yang terlepas, ia tak sadar bahwa sedang berada di tengah jalan raya. Matanya terus menatap ke layang-layang, tanpa disadari oleh anak itu ada sebuah truk kontainer yang melaju kencang dan menabrak sang anak. Orang-orang melihat truk itu menabrak keras sang anak, bahkan menyeretnya beberapa meter. Segera warga sekitar mengerubuti anak itu.

Sesaat kemudian, warga sekitar berteriak-teriak dan menyebut-nyebut nama Allah. Bukan karena melihat darah atau tubuh yang terlindas. Mereka tak percaya dengan apa yang mereka lihat. Anak itu tidak meninggal, bahkan tidak mengalami luka sedikitpun. Anak itu berdiri dan kembali melanjutkan mengejar layang-layang itu.

Mendengar hal itu, sang ayah anak itu pun cukup kaget. Ketika warga menanyakan kepada ayah anak tersebut, "Apa rahasianya, mengapa ia tidak meninggal saat tertabrak truk ?" Sang ayah hanya menjawab, "Tidak ada, tapi anak itu sering mengucapkan bacaan "Laqad Jaa-akum Rasuuluun Min Anfusikum Aziizun Alayhi maa Anittum Hariishun Alaykum Bilmu'miniina Ra uufurrahiim".

Beliau as-Sayyidil Al-Habib Ali bin Abdurrahman As-Segaf kemudian berpesan:
"Amalkan ayat itu dalam aktivitas kita sehari-hari, karena Allah SWT memberi 141 khasiat dalam bacaan itu. Minimal baca 7X setiap ba'da shalat Ba'da Subuh dan Ba'da Asar.

Sebagian ulama telah dikasyaf (dibukakan) Allah tentang kandungan rahasia dari ayat ini. Di antara perkataan Syekh Ahmad At-Tijani Radliyallaahu anhu tentang keutamaan ayat ini:

1. Barang siapa membaca ayat ini satu kali setelah shalat Subuh, maka Allah akan menjaga hatinya. 

2. Barang siapa membaca ayat ini satu kali setelah shalat Dhuhur, maka Allah akan menghidupkan dan menetapkan hatinya (dalam keimanan) di dunia maupun di akhirat. 

3. Barang siapa membaca ayat ini satu kali setelah shalat 'Ashar, maka dia tidak akan mati seperti matinya orang kaget.

4. Barang siapa membaca ayat ini satu kali setelah shalat Maghrib, maka dia akan diberi istiqamah (dalam beribadah) oleh Allah SWT.

5. Barang siapa membaca ayat ini satu kali setelah shalat 'Isya, maka Allah akan menjaga dirinya dari penguasa lalim.

6. Barang siapa membaca ayat ini satu kali setelah shalat sunnah, maka Allah akan memberinya rizqi kepadanya bisa merasakan manisnya iman. 

7. Barang siapa membaca ayat ini tujuh puluh tujuh kali setelah shalat Jum'at, maka Allah akan menjaganya dari makan makanan haram.

8. Barang siapa membaca ayat ini tiga ratus enam puluh kali pada hari 'Arafah. maka Allah akan menuntunnya dan mencukupinya dari kesusahan dunia akhirat.

9. Barang siapa membaca ayat ini seribu kali pada hari 'Asyura, maka akan dilayani oleh para Malaikat dan Allah akan memberi rizqi baginya dari segala arah. 

10. Barang siapa membaca ayat ini lima ratus kali pada malam Nishfu Sya'ban, maka dia tidak akan ditanya oleh Malaikat Munkar Nakir.

11. Barang siapa membaca ayat ini satu kali pada pagi dan sore hari, maka Allah akan menjaganya dari segala mara bahaya dan tidak akan ada yang dapat mencelakainya selamanya.

12. Barang siapa membaca ayat ini satu kali setiap akan tidur, maka Allah akan menjaganya sampai pagi dan tidak akan ada yang dapat mencelakainya selamanya.

13. Barang siapa membaca ayat ini tujuh kali ditulis untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit dengan cara meminum air rendamannya. 

14. Barang siapa membaca ayat ini seratus kali untuk orang sakit dengan niat yang sungguh sungguh dan benar, maka akan sembuh seketika.

15. Barang siapa membaca ayat ini siang dan malam walaupun hanya sekali, maka dia tidak akan meninggal.

16. Barang siapa membaca ayat ini untuk harta benda, maka Allah akan menjaga harta tersebut.

17. Barang siapa membaca ayat ini untuk rumah, atau kebun, atau desa, atau kota, atau benteng, maka Allah akan menjaga semuanya.

18. Barang siapa membacanya untuk kafilah atau perahu/kapal laut, maka Allah akan menjaganya.

19. Barang siapa membaca ayat ini di tengah peperangan, maka musuh akan lari dan diberi kemenangan dan keselamatan.

20. Barang siapa membaca ayat ini tujuh puluh ribu kali ketika khalwat, maka akan mendapat khadam malaikat dan jin mukmin selama hidupnya, diterima di hati semua makhluk, semua akan tunduk kepadanya, disembuhkan segala penyakitnya, dan diberi kemudahan segala urusannya.

21. Barang siapa memperbanyak membaca ayat ini tanpa dihitung, baik ketika berjalan maupun duduk, maka bertambah-tambah kebaikannya, dicintai baginda Nabi SAW, dapat melihat baginda Nabi SAW setiap saat.

22. Barang siapa selalu membaca ayat ini selama empat puluh tahun, maka hilanglah hijab antara dia dan baginda Nabi SAW, dan memperoleh derajat sebagaimana yang diperoleh para shiddiiqiin.

Semoga kita mampu mengamalkannya, aamiin.

Posting Komentar untuk "Rahasia Dzikir Membaca Ayat Laqad Jaa-akum Rasuulun Min Anfusikum"