Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ngalap Berkah Yuk ...!

Ngalap Berkah Yuk

Berkah artinya adalah bertambah dan berkembang. Sedangkan dalam terminologi bahasa berkah berarti bertambahnya kebaikan. Jadi tabarruk atau yang biasa kita katakan sebagai ngalap berkah adalah mengharap tambahan kebaikan dari Allah dengan perantara ruang, waktu, makhluk hidup dan bahkan benda mati.

Dari pengertian ini kita ketahui bahwa tabarruk pada dasarnya adalah salah satu bentuk pengagungan kepada Allah dengan cara mengagungkan sesuatu yang Allah jadikan hal yang agung.

Mereka yang menghukumi tabarruk sebagai hal yang dilarang atau bahkan syirik, benar-benar telah mengada-ada dalam hukum syariat, karena tabarruk adalah salah satu nilai yang diajarkan dalam agama Islam dan bukanlah hal baru, sebab generasi sahabat dan para salaf telah meneladankan tradisi tersebut. Dalam kitab-kitab sirah nabawiyah kita bisa melihat bagaimana para sahabat begitu antusias untuk mendapatkan tetesan wudhu Baginda Nabi, untuk apa kalau bukan untuk mencari berkah dari air yang menyentuh tubuh Beliau. Dan Beliau tak pernah sekalipun melarang perbuatan itu. Ini menunjukkan bahwa berkah itu sesungguhnya ada, dan bisa diraih lewat perantara orang-orang yang sangat dekat dengan Allah.

Semoga kita semua diberkahi Allah.
Amin Ya Rabbal 'Alamin

Oleh Habib Muhammad bin Husein bin Anis Al Habsyi

Posting Komentar untuk "Ngalap Berkah Yuk ...!"