Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keistimewaan Bulan-Bulan Haram (Yang Dimuliakan)

Keistimewaan Bulan-Bulan Haram (Yang Dimuliakan)

Imam al-Thabari dalam tafsirnya menukil perkataan sahabat Ibnu Abbas RA., perihal kemuliaan yang Allah SWT. berikan untuk bulan-bulan haram ini:

ﺧَﺺَّ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻣِﻦْ ﺷُﻬُﻮﺭِ ﺍﻟْﻌَﺎﻡِ ﺃَﺭْﺑَﻌَﺔَ ﺃَﺷْﻬُﺮٍ ﻓَﺠَﻌَﻠَﻬُﻦَّ ﺣُﺮُﻣًﺎ ، ﻭَﻋَﻈَّﻢَ ﺣُﺮُﻣَﺎﺗِﻬِﻦَّ ، ﻭَﺟَﻌَﻞ ﺍﻟﺬَّﻧْﺐَ ﻓِﻴﻬِﻦَّ ﻭَﺍﻟْﻌَﻤَﻞ ﺍﻟﺼَّﺎﻟِﺢَ ﻭَﺍﻷَْﺟْﺮَ ﺃَﻋْﻈَﻢَ

Allah SWT. memberikan keistimewaan untuk 4 bulan haram di antara bulan-bulan yang ada, dan diagungkan kemuliaannya bulan itu, dan menjadikan dosa yang terbuat serta amal ibadah yang dilaksanakan menjadi lebih besar ganjaran dosa dan pahalanya”. (Tafsir Al-Thabari 14/238)

Imam Ibnu Katsir dalam tafsir surat yang sama, beliau menukil perkataan Imam Qatadah, ahli tafsir dari kalangan Tabi’in:

ﺇِﻥَّ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ ﺍﺻْﻄَﻔَﻰ ﺻَﻔَﺎﻳَﺎ ﻣِﻦْ ﺧَﻠْﻘِﻪِ ، ﺍﺻْﻄَﻔَﻰ ﻣِﻦَ ﺍﻟْﻤَﻼَﺋِﻜَﺔِ ﺭُﺳُﻼً ، ﻭَﻣِﻦَ ﺍﻟﻨَّﺎﺱِ ﺭُﺳُﻼً ، ﻭَﺍﺻْﻄَﻔَﻰ ﻣِﻦَ ﺍﻟْﻜَﻼَﻡِ ﺫِﻛْﺮَﻩُ ، ﻭَﺍﺻْﻄَﻔَﻰ ﻣِﻦَ ﺍﻷَْﺭْﺽِ ﺍﻟْﻤَﺴَﺎﺟِﺪَ ، ﻭَﺍﺻْﻄَﻔَﻰ ﻣِﻦَ ﺍﻟﺸُّﻬُﻮﺭِ ﺭَﻣَﻀَﺎﻥَ ﻭَﺍﻷَْﺷْﻬُﺮَ ﺍﻟْﺤُﺮُﻡَ ، ﻭَﺍﺻْﻄَﻔَﻰ ﻣِﻦَ ﺍﻷَْﻳَّﺎﻡِ ﻳَﻮْﻡَ ﺍﻟْﺠُﻤُﻌَﺔِ ، ﻭَﺍﺻْﻄَﻔَﻰ ﻣِﻦَ ﺍﻟﻠَّﻴَﺎﻟِﻲ ﻟَﻴْﻠَﺔَ ﺍﻟْﻘَﺪْﺭِ . ﻓَﻌَﻈِّﻤُﻮﺍ ﻣَﺎ ﻋَﻈَّﻢَ ﺍﻟﻠَّﻪُ ، ﻓَﺈِﻧَّﻤَﺎ ﺗُﻌَﻈَّﻢُ ﺍﻷْﻣُﻮﺭُ ﺑِﻤَﺎ ﻋَﻈَّﻤَﻬَﺎ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋِﻨْﺪَ ﺃَﻫْﻞ ﺍﻟْﻔَﻬْﻢِ ﻭَﺃَﻫْﻞ ﺍﻟْﻌَﻘْﻞ

Allah SWT. mensucikan makhluk-Nya di antaranya makhluk-makhluk ciptaanya-Nya, mensucikan para rasul dari kalangan malaikat, mensucikan para Rasul di antara manusia yang lain, mensucikan dzikir dari perkataan makhluk-Nya, mensucikan masjid dari tanah-tanah lain, mensucikan bulan Ramadhan dan bulan-bulan haram di antara bulan-bulan lain, mensucikan hari jumat di antara hari-hari lain, mensucikan malam lailatul-qadr di antara malam-malam lain. Maka muliakanlah apa yang Allah SWT. telah muliakan. Sesungguhnya memuliakan apa yang Allah SWT. muliakan adalah yang dilakukan para ahli ilmu dan orang-orang berakal.” (Tafsir Ibnu Katsir 4/149)

Bulan-Bulan Haram di antaranya: Bulan Rajab, Bulan DzulQa'dah, Bulan Dzul Hijjah dan Bulan Muharram.

🌻 اللهم صل وسلم على سيدنا محمد وعلى آل سيدنا محمد 🌻

Posting Komentar untuk "Keistimewaan Bulan-Bulan Haram (Yang Dimuliakan)"