Masalah Shalat dan Islam Nusantara
Mengklarifikasi masalah pendapat Imam
Hanafi yang membolehkan shalat dengan bahasa persi
diterangkan dalam kitab Al-Burhan fi Ulumil Qur'an Juz 1 Hal. 288 oleh Imam Zarkasyi,
bahwa:
وممن نقل عنه
جواز القراءة با الفارسية ابو حنيفة لكن صح رجوعه عن ذالك. البرهان في علوم
القرآن. ج.١.ص.٢٨٨
Dan sebagian dari orang yang
dikabarkan membolehkan membaca (Al-Qur'an Surat Al-Fatihah di dalam shalat)
dengan bahasa Persi adalah Imam Abu Hanifah tetapi menurut kabar yang
shahih beliau telah ruju', telah kembali dari fatwa itu.
Kesimpulannya, tidak ada ulama
satupun yang membolehkan shalat dengan bahasa, selain bahasa Arab artinya semua ulama sepakat bahwa shalat harus menggunakanbahasa arab seperti pendapat:
1. Imam Nawawi dalam kitabnya Al-Majmu’ Juz 3 Hal. 293
وإذا كبر بغير
العربية وهو يحسنها لم تصحح صلاته عندنا بلا خلاف. المجموع. ج.٣. ص.٢٩٣
Jika seseorang bertakbir
dengan bahasa selain bahasa arab, padahal dia bisa melafalkan kata-kata arab, maka shalatnya tidak sah. Fatwa
ini disepakati dalam madzhab kita dan tidak ada perbedaan pendapat (Al-Majmu'
Juz 3 hal. 293(
2. Syekh Abu Ishaq Asy-Syirazi dalam kitabnya Al-Muhaddzab
فإن كبر با
الفارسية وهو يحسن العربية لم يجزئه لقوله صلى الله عليه وسلم صلوا كما رايتمونى
اصلى
Kalau seseorang takbir
dalam bahasa persi padahal ia fasih berbahasa arab, maka shalatnya tidak sah karena Nabi SAW bersabda:
Shalatlah kalian sebagaimana kalian melihat aku shalat. (Al-Muhaddzab)
3. Hujjatul Islam Imam Al-Ghazali dalam kitabnya Al-Wajiz Juz 3 Hal.
265
أما حكم التكبر
فتعين كلماته على القادر فلا تجزئ ترجمته. الواجز. ج.٣.ص.٢٦٥
Adapun hukum takbir
maka mesti kalimatnya Allahu Akbar, atas seseorang yang sanggup membacanya. Maka
tidak cukup membaca terjemahnya (Al-Wajiz
Juz 3 Hal 265)
4. Imam Ar-Rafi’i dalam
kitabnya Fathul Aziz Juz 3 Hal 266
أما القادر
فتعين عليه كلمته فلا يجوز له العدول إلى ذكر آخر وان قرب منها كقوله الرحمن اجل
او الرب أعظم
Adapun orang yang mampu membaca
kata-kata arab, mestilah ia membaca kalimat takbir. Ia juga tidak boleh mencari kata lain walaupun agak
berdekatan artinya seperti Ar-Rahman Ajal atau Ar Rabbu Al-A'dham (Fathul Aziz juz 3 Hal. 266)
5. Imam Syihabuddin Ar-Ramli dalam kitabnya
Nihayatul Muhtaj Juz 1 Hal. 446
ولا يكتفى عنها
با الترجمة بغير العربية .نهاية المحتاج. ج.١.ص.٤٤٦
Dan tidaklah cukup kalau bacaan
Al-Fatihah dalam shalat diterjemahkan dengan bahasa selain bahasa arab. (Nihayatul Muhtaj Juz 1 hal. 446)
6. Imam Ibn Hajar Al-Haitami dalam kitabnya Tuhfatul Muhtaj
Juz 2 halaman 44
ولا يجوز له أن
يترجم عنها لقوله تعالى انا أنزلنا ه قرآنا عربيا والعجمي ليس كذالك
Dan tidak boleh Al-Fatihah itu
diterjemahkan karena Allah berfirman: Kami turunkan Al-Qur'an dengan bahasa Arab dan Bahasa Ajam
bukanlah bahasa arab. (Tuhfatul Muhtaj Juz 2 Hal. 44)
7. Syekh Khatib As-Syarbini
dalam kitabnya Al-Iqna Juz 1 halaman 113
والثالث من
أركان الصلاة تكبيرة الإحرام. ............................با اللغة العربية
للقادر عليها. الإقناع. ج.١.ص.١١٣
Dan rukun shalat yang ketiga
adalah takbiratul ihram ..........................dengan bahasa arab bagi yang mampu. (Al Iqna Juz
1 hal 113)
8. Syekh Amirah dalam kitabnya Hasyiyah Amirah Juz
1 halaman 143
اى فهي با
لعربية واجبة ودليله أن النبي صلى الله عليه وسلم فعلها وقال صلو كما رايتمونى
اصلى. حاشية عميرة. ج.١.ص.١٤٣
Dan dia itu wajib dengan bahasa
arab, dalilnya adalah hadits Nabi Muhammad SAW berbuat seperti itu, dan Nabi Bersabda:
Shalatlah kalian sebagaimana kalian melihat saya shalat. (Hasiyah Amirah Juz 1 hal 143)
9. Syekh Zainuddin bin Abdul Aziz Al-Malibari dalam
kitabnya Fathul Muin Bab Sifat Shalat
ويتعين فيه على
القادر لفظ الله أكبر للا تباع. فتح المعين.
باب صفة الصلاة
Dan semestinya dalam takbir itu
bacaan Allahu Akbar karena mengikuti Nabi SAW. (Fathul Muin bab sifat shalat)
Kesimpulannya, semua para imam
sepakat,bahwa shalat dengan menggunakan bahasa Arab dan tidak boleh dengan
selain bahasa
arab, dan hal ini tidak ada perbedaan. والله اعلم.
Semoga bermanfaat
dan barokah, aamiin
Oleh Ustadz Abdul Qadir bin Zainuddin Hafidhahullaah
Baca Juga: Bolehkan Seorang Alim Melakukan Ijtihad Dalam Fiqih
Baca Juga: Bolehkan Seorang Alim Melakukan Ijtihad Dalam Fiqih
Posting Komentar untuk "Masalah Shalat dan Islam Nusantara"