Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gantunglah Harapan Hanya Kepada Allah SWT

Gantunglah Harapan Hanya Kepada Allah SWT
Gantunglah Harapan Hanya Kepada Allah SWT

Manusia yang meyakini Allah sebagai Tuhannya semestinya juga berkeyakinan bahwa Allah memiliki kekuatan mutlak, jadi semua yang terjadi di alam ini merupakan atas kehendak dan izin Allah SWT.

Syekh Abdul Qadir Al-Jilani mengatakan:

"Jika engkau masih merasa takut dan berharap pada manusia, maka dia menjadi tuhanmu. Jika engkau masih menghadapkan hatimu pada harta dunia, maka engkau adalah budaknya, dan dia menjadi tuhanmu. Tak ada cinta yang paling abadi, kecuali cinta seorang hamba kepada Allah. Seorang pencinta tak akan meninggalkan kekasihnya, baik saat suka maupun saat menderita.

Wahai orang yang mengadukan musibahnya kepada makhluk, tanyalah dirimu, apakah pengaduanmu kepada makhluk berguna bagimu? Sesungguhnya semua makhluk tidaklah ada gunanya bagimu; tidak juga membahayakanmu. Jika engkau bergantung kepada makhluk seraya menyekutukan Allah, niscaya mereka akan menjauhkan dirimu dari jalan al-Haq (yang benar) yakni jalan menuju Allah. Karena sebaliknya, mereka akan menjerumuskanmu ke dalam murka Allah dan menghalangimu dari curahan rahmat Allah.

Wahai orang bodoh yang mengharapkan dunia, hendaklah engkau menyadari bahwa termasuk kebodohan jika mencari dunia bukan dari Rabb sebagai Pemiliknya. Juga merupakan suatu kebodohan jika engkau mencari keselamatan dari bencana yang menimpamu dengan cara mengadukan harapan kepada makhluk."

Syekh Abdul Qadir Al-Jilani dalam Kitab Fathurrabbani wal Faidlurrahmani

Baca Juga: Kisah Wanita Tarim dan Sedekah

Posting Komentar untuk "Gantunglah Harapan Hanya Kepada Allah SWT"