Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hukum Shalat Yang Tidak Menghadap Kiblat Secara Tepat atau Pas

Hukum Shalat Yang Tidak Menghadap Kiblat Secara Tepat atau Pas
Hukum Shalat Yang Tidak Menghadap Kiblat Secara Tepat atau Pas

Diantara syarat sahnya shalat adalah harus menghadap kiblat, untuk menghadap kiblat yang ada di Mekah terutama dari Indonesia agar menghadapnya secara tepat itu yang jelas sulit, terutama pada zaman dahulu sebelum adanya peralatan modern seperti saat ini. Tapi untuk saat ini bisa menggunakan Google Earth atau alat lainnya. Lalu bagaimana hukum shalat yang tidak tepat atau lurus secara tepat ke kiblat yaitu lurus ke ka’bah?

Jawaban:

1. Agar shalatnya sah maka harus menghadap secara tepat.

2. Maka dianggap cukup atau sah shalatnya walau tidak menghadap kiblat secara tepat bagi orang yang tinggal jauh dari ka’bah, cukup menghadap salah satu arah kiblat.

Inilah landasannya:

مسألة : ك: الراجح أنه لا بد من استقبال عين القبلة ، ولو لمن هو خارج مكة فلا بد من انحراف يسير مع طول الصف ، بحيث يرى نفسه مسامتاً لها ظناً مع البعد ، والقول الثاني يكفي استقبال الجهة ، أي إحدى الجهات الأربع التي فيها الكعبة لمن بعد عنها... وهو قويّ ، اختاره الغزالي وصححه الجرجاني وابن كج وابن أبي عصرون ، وجزم به المحلي ، قال الأذرعي : وذكر بعض الأصحاب أنه الجديد وهو المختار لأن جرمها صغير يستحيل أن يتوجه إليه أهل الدنيا فيكتفى بالجهة ، ولهذا صحت صلاة الصف الطويل إذا بعدوا عن الكعبة ، ومعلوم أن بعضهم خارجون من محاذاة العين ، وهذا القول يوافق المنقول عن أبي حنيفة وهو أن المشرق قبلة أهل المغرب وبالعكس ، والجنوب قبلة أهل الشمال وبالعكس ، وعن مالك أن الكعبة قبلة أهل المسجد ، والمسجد قبلة أهل مكة ، ومكة قبلة أهل الحرم ، والحرم قبلة أهل الدنيا ، هذا والتحقيق أنه لا فرق بين القولين ، إذ التفصيل الواقع في القول بالجهة واقع في القول بالعين إلا في صورة يبعد وقوعها ، وهي أنه لو ظهر الخطأ في التيامن والتياسر ، فإن كان ظهوره بالاجتهاد لم يؤثر قطعاً ، سواء كان بعد الصلاة أو فيها ، بل ينحرف ويتمها أو باليقين ، فكذلك أيضاً إن قلنا بالجهة لا إن قلنا بالعين ، بل تجب الإعادة أو الاستئناف ، وتبين الخطأ إما بمشاهدة الكعبة ولا تتصوَّر إلا مع القرب ، أو إخبار عدل ، وكذا رؤية المحاريب المعتمدة السالمة من الطعن قاله في التحفة ، ويحمل على المحاريب التي ثبت أنه صلى إليها ومثلها محاذيها لا غيرهما.

مسألة : ك : محل الاكتفاء بالجهة على القول به عند عدم العلم بأدلة العين ، إذ القادر على العين إن فرض حصوله بالاجتهاد لا يجزيه استقبال الجهة قطعاً ، وما حمل القائلين بالجهة على ذلك إلا كونهم رأوا أن استقبال العين بالاجتهاد متعذر ، فالخلاف حينئذ لفظي إن شاء الله تعالى لمن تأمل دلائلهم
(بغيةالمشترسدين)

Menurut pendapat pertama:

Harus menghadap kiblat secara tepat walaupun bagi orang yang berada di luar kota makkah, berarti harus miring sedikit bagi mereka yang shalat dengan shaf panjang meskipun jauh dari mekah sekira memiliki dugaan kuat dia telah mengarah tepat ke arah ka’bah

Menurut pendapat yang kedua:

Sudah dianggap cukup menghadap arah kiblat (meskipun tidak secara tepat) dalam arti bagi orang yang jauh dari ka’bah, cukup menghadap salah satu dari empat arah yang ka’bah berada disana",

ini pendapat yang kuat yang dipilih oleh Imam Al-Ghazali dishahihkan oleh Imam al-Jurjani, Ibnu kaj dan Ab ‘Ishruun, imam mahalli juga mantap memakai pendapat ini.

Imam Adzra’i berkata “sebagian sahabat berkata, pendapat ini baru tapi pendapat yang dipilih karena bentuk ka’bah itu kecil yang mustahil seluruh penduduk dunia bisa menghadapnya (secara tepat), maka cukuplah arahnya saja, karenanya dihukumi sah orang-orang yang shalat dengan shaf (barisan) yang panjang bila jauh dari ka’bah dan dimaklumi bila sebagian dari mereka keluar dari kiblat (secara tepat).

Pendapat ini sesuai dengan apa yang dinukil dari Imam Abu Hanifah “Arah timur adalah kiblatnya penduduk barat dan sebaliknya, arah selatan adalah Qiblatnya penduduk utara dan sebaliknya”.

Baca Juga: Keutamaan Siti Fatimah Az-Zahra, Putri Nabi Muhammad SAW

Posting Komentar untuk "Hukum Shalat Yang Tidak Menghadap Kiblat Secara Tepat atau Pas"