Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjelasan Sekelumit Ibadah Shalat Nabi Muhammad SAW

Penjelasan Sekelumit Ibadah Shalat Nabi Muhammad SAW

Beberapa hadits tentang ibadah shalat yang dilakukan oleh Rasulullah SAW:
 
عن المغيرة بن شعبة قال: صلى رسول الله صلى الله عليه وسلم حتى انتفخت قدماه فقيل له: أتتكلف هذا وقد غفر الله لك ما تقدم من ذنبك وما تأخر؟ قال: «أفلا أكون عبدا شكورا».

"Rasulullah SAW berdiri (shalat) sampai bengkak kedua kakinya. Kepadanya ditanyakan: "Mengapa Anda membebani diri dengan hal yang demikian? Bukankah Allah SWT. Telah mengampuni Anda dari segala dosa Anda, baik yang terdahulu maupun yang akan datang?". Rasulullah SAW . Bersabda :"Tidak patutkah saya menjadi hamba Allah yang banyak bersyukur?". (Diriwayatkan oleh Qutaibah bin Sa'id, juga oleh Basyar bin Mu'adz, dari Abu `Awanah, dari Ziyad bin `Alaqah, yang bersumber dari al Mughirah bin Syu'bah r.a.)

عن ابن عباس قال: «كان النبي صلى الله عليه وسلم يصلي من الليل ثلاث عشرة ركعة».

"Rasulullah SAW shalat malam hari tiga belas rakaat.". (Diriwayatkan oleh Abu Kuraib- Muhammad bin al A'la-, dari Waki', dari Syu'bah, dari Abi Jamrah,yang bersumber dari Ibnu `Abbas r.a.)

عن عائشة: «أن النبي صلى الله عليه وسلم كان إذا لم يصل بالليل منعه من ذلك النوم، أو غلبته عيناه صلى من النهار ثنتي عشرة ركعة».

"Sesungguhnya apabila Nabi SAW tidak sempat shalat malam hari karena tertidur atau berat rasa kantuknya, maka beliau lakukan shalat dua belas rakaat di siang hari.". (Diriwayatkan oleh Qutaibah bin Sa'id, dari Abu `Awanah, dari Qatadah, dari Zurarah bin Aufa, dari Sa'id bin Hisyam, yang bersumber dari `Aisyah r.a.).

عن عائشة: «أن رسول الله صلى الله عليه وسلم كان يصلي من الليل إحدى عشرة ركعة يوتر منها بواحدة، فإذا فرغ منها اضطجع على شقه الأيمن»

"Sesungguhnya Rasulullah SAW melaksanakan shalat di malam hari sebelas raka'at. Beliau lakukan shalat witir (ganjil) satu raka'at. Apabila beliau selesai melakukan shalat itu, beliau berbaring dengan lambung kanannya di sebelah bawah.". (Diriwayatkan oleh Ishaq bin Musa, dari Ma'an, dari Malik, dari Ibnu Syibab, dari Urwah, yang bersumber dari `Aisyah r.a.)

أن عائشة، أخبرته «أن النبي صلى الله عليه وسلم لم يمت حتى كان أكثر صلاته وهو جالس».

"Sesungguhnya Nabi SAW tidak wafat, sampai kebanyakan shalatnya (shalat sunnat) dilaksanakan dalam keadaan duduk.". (Diriwayatkan oleh al Hasan bin Muhammad azZa'farani, dari al Hajjaj bin Muhammad, dari Ibnu Juraih, dari `Utsman bin Abi Sulaiman, dari Abu Salamah bin `Abdurrahman, yang bersumber dari `Aisyah r.a.).

عن ابن عمر قال: «حفظت من رسول الله صلى الله عليه وسلم ثماني ركعات: ركعتين قبل الظهر، وركعتين بعدها، وركعتين بعد المغرب، وركعتين بعد العشاء» قال ابن عمر: «وحدثتني حفصة بركعتي الغداة، ولم أكن أراهما من النبي صلى الله عليه وسلم».

Aku pelihara amalan-amalan Rasulullah SAW berupa shalat delapan raka'at. dua raka'at sebelum shalat Dhuhur, dua raka'at sesudahnya, dua raka'at sesudah shalat Magrib dan dua raka'at sesudah shalat Isya'." Selanjutnya Ibnu `Umar berkata :"Hafshah* menceritakan kepadaku perihal dua raka'at shalat fajar. Tapi aku tak pernah* melihatnya dilakukan Rasulullah SAW .". (Diriwayatkan oleh Qutaibah bin Sa'id, dari Marwan bin Mu'awiyah al Farazi, dari Ja'far bin Burqaq, dari Maimun bin Mihran, yang bersumber dari Ibnu `Umar r.a).

* Hafshah (isteri Rasulullah SAW ) dan Ibnu `Umar adalah kakak beradik, keduanya adalah putera `Umar bin Khathab r.a.

* Disebabkan Rasulullah melakukan shalat fajar di rumahnya, maka Ibnu `Umar tidak pernah melihatnya.

Baca Juga: Kisah Singkat Wafatnya Nabi Muhammad SAW

Posting Komentar untuk "Penjelasan Sekelumit Ibadah Shalat Nabi Muhammad SAW"