Waktu Mulai Qunut Dalam Rakaat Terakhir Shalat Witir Di Bulan Ramadlan Yang Benar
Separuh akhir dari bulan Ramadlan itu disunnahkan untuk berqunut pada rakaat terakhir shalat witir.
a. Sebenarnya dimulai malam tanggal 15 atau malam tanggal 16?
b. Bagaimana hukum shalatnya orang yang qunut pada shalat witir di malam tanggal 15 Ramadlan?
JAWABAN :
a. Sebenarnya malam tanggal 15 atau malam tanggal 16? jawabannya adalah di malam ke-16 Ramadlan.
Hal itu itu dijelaskan dalam kitab:
- Taqriratus sadidah hal. 437 :
Dengan melihat ibarat tentang separuh kedua/akhir dari bulan sya'ban yang menjelaskan tentang puasa yang diperbolehkan ketika separuh kedua disambung dengan hari sebelumnya (point ke-3) yang menjelaskan bahwa separuh kedua dalam setiap bulan hijriyah dihitung mulai hari ke-16.
Dalam keterangan itu menyatakan diperbolehkan orang yang berpuasa di separuh kedua/akhir dari bulan sya'ban, apabila disambung dengan hari sebelumnya dengan adanya contoh:
"Jika seseorang berpuasa pada hari ke-15 sya'ban, maka diperbolehkan baginya puasa pada hari setelahnya yakni hari ke-16, apabila puasa pada hari ke-16 maka boleh berpuasa pada hari ke-17 dan begitu seterusnya (secara berkesinambungan) hingga akhir dari bulan sya'ban. maka jika seseorang berbuka dalam artian tidak berpuasa pada satu hari, maka haram berpuasa pada sisa hari berikutnya".
Berdasarkan penjelasan tersebut menunjukkan bahwa yang dimaksud separuh kedua/akhir dari bulan hijriyah dimulai pada hari ke-16. Jadi untuk menjawab pertanyaan: Separuh akhir dari Ramadlan itu disunnahkan qunut pada rakaat terakhir shalat witir.
b. Bagaimana hukum shalatnya orang yang qunut pada shalat witir di malam tanggal15 Ramadlan?
Sebagaimana dimaklumi selain dalam i'tidal pada rakaat kedua shalat subuh, bahwa qunut itu juga disunnahkan pada i'tidal dalam rakaat terakhir dari shalat witir di separuh yang kedua atau separuh yang terakhir di bulan ramadlan.
Jika ada seseorang yang melakukan qunut pada shalat witir di selain separuh yang akhir dari bulan ramadlan atau tidak qunut waktu shalat tersebut pada separuh akhir dari bulan ramadlan maka hukumnya makruh dan orang itu sunnah untuk sujud sahwi, jadi shalatnya tetap sah.
- Taqriratus sadidah hal. 244:
- Al-Bajuri juz 1, hal. 164:
a. Sebenarnya dimulai malam tanggal 15 atau malam tanggal 16?
b. Bagaimana hukum shalatnya orang yang qunut pada shalat witir di malam tanggal 15 Ramadlan?
JAWABAN :
a. Sebenarnya malam tanggal 15 atau malam tanggal 16? jawabannya adalah di malam ke-16 Ramadlan.
Hal itu itu dijelaskan dalam kitab:
- Taqriratus sadidah hal. 437 :
مسئلة : متى يجوز صوم الشك أو النصف الأخير من شعبان ؟
يجوز صومهما في ثلاث حالات ؛ ١ ـ إذا كان الصوم واجبا : كقضاء أو كفارة أو نذر ٢ ـ إذا كانت له سنة معتادة { ورد } : كصوم الإثنين والخميس ٣ ـ إذا وصل النصف الثاني بما قبله : بأن صام يوم ١٥ ، فيجوز له أن يصوم اليوم الذي بعده يوم ١٦ ، وإذا صام يوم ١٦ جاز له صوم يوم ١٧ ، وهكذا إلى آخر الشهر ، فإذا أفطر يوما واحدا حرم عليه صوم بقية الشهر
Dengan melihat ibarat tentang separuh kedua/akhir dari bulan sya'ban yang menjelaskan tentang puasa yang diperbolehkan ketika separuh kedua disambung dengan hari sebelumnya (point ke-3) yang menjelaskan bahwa separuh kedua dalam setiap bulan hijriyah dihitung mulai hari ke-16.
Dalam keterangan itu menyatakan diperbolehkan orang yang berpuasa di separuh kedua/akhir dari bulan sya'ban, apabila disambung dengan hari sebelumnya dengan adanya contoh:
"Jika seseorang berpuasa pada hari ke-15 sya'ban, maka diperbolehkan baginya puasa pada hari setelahnya yakni hari ke-16, apabila puasa pada hari ke-16 maka boleh berpuasa pada hari ke-17 dan begitu seterusnya (secara berkesinambungan) hingga akhir dari bulan sya'ban. maka jika seseorang berbuka dalam artian tidak berpuasa pada satu hari, maka haram berpuasa pada sisa hari berikutnya".
Berdasarkan penjelasan tersebut menunjukkan bahwa yang dimaksud separuh kedua/akhir dari bulan hijriyah dimulai pada hari ke-16. Jadi untuk menjawab pertanyaan: Separuh akhir dari Ramadlan itu disunnahkan qunut pada rakaat terakhir shalat witir.
b. Bagaimana hukum shalatnya orang yang qunut pada shalat witir di malam tanggal15 Ramadlan?
Sebagaimana dimaklumi selain dalam i'tidal pada rakaat kedua shalat subuh, bahwa qunut itu juga disunnahkan pada i'tidal dalam rakaat terakhir dari shalat witir di separuh yang kedua atau separuh yang terakhir di bulan ramadlan.
Jika ada seseorang yang melakukan qunut pada shalat witir di selain separuh yang akhir dari bulan ramadlan atau tidak qunut waktu shalat tersebut pada separuh akhir dari bulan ramadlan maka hukumnya makruh dan orang itu sunnah untuk sujud sahwi, jadi shalatnya tetap sah.
- Taqriratus sadidah hal. 244:
قنوت راتبة ، وهو في موضعين ؛ ١ ـ في الاعتدال الثاني من صلاة الفجر ٢ ـ في الاعتدال الأخير لصلاة الوتر في النصف الثاني من رمضان
- Al-Bajuri juz 1, hal. 164:
؛{ و } القنوت { في } آخر الوتر { في النصف الثاني من شهر رمضان } وهو كقنوت الصبح المتقدم في محله ولفظه ، ولا يتعين كلمات القنوت السابقة ، فلو قنت بآية تتضمن دعاء وقصد القنوت حصلت سنة القنوت
؛{ قوله والقنوت في آخر الوتر } أي في اعتدال الركعة الأخيرة منه وقوله : في النصف الثاني ، وفي نسخة في النصف الأخير ، فلو قنت في غير النصف الأخير من رمضان أو تركه في النصف الأخير منه كره ذلك وسجد للسهو.
Posting Komentar untuk "Waktu Mulai Qunut Dalam Rakaat Terakhir Shalat Witir Di Bulan Ramadlan Yang Benar"