Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keberkahan Makan Sahur Sekalipun Akan Kuat Puasa Tanpa Sahur

Keberkahan Makan Sahur

عن أنس بن مالك رضي الله عنه قال : قال النبي صلى الله عليه وسلم تسحروا فإن في السحور بركة. متفق عليه
أن البركة في السحور تحصل بجهات متعددة وهي أتباع السنة ومخالفة أهل الكتاب والتقوى به على العبادة والزيادة في النشاط ومدافعة سوء الخلق الذي يثيره الجوع والتسبب بالصدقة على من يسأل إذ ذاك أو يجتمع معه على الأكل والتسبب للذكر والدعاء وقت مظنة الإجابة وتدارك نية الصوم لمن اغفلها قبل أن ينام 

Dari sahabat Anas Bin Malik Ra, beliau berkata, Nabi SAW bersabda, “Makan sahurlah kalian, karena sesungguhnya dalam makanan sahur terdapat barakah”. (HR. Muttafaqun ‘alaih).

Imam Ibn Hajar rahimahullah menjelaskan tentang keberkahan dalam sahur, ditinjau dari berbagai sisi, sebagai berikut :

▪ Mengikuti sunnah Nabi Muhammad SAW.

▪ Pembeda dengan puasa ahli kitab, berdasarkan hadits dari Amru bin Al Ash dari Nabi SAW beliau bersabda, “Pembeda antara puasa kita dengan puasanya Ahli Kitab ialah makan sahur” (HR. Muslim).

▪ Menguatkan badan dalam melaksanakan ibadah puasa.

▪  Menambah semangat agar semakin rajin beribadah.

▪ Menolak buruknya akhlaq yang dapat timbul akibat rasa lapar.

▪ Dapat menjadi sebab untuk bershadaqah kepada yang membutuhkan makanan sahur, atau dapat juga menjadi kesempatan untuk makan bersama-sama mereka.

▪ Menjadi sebab menjalankan dzikir dan doa pada waktu yang diduga merupakan waktu terkabulkannya doa.

▪ Waktu sahur dapat digunakan untuk menyusuli niat puasa bagi mereka yang lalai niat sebelum tidurnya.
[Fath al-Baari IV/140]

Sahurlah Sekalipun Kamu Akan Kuat Berpuasa Tanpa Sahur

Nabi Muhammad SAW bersabda: sahurlah kalian karena di dalam sahur terdapat keberkahan.

Kita perlu bersahur, terutama untuk puasa wajib (puasa ramadhan), mencari apa saja jangan asal banyak, tapi carilah juga yang berkah, Contoh minta rumah tangga yang berkah, artinya suami istri berkontribusi dalam kebaikan

makanan sahur membawa berkah, sehingga tenaga yang dipakai dari makan sahur itu mudah dipakai untuk kebaikan. Makanya subhaanallaah, kalau di luar bulan puasa, terasa berat untuk mengerjakan kebaikan. tapi kalau lagi puasa, untuk mengerjakan kebaikan lebih ringan. salah satu sebabnya, karena kita telah makan sahur, makan makanan sahur, Nabi Muhammad SAW mengatakan adalah makanan yang berkah

Kita merasa iri pada para sahabat yang makan sisa makanan dari Nabi Muhammad SAW karena kita berharap berkah dalam sisa makanan Nabi Muhammad SAW, tapi kita tidak bisa mendapatkan sisa makanan Nabi tapi Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa makanan yang berkah yaitu makan makanan sahur. Oleh karena itu, sahurlah karena:

1. Di dalamnya ada berkah
2. Agar berbeda dengan yahudi
3. Makanan sahur tidak dihisab Allah
4. Membuat ringan puasa kita
5. Membiasakan diri bangun pada waktu yang dimuliakan Allah.

Bangun sahurnya saja itu penting sekali, karena rahmat Allah diturunkan pada jam tersebut tidaklah sedikit. Sehingga pada waktu kita makan, do'a, dzikir, shalat tahajjud dan ibadah lainnya. Itu disebabkan juga karena mulianya waktu sebelum shubuh. Dari sebab mulianya ulama berkata:
"Yang bangun hanya sekedar merapikan selimut masih lebih bagus daripada yang tidak bangun sama sekali". karena kalau kita terjaga pada jam-jam tersebut, rahmatnya/anugerahnya Allah waktu turun. Itulah alasan banyak ahli tarim, di antara mereka yang shaleh-shaleh, salah satunya kalau orang tuanya bangun tahajjud, anak-anaknya sampai yang bayi-bayi dibangunkan, walaupun mereka sekedar hanya bermain dengan alasan:

1. Membiasakan mereka bangun pada waktu itu
2. Rahmat yang diturunkan pada jam tersebut, jangan sampai keluarganya tidak mendapatkan.

Makan sahur adalah salah satu makanan yang tidak dihisab oleh Allah. Dan yang kedua adalah makanan yang dimakan bersama tamu. Tidak dihisab bukan berarti makanannya bisa yang haram, karena makan halal pun akan ada pertanyaan di akherat. oleh sebab itu, Nabi Ibrahim memutuskan tidak mau makan kecuali dengan tamu.

Marilah kita gunakan waktu sahur untuk menyantap sahur walau sedikit dan juga ditambah ibadah lainnya.

Posting Komentar untuk "Keberkahan Makan Sahur Sekalipun Akan Kuat Puasa Tanpa Sahur"