Karomah-Karomah Syaikhana Muhammad Khalil Bin Abdul Lathif Bangkalan
Istilah karomah berasal dari bahasa Arab. Secara bahasa berarti mulia, Syeikh Thahir bin Shaleh Al-Jazairi dalam kitab Jawahirul Kalamiyah mengartikan kata karomah adalah perkara luar biasa yang tampak pada seorang wali yang tidak disertai dengan pengakuan seorang Nabi.
Adapun karomah Syaikhana Khalil diantaranya:
a. Tertawa Keras di Dalam Shalat
Pada suatu hari, didalam sholat jemaah yang dipimpin oleh kyai disebuah pesantren tempat Syaikhana Khalil mencari ilmu, Syaikhana Khalil muda tertawa cukup keras sehingga teman-temannya takut kalau-kalau kyai akan marah karna sikapnya itu.
Dugaan mereka
tidak keliru,setelah selesai sholat sang kyai menegur Syaikhana Khalil muda dengan sikapnya yang tertawa cukup keras waktu solat tersebut yang memang dilarang dalam Islam. Ternyata, Syaikhana Khalil muda masih terus tertawa meskipun kyai sangat marah terhadapnya.
Akhirnya
Syaikhana Khalil menjawab bahwa ketika sholat berjamaah berlangsung dia melihat sebuah berkat (wadah nasi waktu kenduri) diatas kepala sang Kyai. Mendengar jawaban tersebut, sang kyai menjadi sadar dan merasa malu atas sholat yang ia pimpin tersebut. Karena sang kyai ingat bahwa selama sholat berlangsung, dia memang merasa tergesa-gesa untuk menghadiri kenduri sehingga mengakibatkan shalatnya tidak khusyuk.
b. Debat Kepiting dan Rajungan
Pada suatu hari, para ulama Mekah berkumpul di Masjidil Haram untuk berdiskusi membahas masalah dan hukum Islam yang sedang terjadi di Mekah. Semua persoalan didiskusikan tanpa hambatan dan selalu mendapatkan solusi dan kesepakatan semua Ulama tersebut. Akan tetapi pada masalah mengenai halal atau haramnya kepiting dan rajungan terjadi banyak pendapat dan tidak menemukan solusi.
Syaikhana Khalil pada waktu itu berada diantara peserta diskusi sambil mendengarkan dengan tekun sambil sekali-sekali tersenyum melihat silang pendapat para peserta diskusi. Melihat jalan buntu permasalahan yang ada dihadapnya, Syaikhana Khalil minta izin untuk menawarkan solusi untuk masalah tersebut. Akhirnya Syaikhana Khalil dipersilahkan untuk naik ke atas mimbar oleh pimpinan diskusi.
Setelah tiba diatas mimbar, Syaikhana Khalil berkata, “ Saudara sekalian, ketidaksepakatan kita dalam menentukan hukum kepiting dan rajungan ini menurut saya disebabkan karena saudara sekalian belum melihat secara pasti wujud kepiting dan rajungan” ujar Syaikhana Khalil. Semua ulama yang hadir dalam diskusi tersebut menyetujui keterangan Syaikhana Khalil tersebut.
“ saudara sekalian, adapun wujud kepiting seperti ini” ucap Syaikhana Khalil sambil memegang kepiting yang masih basah. “sedangkan yang rajungan seperti ini” lanjut Syaikhana Khalil sambil memegang rajungan yang masih basah, seakan baru mengambil dari laut. Semua hadirin merasa terpana dan suasana menjadi gaduh karena keanehan tersebut. Mereka hanya bisa merasa heran dan bingung dari mana sang Syaikhana Khalil mendapatkan kepiting dan rajungan dengan sekejap saja. Maka setelah kejadian tersebut, masalah halal atau haramnya kepiting dan rajungan telah menemukan solusinya. Sejak kejadian itu, Syaikhana Khalil menjadi ulama yang disegani di antara ulama Masjidil Haram.
c. Ke Makkah Naik Kerocok (sejenis daun aren yang dapat mengapung di air)
Pada suatu sore di pinggir pantai daerah Bangkalan, Kyai Kholol hanya ditemani oleh Kyai Syamsul Arifin, salah seorang murid dan sahabatnya. Mereka membicarakan perihal urusan pesantren dan persoalan umat, tak terasa waktu sudah berlangsung lama dan matahari hampir terbenam.
“ kita belum solat Ashar kyai” kata Kyai Syamsul Arifin.
“Astaghfirullah” kata Syaikhana Khalil menyadari Kekhilafannya. “waktu ashar hampir habis,
kita tidak mungkin sholat secara sempurna Kyai” ucap Kyai syamsul Arifin.
“ kalau begitu, ambil kerocok untuk kita pakai ke Makkah ” kata Syaikhana Khalil. Setelah mendapatkan kerocok, mereka menumpanginya di atas kerocok tersebut. Beberapa saat ketika Syaikhana Khalil menatap ke Makkah, tiba-tiba kerocok yang ditumpanginya melesat dengan cepat ke arah Makkah. Sesampainya ke Makkah, Azan solat ashar baru saja dikumandangkan dan mereka mendapatkan Shaf pertama sholat Ashar berjamaah di Masjidil Haram.
d. Mengubah Arah Kiblat Masjid
Pada suatu hari, Syaikhana Khalil sedang melihat masjid yang sedang dibangun oleh menantu beliau yaitu Kyai Muntaha. Ketika melihat arah kiblat pada masjid tersebut, Syaikhana Khalil menegur sang menantu yang alim itu untuk membetulkan arah kiblat masjid yang sedang dibangunnya itu. Sebagai orang yang alim, Kyai Muntaha mempunyai alasan dalam menentukan arah kiblat tersebut, beberapa argumen ditunjukan kepada Syaikhana Khalil dalam penentuan arah kiblat tersebut.
Melihat menantunya tidak ada tanda-tanda untuk mendengar nasihatnya, Syaikhana Khalil tersenyum sambil berjalan kearah tempat pengimaman di ikuti sang menantu. Syaikhana Khalil mengambil sebuah kayu untuk melubangi dinding tembok arah kiblat dan menyuruh Kyai Muntaha untuk melihat lubang pada dinding masjid di tempat pengimaman. Betapa kagetnya Kyai Muntaha setelah melihat lubang itu, sang menantu melihat dalam lubang kecil itu terlihat Ka’bah yang berada di Makkah dengan sangat jelas. Dengan penglihatan itu, Kyai Muntaha heran dan sadar bahwa arah kiblat yang menjadi kiblat bangunan masjidnya salah. Arah kiblat bangunan masjid terlalu miring dan terbukti benar apa yang di koreksi Syaikhana Khalil.
e. Membelah Diri
Kesaktian lain dari Syaikhana Khalil, adalah kemampuannya membelah diri. Dia bisa berada di beberapa tempat dalam waktu bersamaan. Pernah ada peristiwa aneh saat beliau mengajar di pesantren. Saat berceramah, Syaikhana Khalil melakukan sesuatu yang tak terpantau mata. ”Tiba-tiba baju dan sarung beliau basah kuyup,” Cerita KH. Ghozi.
Para santri heran. Sedangkan beliau sendiri cuek, tak mau menceritakan apa-apa. Langsung ngeloyor masuk rumah, ganti baju.
Teka-teki itu baru terjawab setengah bulan kemudian. Ada seorang nelayan sowan ke Syaikhana Khalil. Dia mengucapkan terimakasih, karena saat perahunya pecah di tengah laut, langsung ditolong Syaikhana Khalil.
”Kedatangan nelayan itu membuka tabir. Ternyata saat memberi pengajian, Syaikhana Khalil dapat pesan agar segera ke pantai untuk menyelamatkan nelayan yang perahunya pecah. Dengan karomah yang dimiliki, dalam sekejap beliau bisa sampai laut dan membantu si nelayan itu,” Papar KH. Ghozi yang kini tinggal di Wedomartani Ngemplak Sleman ini.
f. Menyembuhkan Orang Lumpuh Seketika
Dalam buku yang berjudul “Tindak Lampah Romo Yai Syeikh Ahmad Jauhari Umar” menerangkan bahwa Syaikhana Khalil Bangkalan termasuk salah satu guru Romo Yai Syeikh Ahmad Jauhari Umar yang mempunyai karomah luar biasa. Diceritakan oleh penulis buku tersebut sebagai berikut:
“Suatu hari, ada seorang keturunan Cina sakit lumpuh, padahal ia sudah dibawa ke Jakarta tepatnya di Betawi, namun belum juga sembuh. Lalu ia mendengar bahwa di Madura ada orang sakti yang bisa menyembuhkan penyakit. Kemudian pergilah ia ke Madura yakni ke Syaikhana Khalil untuk berobat. Ia dibawa dengan menggunakan tandu oleh 4 orang, tak ketinggalan pula anak dan istrinya ikut mengantar.
Di tengah perjalanan ia bertemu dengan orang Madura yang dibopong karena sakit (kakinya kerobohan pohon). Lalu mereka sepakat pergi bersama-sama berobat ke Syaikhana Khalil. Orang Madura berjalan di depan sebagai penunjuk jalan. Kira-kira jarak kurang dari 20 meter dari rumah Syaikhana Khalil, muncullah Syaikhana Khalil dalam rumahnya dengan membawa pedang seraya berkata: “Mana orang itu?!! Biar saya bacok sekalian.”
Melihat hal tersebut, kedua orang sakit tersebut ketakutan dan langsung lari tanpa ia sadari sedang sakit. Karena Syaikhana Khalil terus mencari dan membentak-bentak mereka, akhirnya tanpa disadari, mereka sembuh. Setelah Syaikhana Khalil wafat kedua orang tersebut sering ziarah ke makam beliau.
g. Kisah Pencuri Timun Tidak Bisa Duduk
Pada suatu hari petani timun di daerah Bangkalan sering mengeluh. Setiap timun yang siap dipanen selalu kedahuluan dicuri maling. Begitu peristiwa itu terus-menerus, akhirnya petani timun itu tidak sabar lagi. Setelah bermusyawarah, maka diputuskan untuk sowan ke Syaikhana Khalil. Sesampainya di rumah Syaikhana Khalil, sebagaimana biasanya Kyai tersebut sedang mengajarkan kitab Nahwu. Kitab tersebut bernama Jurumiyah, suatu kitab tata bahasa Arab tingkat pemula.
“Assalamu’alaikum, Kyai,” Ucap salam para petani serentak.
“Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,“ Jawab Syaikhana Khalil.
Melihat banyaknya petani yang datang. Syaikhana Khalil bertanya: “Sampean ada keperluan, ya?”
“Benar, Kyai. Akhir-akhir ini ladang timun kami selalu dicuri maling, kami mohon kepada Kyai penangkalnya,” Kata petani dengan nada memohon penuh harap.
Ketika itu, kitab yang dikaji oleh Kyai kebetulan sampai pada kalimat “qoma zaidun” yang artinya “zaid telah berdiri”. Lalu serta-merta Syaikhana Khalil berbicara sambil menunjuk kepada huruf “qoma zaidun”.
“Ya.., Karena pengajian ini sampai ‘qoma zaidun’, ya ‘qoma zaidun’ ini saja pakai sebagai penangkal,” Seru Kyai dengan tegas dan mantap.
“Sudah, Pak Kyai?” Ujar para petani dengan nada ragu dan tanda tanya.
“Ya sudah,” Jawab Syaikhana Khalil menandaskan.
Mereka puas mendapatkan penangkal dari Syaikhana Khalil. Para petani pulang ke rumah mereka masing-masing dengan keyakinan kemujaraban penangkal dari Syaikhana Khalil.
Keesokan harinya, seperti biasanya petani ladang timun pergi ke sawah masing-masing. Betapa terkejutnya mereka melihat pemandangan di hadapannya. Sejumlah pencuri timun berdiri terus-menerus tidak bisa duduk. Maka tak ayal lagi, semua maling timun yang selama ini merajalela diketahui dan dapat ditangkap. Akhirnya penduduk berdatangan ingin melihat maling yang tidak bisa duduk itu, semua upaya telah dilakukan, namun hasilnya sia-sia. Semua maling tetap berdiri dengan muka pucat pasi karena ditonton orang yang semakin lama semakin banyak.
Satu-satunya jalan agar para maling itu bisa duduk, maka diputuskan wakil petani untuk sowan ke Syaikhana Khalil lagi. Tiba di kediaman Syaikhana Khalil, utusan itu diberi obat penangkal. Begitu obat disentuhkan ke badan maling yang sial itu, akhirnya dapat duduk seperti sedia kala. Dan para pencuri itupun menyesal dan berjanji tidak akan mencuri lagi di ladang yang selama ini menjadi sasaran empuk pencurian.
Maka sejak saat itu, petani timun di daerah Bangkalan menjadi aman dan makmur. Sebagai rasa terima kasih kepada Syaikhana Khalil, mereka menyerahkan hasil panenannya yaitu timun ke pondok pesantren berdokar-dokar. Sejak itu, berhari-hari para santri di pondok kebanjiran timun, dan hampir-hampir di seluruh pojok-pojok pondok pesantren dipenuhi dengan timun.
h. Kisah Ketinggalan Kapal Laut
Kejadian ini
pada musim haji. Kapal laut pada waktu itu, satu-satunya angkutan menuju
Mekkah. Semua penumpang calon haji naik ke kapal dan bersiap-siap, tiba-tiba
seorang wanita berbicara kepada suaminya: “Pak, tolong saya belikan anggur,
saya ingin sekali,” Ucap istrinya dengan memelas.
“Baik, kalau
begitu. Mumpung kapal belum berangkat, saya akan turun mencari anggur,” Jawab
suaminya sambil bergegas ke luar kapal.
Suaminya mencari
anggur di sekitar ajungan kapal, nampaknya tidak ditemui penjual buah anggur
seorangpun. Akhirnya dicobanya masuk ke pasar untuk memenuhi keinginan istrinya
tercinta. Dan meski agak lama, toh akhirnya anggur itu didapat juga. Betapa
gembiranya sang suami mendapatkan buah anggur itu. Dengan agak bergegas, dia
segera kembali ke kapal untuk menemui isterinya. Namun betapa terkejutnya
setelah sampai ke ajungan, kapal yang akan ditumpangi semakin lama semakin
menjauh. Sedih sekali melihat kenyataan ini. Ia duduk termenung tidak tahu apa yang
mesti diperbuat.
Di saat duduk
memikirkan nasibnya, tiba-tiba ada seorang laki-laki datang menghampirinya. Dia
memberikan nasihat: “Datanglah kamu kepada Syaikhana Khalil Bangkalan, utarakan
apa musibah yang menimpa dirimu!” Ucapnya dengan tenang.
“Syaikhana
Khalil?” Pikirnya. “Siapa dia, kenapa harus ke sana, bisakah dia menolong
ketinggalan saya dari kapal?” Begitu pertanyaan itu berputar-putar di benaknya.
“Segeralah ke
Syaikhana Khalil minta tolong padanya agar membantu kesulitan yang kamu alami,
insya Allah,” Lanjut orang itu menutup pembicaraan.
Tanpa pikir
panjang lagi, berangkatlah sang suami yang malang itu ke Bangkalan. Setibanya
di kediaman Syaikhana Khalil, langsung disambut dan ditanya: “Ada keperluan
apa?”
Lalu suami yang
malang itu menceritakan apa yang dialaminya mulai awal hingga datang ke
Syaikhana Khalil. Tiba-tiba Kyai itu berkata: “Lho, ini bukan urusan saya, ini
urusan pegawai pelabuhan. Sana pergi!”
Lalu suami itu
kembali dengan tangan hampa. Sesampainya di pelabuhan sang suami bertemu lagi
dengan orang laki-laki tadi yang menyuruh ke Syaikhana Khalil, lalu bertanya:
”Bagaimana, sudah bertemu Syaikhana Khalil?”
“Sudah, tapi
saya disuruh ke petugas pelabuhan,” Katanya dengan nada putus asa.
“Kembali lagi,
temui Syaikhana Khalil!” Ucap orang yang menasehati dengan tegas tanpa ragu.
Maka sang suami
yang malang itupun kembali lagi ke Syaikhana Khalil. Begitu dilakukannya sampai
berulang kali. Baru setelah ketiga kalinya, Syaikhana Khalil berucap: “Baik
kalau begitu, karena sampeyan ingin sekali, saya bantu sampeyan.”
“Terima kasih
Kyai,” Kata sang suami melihat secercah harapan.
“Tapi ada syaratnya,” Ucap Syaikhana Khalil.
“Saya akan
penuhi semua syaratnya,” Jawab orang itu dengan sungguh-sungguh.
Lalu Syaikhana
Khalil berpesan: “Setelah ini, kejadian apapun yang dialami sampeyan jangan
sampai diceritakan kepada orang lain, kecuali saya sudah meninggal. Apakah
sampeyan sanggup?” Seraya menatap tajam.
“Sanggup Kyai,“
Jawabnya spontan.
“Kalau begitu
ambil dan pegang anggurmu pejamkan matamu rapat-rapat,” Kata Syaikhana Khalil.
Lalu sang suami
melaksanakan perintah Syaikhana Khalil dengan patuh. Setelah beberapa menit
berlalu dibuka matanya pelan-pelan. Betapa terkejutnya dirinya sudah berada di
atas kapal tadi yang sedang berjalan. Takjub heran bercampur jadi satu, seakan
tak mempercayai apa yang dilihatnya. Digosok-gosok matanya, dicubit lengannya.
Benar kenyataan, bukannya mimpi, dirinya sedang berada di atas kapal. Segera ia
temui istrinya di salah satu ruang kapal.
“Ini anggurnya,
dik. Saya beli anggur jauh sekali,” Dengan senyum penuh arti seakan tidak
pernah terjadi apa-apa dan seolah-olah datang dari arah bawah kapal.
Padahal
sebenarnya dia baru saja mengalami peristiwa yang dahsyat sekali yang baru kali
ini dialami selama hidupnya. Terbayang wajah Syaikhana Khalil. Dia baru
menyadarinya bahwa beberapa saat yang lalu, sebenarnya dia baru saja berhadapan
dengan seseorang yang memiliki karomah yang sangat luar biasa.
i. Syaikhana Khalil dipenjara oleh Penjajah
Masa hidup Kiai
Kholil, tidak luput dari gejolak perlawanan terhadap penjajah. Tetapi, dengan
caranya sendiri Kiai Kholil melakukan perlawanan; pertama, ia melakukannya
dalam bidang pendidikan. Dalam bidang ini, Kiai Kholil mempersiapkan
murid-muridnya untuk menjadi pemimpin yang berilmu, berwawasan, tangguh dan
mempunyai integritas, baik kepada agama maupun bangsa. Ini dibuktikan dengan
banyaknya pemimpin umat dan bangsa yang lahir dari tangannya; salah satu di
antaranya: Kiai Hasyim Asy’ari, Pendiri Pesantren Tebuireng.
Cara yang kedua,
Kiai Kholil tidak melakukan perlawanan secara terbuka, melainkan ia lebih
banyak berada di balik layar. Realitas ini tergambar, bahwa ia tak segan-segan
untuk memberi suwuk (mengisi kekuatan batin, tenaga dalam) kepada pejuang, pun
Kiai Kholil tidak keberatan pesantrennya dijadikan tempat persembunyian.
Ketika pihak
penjajah mengetahuinya, Kiai Kholil ditangkap dengan harapan para pejuang
menyerahkan diri. Tetapi, ditangkapnya Kiai Kholil, malah membuat pusing pihak
Belanda; karena ada kejadian-kejadian yang tidak bisa mereka mengerti; seperti
tidak bisa dikuncinya pintu penjara, sehingga mereka harus berjaga penuh supaya
para tahanan tidak melarikan diri.
Di hari-hari
selanjutnya, ribuan orang datang ingin menjenguk dan memberi makanan kepada
Kiai Kholil, bahkan banyak yang meminta ikut ditahan bersamanya. Kejadian
tersebut menjadikan pihak Belanda dan sekutunya merelakan Kiai Kholil untuk di
bebaskan saja.
j. Syaikhana Khalil berguru ke kyai pasuruan
Ketika Kiai
Kholil masih muda, dia mendengar bahwa di Pasuruan ada seorang kiai yang
sangat sakti mandraguna. Namanya Abu Darin. Kholil muda ingin sekali belajar
kepada Abu Darin. Semangat untuk menimba ilmu itu begitu menggebu-gebu pada
dirinya sehingga jarak tempuh yang begitu jauh dari Bangkalan di Pulau Madura
ke Pasuruan di Pulau Jawa tidak dianggapnya sebagai rintangan berarti, meski
harus berjalan kaki.
Namun apa daya,
sesampainya Kholil muda di Desa Wilungan, Pasuruan, tempat kiai Abu Darin
membuka pesantren, ternyata Kiai Abu Darin sudah wafat. Dia meninggal hanya
beberapa hari sebelum kedatangan Kholil muda. Habislah harapannya untuk
mewujudkan cita-citanya berguru kepada kiai yang mempunyai ilmu tinggi
tersebut.
Dengan langkah
gontai karena capai fisik dan penat mental, hari berikutnya Kholil berta’ziyah
ke makam Kiai Abu Darin. Di depan pusara Kiai Darin, Kholil membaca Al-Qur’an
hingga 40 hari. Dan pada hari yang ke-41, ketika Kholil tengah ketiduran di
makam, Kiai Abu Darin hadir dalam mimpinya.
Dalam kesempatan
itu almarhum mengatakan kepada Kholil, “Niatmu untuk belajar sungguh terpuji.
Telah aku ajarkan kepadamu beberapa ilmu, maka peliharalah.” Kholil lalu
terbangun, dan serta merta dia sudah hafal kandungan kitab Imrithi, Asymuni,
dan Alfiyah, kitab utama pesantren itu. Subhanallah.
k. Melindungi calon santrinya dari musibah
Pada kisah yang
lain, Kiai Kholil berusaha melindungi calon santrinya dari musibah, padahal
dia berada di Bangkalan, sementara si calon santri di tengah Alas Roban,
Batang, Pekalongan.
Menurut cerita
si calon santri yang bernama Muhammad Amin, ia berangkat dari Kempek,
Cirebon, bersama lima orang temannya, menuju Bangkalan, Madura, untuk berguru
kepada Kiai Kholil. Mereka tidak membawa bekal apa-apa kecuali beberapa lembar
sarung, baju, dan celana untuk tidur, parang, serta thithikan, alat pemantik
api yang terbuat dari batu.
Setelah berjalan
kaki berhari-hari, menerobos hutan dan menyeberangi sungai, mereka sampai di
tepi Hutan Roban di luar kota Batang, Pekalongan.
Hutan itu
terkenal angker, sehingga tidak ada yang berani merambahnya. Pohon-pohon yang
ada di hutan itu besar-besar, semak belukar sangat tinggi, banyak binatang
buas di dalamnya. Namun yang lebih menyeramkan, banyak perampok yang
berkeliaran di tepi hutan itu. Mereka perampok yang kejam dan tidak segan-segan
membantai mangsanya kalau melawan.
Menjelang malam,
tatkala enam orang calon santri itu sedang mencari tempat untuk tidur,
tiba-tiba muncul sesosok laki-laki. Namun karena tampangnya biasa-biasa saja,
mereka tidak menaruh curiga. Bahkan orang itu kemudian bertanya apa mereka
punya thithikan, karena ia akan menyulut rokok.
Namun setelah
benda itu dipegangnya, ia mengatakan bahwa batu itu terlalu halus sehingga
sulit dipakai untuk membuat api. “Masih perlu dibikin kasar sedikit,” kata
orang itu sambil memasukkan batu tersebut ke mulutnya lalu menggigitnya sehingga
pecah menjadi dua.
Terbelalak mata
enam orang calon santri itu menyaksikan kekuatan mulut laki-laki itu. Mereka
gemetar ketakutan. “Serahkan barang-barang kalian,” hardik orang itu. Amin,
yang paling berani di antara mereka, menjawab, “Kalau barang-barang kami
diambil, kami tidak bisa melanjutkan perjalanan ke Bangkalan.” Mendengar kata
“Bangkalan”, orang itu tampak waswas. “Mengapa kalian ke sana?” dia balik
bertanya. “Kami mau berguru kepada Syaikhana Khalil,” jawab Amin.
Tersentak
laki-laki itu, seperti pemburu tergigit ular berbisa. Wajahnya pucat pasi,
bibirnya menggigil. “Jadi kalian mau nyantri sama Kiai Kholil?” “Betul,” sahut enam
calon santri itu bersamaan. Mereka gembira karena merasa tidak akan dirampok.
Tapi dugaan itu meleset. “Kalau begitu, serahkan semua barangmu kepadaku,”
kata lelaki itu. “Kalian tidur saja di sini, dan aku akan menjaga kalian
semalaman.”
Makin ketakutan
saja para remaja itu. Mereka kemudian memang membaringkan badan tapi mata
tidak bisa diajak tidur semalaman. Maut seakan sudah dekat saja. Keesokan
harinya, selepas mereka shalat Subuh, lelaki itu mengajak mereka pergi. “Ayo
kita berangkat,” ujarnya. “Ke mana ?” tanya para calon santri. “Akan kuantar
kalian ke luar dari hutan ini agar tidak diganggu oleh perampok lain,”
jawabnya tampak ramah.
Dalam hati
mereka bertanya-tanya, apa maunya orang ini. Namun sebelum pertanyaan itu
terjawab, orang itu berkata. “Sebenarnya kalian akan aku rampok, dan menjual
kalian kepada onderneming untuk dijadikan kuli kontrak di luar Jawa. Tapi ilmu
saya akan berbalik mencelakakan diri saya kalau berani mengganggu para calon
santri Kiai Kholil. Sebab guru saya pernah dikalahkan Kiai Kholil dengan ilmu
putihnya.”
Maka enam remaja
dari Kempek itu kian mantap untuk nyantri ke Bangkalan. Terlebih lagi baru di
perjalanan saja untuk menuju pesantren Kiai Kholil mereka telah memperoleh
karamah dari pemimpin pesantren tersebut.
l. Kedatangan macan
Suatu hari di bulan Syawal. Kiai Kholil tiba-tiba memanggil santrinya. Anak-anakku, sejak
hari ini kalian harus memperketat penjagaan pondok pesantren. Pintu gerbang
harus senantiasa dijaga, sebentar lagi akan ada macan masuk ke pondok kita
ini.” Kata Syeikh Kholil agak serius. Mendengar tutur guru yang sangat
dihormati itu, segera para santri mempersiapkan diri. Waktu itu sebelah timur
Bangkalan memang terdapat hutan-hutan yang cukup lebat dan angker. Hari demi
hari, penjagaan semakin diperketat, tetapi macan yang ditungu-tunggu itu belum
tampak juga. Memasuki minggu ketiga, datanglah ke pesantren pemuda kurus, tidak
berapa tinggi berkulit kuning langsat sambil menenteng kopor seng.
Sesampainya di
depan pintu rumah SyeikhKholil, lalu mengucap salam. Mendengar salam itu, bukan
jawaban salam yang diterima, tetapi Kiai malah berteriak memanggil santrinya ;
Hey santri semua, ada macan….macan.., ayo kita kepung. Jangan sampai masuk ke
pondok.” Seru Syeikh Kholil bak seorang komandan di medan perang. Mendengar
teriakan Syeikh kontan saja semua santri berhamburan, datang sambil membawa apa
yang ada, pedang, clurit, tongkat, pacul untuk mengepung pemuda yang baru
datang tadi yang mulai nampak kelihatan pucat. Tidak ada pilihan lagi kecuali
lari seribu langkah. Namun karena tekad ingin nyantri ke Syeikh Kholil begitu
menggelora, maka keesokan harinya mencoba untuk datang lagi. Begitu memasuki
pintu gerbang pesantren, langsung disongsong dengan usiran ramai-ramai.
Demikian juga keesokan harinya.
Baru pada malam
ketiga, pemuda yang pantang mundur ini memasuki pesantren secara diam-diam pada
malam hari. Karena lelahnya pemuda itu, yang disertai rasa takut yang mencekam,
akhirnya tertidur di bawah kentongan surau. Secara tidak diduga, tengah malam
Syeikh Kholil datang dan membantu membangunkannya. Karuan saja dimarahi
habis-habisan. Pemuda itu dibawa ke rumah Syeikh Kholil. Setelah berbasa-basi
dengan seribu alasan. Baru pemuda itu merasa lega setelah resmi diterima
sebagai santri Syeikh Kholil. Pemuda itu bernama Abdul Wahab Hasbullah. Kelak
kemudian hari santri yang diisyaratkan macan itu, dikenal dengan nama KH. Wahab
Hasbullah, seorang Kiai yang sangat alim, jagoan berdebat, pembentuk komite
Hijaz, pembaharu pemikiran. Kehadiran KH Wahab Hasbullah di mana-mana selalu
berwibawa dan sangat disegani baik kawan maupun lawan bagaikan seekor macan,
seperti yang diisyaratkan Syeikh Kholil.
m. Santri yang tidak ikut jamaah
Dan diantara
karomahnya, pada suatu hari menjelang pagi, santri bernama Bahar dari Sidogiri
merasa gundah, dalam benaknya tentu pagi itu tidak bisa sholat subuh berjamaah.
Ketidak ikutsertaan Bahar sholat subuh berjamaah bukan karena malas, tetapi
disebabkan halangan junub. Semalam Bahar bermimpi tidur dengan seorang wanita.
Sangat dipahami kegundahan Bahar. Sebab wanita itu adalah istri Kiai Kholil,
istri gurunya. Menjelang subuh, terdengar Kiai Kholil marah besar sambil
membawa sebilah pedang seraya berucap:“Santri kurang ajar.., santri kurang
ajar…..Para santri yang sudah naik ke masjid untuk sholat berjamaah merasa
heran dan tanda tanya, apa dan siapa yang dimaksud santri kurang ajar itu.
Subuh itu Bahar
memang tidak ikut sholat berjamaah, tetapi bersembunyi di belakang pintu
masjid. Seusai sholat subuh berjamaah, Kiai Kholil menghadapkan wajahnya kepada
semua santri seraya bertanya ; Siapa santri yang tidak ikut berjamaah?” Ucap
Kiai Kholil nada menyelidik. Semua santri merasa terkejut, tidak menduga akan
mendapat pertanyaan seperti itu. Para santri menoleh ke kanan-kiri, mencari tahu
siapa yang tidak hadir. Ternyata yang tidak hadir waktu itu hanyalah Bahar.
Kemudian Kiai Kholil memerintahkan mencari Bahar dan dihadapkan kepadanya.
Setelah diketemukan lalu dibawa ke masjid. Kiai Kholil menatap tajam-tajam
kepada bahar seraya berkata ; Bahar, karena kamu tidak hadir sholat subuh
berjamaah maka harus dihukum. Tebanglah dua rumpun bambu di belakang pesantren
dengan petok ini Perintah Kiai Kholil. Petok adalah sejenis pisau kecil,
dipakai menyabit rumput.
Setelah menerima
perintah itu, segera Bahar melaksanakan dengan tulus. Dapat diduga bagaimana
Bahar menebang dua rumpun bambu dengan suatu alat yang sangat sederhana sekali,
tentu sangat kesulitan dan memerlukan tenaga serta waktu yang lama sekali.
Hukuman ini akhirnya diselesaikan dengan baik. Alhamdulillah, sudah selesai,
Kiai Ucap Bahar dengan sopan dan rendah hati. Kalau begitu, sekarang kamu makan
nasi yang ada di nampan itu sampai habis, Perintah Kiai kepada Bahar. Sekali
lagi santri Bahar dengan patuh menerima hukuman dari Kiai Kholil. Setelah Bahar
melaksanakan hukuman yang kedua, santri Bahar lalu disuruh makan buah-buahan
sampai habis yang ada di nampan yang telah tersedia. Mendengar perintah ini
santri Bahar melahap semua buah-buahan yang ada di nampan itu. Setelah itu
santri Bahar diusir oleh Kiai Kholil seraya berucap ; Hai santri, semua ilmuku
sudah dicuri oleh orang ini ucap Kiai Kholil sambil menunjuk ke arah Bahar.
Dengan perasaan senang dan mantap santri Bahar pulang meninggalkan pesantren
Kiai Kholil menuju kampung halamannya.
Memang benar,
tak lama setelah itu, santri yang mendapat isyarat mencuri ilmu Kiai Kholil
itu, menjadi Kiai yang sangat alim, yang memimpin sebuah pondok pesantren besar
di Jawa Timur. Kia beruntung itu bernama Kiai Bahar, seorang Kiai besar dengan
ribuan santri yang diasuhnya di Pondok Pesantren Sido Giri, Pasuruan, Jawa
Timur.
n. Kedatangan Habib
Suatu hari
menjelang sholat magrib. Seperti biasanya Kiai Kholil mengimami jamaah sholat
bersama para santri Kedemangan. Bersamaan dengan Kiai Kholil mengimami sholat,
tiba-tiba kedatangan tamu berbangsa Arab. Orang Madura menyebutnya Habib.
Seusai melaksanakan sholat, Kiai Kholil menemui tamunya, termasuk orang Arab
yang baru datang itu. Sebagai orang Arab yang mengetahui kefasihan Bahasa Arab.
Habib menghampiri Kiai Kholil seraya berucap ; Kiai, bacaan Al- Fatihah antum
(anda) kurang fasih tegur Habib. Setelah berbasa-basi beberapa saat. Habib
dipersilahkan mengambil wudlu untuk melaksanakan sholat magrib. Tempat wudlu
ada di sebelah masjid itu. Silahkan ambil wudlu di sana ucap Kiai sambil
menunjukkan arah tempat wudlu.
Baru saja
selesai wudlu, tiba-tiba sang Habib dikejutkan dengan munculnya macan tutul.
Habib terkejut dan berteriak dengan bahasa Arabnya, yang fasih untuk mengusir
macan tutul yang makin mendekat itu. Meskipun Habib mengucapkan Bahasa Arab
sangat fasih untuk mengusir macan tutul, namun macan itu tidak pergi juga.
Mendengar ribut-ribut di sekitar tempat wudlu Kiai Kholil datang menghampiri.
Melihat ada macan yang tampaknya penyebab keributan itu, Kiai Kholil
mengucapkan sepatah dua patah kata yang kurang fasih. Anehnya, sang macan yang
mendengar kalimat yang dilontarkan Kiai Kholil yang nampaknya kurang fasih itu,
macan tutul bergegas menjauh. Dengan kejadian ini, Habib paham bahwa sebetulnya
Kiai Kholil bermaksud memberi pelajaran kepada dirinya, bahwa suatu ungkapan
bukan terletak antara fasih dan tidak fasih, melainkan sejauh mana penghayatan
makna dalam ungkapan itu.
o. Berselisih
Suatu Ketika Habib
Jindan bin Salim berselisih pendapat dengan seorang ulama, manakah pendapat
yang paling sahih dalam ayat ‘Maliki yaumiddin’, maliki-nya dibaca ‘maaliki’
(dengan memakai alif setelah mim), ataukah ‘maliki’ (tanpa alif).Setelah
berdebat tidak ada titik temu. Akhirnya sepakat untuk sama-sama datang ke
Kiyahi Keramat; Kiyahi Kholil bangkalan.
Ketika itu
Kiyahi yang jadi maha guru para kiyahi pulau Jawa itu sedang duduk didalam
mushala, saat rombongan Habib Jindan sudah dekat ke Mushola sontak saja kiyahi Kholil
berteriak. Maaliki yaumiddin ya Habib, Maaliki yaumiddin Habib, teriak Kiyahi
Kholil bangkalan menyambut kedatangan Habib Jindan.
Tentu saja
dengan ucapan selamat datang yang aneh itu, sang Habib tak perlu bersusah payah
menceritakan soal sengketa Maliki yaumiddin ataukah maaliki yaumiddin itu.
Demikian cerita Habib Lutfi bin Yahya ketika menjelaskan perbendaan pendapat
ulama dalam bacaan ayat itu pada Tafsir Thabari.
p. Didatangi Tamu
Di Bangkalan
Madura, hidup sepasang suami-isteri yang cukup bahagia. Pada suatu hari, sang
suami berkata kepada isterinya. “Bu, saya ingin sekali sowan (berkunjung) ke
Syaikhana Khalil,” katanya pada suatu pagi. “Itu bagus sekali Pak, tetapi apa
yang akan kita bawa sebagai oleh-oleh kepada Syaikhana Khalil, kita tidak mempunyai
apa-apa kecuali sebuah bentul,” jawab isterinya. “Tidak apa-apa, bentul itu
saja yang kita bawa. Asalkan kita ikhlas, Insya Allah akan diterima,” tegas
sang suami meyakinkan isterinya.
Maka berangkatlah suami isteri tersebut ke Syaikhana Khalil. Dengan berbekal
tawakkal dan sebuah bentul, mereka yakin akan diterima Syaikhana Khalil dengan
baik. Bentul adalah makanan sangat sederhana sejenis talas. Sesampainya di
kediaman Syaikhana Khalil kedatangannya sudah ditunggu. Mereka disambut dengan
hangat. “Kyai, saya tidak membawa apa-apa, hanya sebuah bentul ini yang bisa
kami haturkan untuk Kyai.” ucap sang suami rada malu-malu.
“Wah kebetulan,
saya memang ingin makan bentul,” jawab Syaikhana Khalil menghibur. Kemudian
Syaikhana Khalil memanggil beberapa santri dan menyuruhnya untuk merebus bentul
yang baru diterimanya itu. Tak lama setelah itu, santri datang membawa bentul
yang sudah direbus itu. Syaikhana Khalil kelihatan sangat senang dan suka
terhadap bentul itu, lalu dimakannya sampai habis.
Suami-isteri
yang sowan ke Syaikhana Khalil itu merasa senang, sebab apa yang dikhawatirkan
selama ini menjadi kegembiraan. Beberapa hari kemudian, suami-isteri itu ingin
sowan kembali ke Syaikhana Khalil. Masih segar di ingatan suami isteri itu akan
kesukaan Syaikhana Khalil. Kali ini, tidak seperti terdahulu. Mereka membawa
oleh-oleh bentul sebanyak-banyaknya dengan harapan Syaikhana Khalil sangat
senang menerimanya. Maka berangkatlah suami isteri tersebut ke ulama karismatik
itu. Tidak seperti dahulu, dugaan mereka meleset. Mereka disambut dingin.
Begitu juga dengan oleh-oleh yang banyak itu. Syaikhana Khalil tidak menerima
oleh-olehnya dan disuruh bawa pulang kembali.
Pada saat mereka
pulang disadarinya apa yang telah mereka lakukan selama ini. Ternyata, oleh-oleh
bentul yang pertama diniatkan semata-mata karena keikhlasan dan tawakkal kepada
Allah, sedangkan sowan yang kedua tidak dilanda ikhlas, tetapi rasa pamrih.
Mereka meyakini atas kekuatannya sendiri dan merasa dirinya mampu membawa
oleh-oleh kepada kyai. Dan itu sangat tidak disukai Syaikhana Khalil.
q. Hanya disuruh perbanyak baca istighfar
Suatu hari
Syaikhana Khalil kedatangan tiga tamu yang menghadap secara bersamaan. Sang
kyai bertanya kepada tamu yang pertama: “Sampeyan ada keperluan apa?” “Saya
pedagang, Kyai. Tetapi hasil tidak didapat, malah rugi terus-menerus,” ucap
tamu pertama. Beberapa saat Syaikhana Khalil menjawab, “Jika kamu ingin
berhasil dalam berdagang, perbanyak baca istighfar,” pesan kyai mantap.
Kemudian kyai bertanya kepada tamu kedua:“Sampeyan ada keperluan apa?” “Saya
sudah berkeluarga selama 18 tahun, tapi sampai saat ini masih belum diberi
keturunan,” kata tamu kedua. Setelah memandang kepada tamunya itu, Syaikhana
Khalil menjawab, “Jika kamu ingin punya keturunan, perbanyak baca istighfar,”
tandas kyai.
Kini, tiba
giliran pada tamu yang ketiga. Kyai juga bertanya, “Sampeyan ada keperluan
apa?” “Saya usaha tani, Kyai. Namun, makin hari hutang saya makin banyak,
sehingga tak mampu membayarnya, ” ucap tamu yang ketiga, dengan raut muka
serius. “Jika kamu ingin berhasil dan mampu melunasi hutangmu, perbanyak baca
istighfar,” pesan kyai kepada tamu yang terakhir.
Berapa murid
Syaikhana Khalil yang melihat peristiwa itu merasa heran. Masalah yang berbeda,
tapi dengan jawaban yang sama, resep yang sama, yaitu menyuruh memperbanyak
membaca istighfar.
Syaikhana Khalil
mengetahui keheranan para santri. Setelah tamunya pulang, maka dipanggillah
para santri yang penuh tanda tanya itu. Lalu, Syaikhana Khalil membacakan
al-Qur’an Surat Nuh ayat 10-12.
Mendengar
jawaban kyai ini, para santri mengerti bahwa jawaban itu memang merupakan janji
Allah bagi siapa yang memperbanyak baca istighfar. Memang benar. Tak lama
setelah kejadian itu, ketiga tamunya semuanya berhasil apa yang dihajatkan.
Ketika anda tidak sampai ke hadirat-Nya sudah pasti anda
sangat heran dengan ucapan orang-orang yang sudah bermakrifat, bisa berjumpa
dengan Malaikat, berjumpa dengan Rasulullah SAW dan melihat Allah SWT, dan anda
menganggap itu sebuah kebohongan dan sudah pasti anda mengumpulkan lagi puluhan
bahkan ratusan dalil untuk membantah ucapan para ahli makrifat tersebut dengan
dalil yang menurut anda sudah benar, padahal kadangkala dalil yang anda berikan
justru sangat mendukung ucapan para Ahli Makrifat cuma sayangnya matahati anda
dibutakan oleh hawa nafsu, dalam Al-Qur’an disebuat Khatamallahu ‘ala Qulubihim
(Tertutup mata hati mereka) itulah hijab yang menghalangi anda menuju Tuhan.
Dikutip ILMU SUFI,
29 Desember 2015
Posting Komentar untuk "Karomah-Karomah Syaikhana Muhammad Khalil Bin Abdul Lathif Bangkalan"