Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tanggal 1 Bulan-Bulan 1439 Hijriyah Hisab Al-Karawi / Pon-Pes Darut Thayyibin Saroka

Kalender yang digunakan Pondok Pesantren Al-Karawi Karay Ganding Sumenep merupakan kalender hisab yang sudah digunakan ulama' pesantren al-karawi secara turun menurun. Walaupun demikian, kalender hisab al-karawi / almanak alkarawi atau kalender saroka / almanak saroka tidak disebarkan kepada masyarakat umum karena masyarakat umum biasanya menunggu pengumuman resmi pemerintah, artinya Kalender Hisab Al-Karawi / Saroka hanya digunakan kalangan tertentu yang mengikuti ulama' al-karawi Karay Ganding Sumenep. Hal tersebut juga diikuti oleh Pondok Pesantren Darut Thayyibin Alfaqiihiyyah Li Ahlissunnah Wal Jama'ah Saroka Saronggi Sumenep Madura.

Tanggal 1 Bulan-Bulan 1439 Hijriyah Hisab Al-Karawi / Pon-Pes Darut Thayyibin Saroka

Di bawah ini adalah daftar hari dimulai (tanggal1) pada setiap bulan tahun 1939 H sesuai dengan cara menentukan tanggal 1 bulan hijriyah menurut Jadwal Kalender Hisab Al-Karawi/Saroka, sebagai berikut:

Muharram -> Kamis
Shafar         -> Sabtu
R. Awwal    -> Ahad
R. Tsani      -> Selasa
J. Ula          -> Rabu
J. Akhir      -> Jum'at
Rajab          -> Sabtu
Sya'ban       -> Senin
Ramadlan   -> Selasa
Syawal        -> Kamis
D. Qa'dah   -> Jum'at
D. Hijjah     -> Ahad

Demikianlah ketentuan tanggal 1 bulan hijriyah tahun 1439 H menurut Kalender Al-Karawi dan Darut Thayyibin Saroka Saronggi Sumenep, hanya sebagai catatan bagi penulis, bukan untuk disebarkan dan tidak dianjurkan untuk menjadikannya sebagai rujukan oleh siapapun karena bersifat khusus saja.

Untuk secara langsung melihat tanggal 1 setiap bulan yang dilengkapi tahun bisa dilihat di rincian hari awal bulan hijriyah kalender hisab alkarawi dan darut thayyibin.


Wallaahu a'lam bishshawaab

Posting Komentar untuk "Tanggal 1 Bulan-Bulan 1439 Hijriyah Hisab Al-Karawi / Pon-Pes Darut Thayyibin Saroka"