Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kalender / Almanak Hisab Al-Karawi dan Darut Thayyibin Saroka

Kalender Al-Karawi dan Darut Thayyibin Saroka

Kalender atau almanak yang digunakan di Pondok Pesantren Al-Karawi Karay Ganding Sumenep merupakan kalender yang digunakan secara turun temurun oleh ulama' karay secara khusus, artinya kalender ini tidak disebarkan kepada masyarakat umum, karena penjelasan tentang awal bulan Muharram, awal bulan ramadlan, hari raya maupun hari-hari besar islam lainnya yang berhubungan dengan bulan qamariyah atau hijriyah secara umum kepada masyarakat biasanya ditentukan atau ditetapkan oleh pemerintah.

Kalender ini juga digunakan di Pondok Pesantren Darut Thayyibin Alfaqihiyyah Li Ahlissunnah Wal Jama'ah Saroka Saronggi Sumenep. Perlu diketahui bahwa tidak dianjurkan untuk mengikuti kalender tersebut tetapi bukan berarti tidak boleh mengikutinya.

Kalender yang digunakan bukan dari hitungan atau hisab jari tangan belaka tapi berdasarkan kitab falakiyah mengambil yang urfi dari kitab:
1. Durusul Falakiyah oleh KH. Maksum bin Ali Jombang
2. Jawahirun Naqiyah Fil A'malil Jaibiyah oleh Syekh 'Allamah Ahmad bin Abdul Lathif Al-Minangkabawi
3. Wasilatut Tullab oleh Syekh Muhyi bin Muhammad Al-Khattab At-Tihami

Berikut jadwal yang digunakan dalam menentukan tanggal dalam kalender al-karawi dan saroka:
Jadwal Kalender Hisab Al-Karawi dan Saroka
Jadwal Hari Di Antara 1 sampai 210

Untuk mengetahui tata cara menggunakan jadwal di atas silakan baca artikel tata cara menentukan tanggal 1 setiap bulan hijriyah ala Al-Karawi dan Saroka serta contoh hasil penentuannya berupa Tanggal 1 bulan-bulan hijriyah 1439 Al-Karawi/Saroka.

Untuk secara langsung melihat tanggal 1 setiap bulan yang dilengkapi tahun bisa dilihat di rincian hari awal bulan hijriyah kalender hisab alkarawi dan darut thayyibin.

Posting Komentar untuk "Kalender / Almanak Hisab Al-Karawi dan Darut Thayyibin Saroka"