Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hukum Menggabung Niat Antara Puasa Hari Senin Atau Kamis Dengan Puasa Qadla'

Hukum Menggabung Niat Antara Puasa Hari Senin Atau Kamis Dengan Puasa Qadla'

Bedakah Puasa Hari Senin Atau Kamis Dengan Puasa Qadla' dan Bolehkah Jika Digabung Pelaksanaannya

Apakah pahala puasa hari senin, kamis. berbeda dengan pahala puasa qadla’ dan bolehkan puasa qadla’ dilaksanakan pada hari senin atau kamis??

Jawaban:
1. Puasa hari senin atau kamis dan puasa qadla’ itu berbeda. Puasa qadla’ itu termasuk puasa wajib, sedangkan puasa senin atau kamis, itu puasa sunnah sehingga pahala dari dua jenis puasa ini jelas berbeda.

2. Puasa qadla’ boleh digabung dengan puasa sunnah lainnya seperti puasa qadla’ digabung dengan puasa senin atau kamis, dengan puasa daud, dengan puasa muharram, dan puasa-puasa sunnah lainnya. Hal ini merupakan ijtihad para imam kita dalam madzhab syafi’i, dan diterangkan dalam kitab Busyralkarim syarah Muqaddimah Hadramiyah bab Shaum. dan juga diterangkan dalam kitab Tuhfatul Muhtaj oleh Imam Ibnu Hajar Al-Haitami Juz 3 Hal 190. dan juga juga dalam kitab Nihayatul Muhtaj oleh Imam Romli As-Syafi’i Juz 1 hal 162.

Contoh niatnya: Nawaytu Shauma Ramadlana Qadla’an wa Shauma ....................... (isi niat puasa sunnah, tambah banyak niatnya tambah baik). Demikian, semoga bermanfaat dan barakah.

Oleh Ustadz Abdul Qadir bin Zainuddin Hafidhahullaah


Berikut Juga Pendapat Bolehnya Menggabung Puasa Fardlu dan Sunnah

(فرع) أفتى جمع متأخرون بحصول ثواب عرفة وما بعده بوقوع صوم فرض فيها خلافا للمجموع وتبعه الاسنوى فقال إن نواهما لم يحصل له شىء منهما قال شيخنا كشيخه والذى يتجه أن القصد وجود صوم فيها فهى كالتحية فإن نوى التطوع أيضا حصلا والا سقط عنه الطلب.
قوله : (وما بعده) وهو عاشوراء وتاسوعاء وستة من شوال الخ. قوله : (بوقوع الخ) متعلق بحصول وقوله صوم فرض أي قضاء أو نذر وقوله فيها متعلق بوقوع والضمير يعود على المذكورات من عرفة وما بعده. قوله : (وجود صوم فيها) أي في هذه الأيام عرفة وما بعده. قوله : (فهى) أي هذه الأيام أي صومها ولا بد من تقدير المضاف ليصح التشبيه بالتحية وقوله كالتحية أي فإنها تحصل بفرض أو نفل غيرها لأن القصد شغل البقعة بالطاعة وقد وجدت.

(Cabang) Segolongan Ulama' Mutaakhirin Berfatwa: bahwasannya puasa 'arafah dan seterusnya, yaitu puasa 'asyura, tasu'a, enam hari puasa syawal dll, adalah tetap mendapatkan pahala kesunnahan dengan sebab melakukan puasa fardlu, seperti puasa qadha' ramadhan atau puasa nadzar.

Hal berbeda dengan apa yang ada didalam Kitab al-Majmu' milik Imam Nawawi, sebagaimana yang diikuti oleh Imam al Asnawi, Beliau Berkata: "Apabila puasa puasa fardlu dan puasa sunnah itu diniatkan secara bersamaan, maka tidaklah menghasilkan pada kedua-duanya."

Syaikhuna Ibnu Hajar Berkata : "Adapun pendapat yang berwajh, bahwasanya apabila niat fardlu tersebut berada pada hari 'arafah dan sebagainya, maka hal itu sebagaimana shalat tahiyatul masjid. Artinya apabila puasa tersebut juga diniatkan dengan dengan puasa sunnah, maka menghasilkan pada kedua-duanya. Dan apabila tidak diniatkan, maka tuntutan kesunnahannya menjadi gugur."

قوله : (أفتى الخ) حاصل الإفتاء المذكور أنه إذا كان عليه صوم فرض قضاء أو نذر وأوقعه فى هذا الأيام المتأكد صومها حصل له الفرض الذى عليه وحصل له ثواب صوم الأيام المسنون وظاهر اطلاقه أنه لا فرق فى حصول الثواب بين أن ينويه مع الفرض أو لا وهو مخالف لقول ابن حجر الآتى أنه لا يحصل له الثواب الا إذا نواه والا سقط عنه الطلب فقط. اهـ.
- إعانة الطالبين 2/271 الهداية

Adapun maksud daripada Fatwa Ulama' Mutaakhirin di atas: apabila seseorang itu memiliki tanggungan puasa fardlu, seperti puasa qadha' ramadhan atau puasa nadzar, lalu bertepatan dengan hari dimana disunnahkannya untuk berpuasa (seperti 'arafah dan lainnya), maka ia (yang melaksanakan puasa fardlu di hari itu) mendapat kefardluan yang menjadi kewajibannya, sekaligus otomatis mendapat pahala dari hari dimana disunnahkannya untuk berpuasa. Dan secara dzahir dari kemutlakan fatwa ini, bahwasannya ia tetaplah mendapatkan pahala puasa sunnah, baik itu diniatkan bersamaan dengan puasa fardlu ataupun tidak.

Dan hal ini berbeda dengan pendapat Ibnu Hajar, yang mana beliau mengatakan orang tersebut tidaklah mendapatkan pahala puasa sunnah kecuali apabila ia meniatkannya juga, apabila tidak meniatkannyaو maka ia hanya dapat menggugurkan tanggungan puasa fardlunya saja.

الأستاذة ام مريم
٢٠١٩\سبتمبر\١٠

Baca Juga: Hukum Puasa Hari Jum'at Dan Puasa Daud Digabung Atau Menggabung Puasa Sunnah dengan Puasa Sunnah Lainnya 

Posting Komentar untuk "Hukum Menggabung Niat Antara Puasa Hari Senin Atau Kamis Dengan Puasa Qadla'"