Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Allah Senang Kepada Hamba Yang Selalu Berdo’a

Allah Senang Kepada Hamba Yang Selalu Berdo’a

Jika manusia kadang merasa keberatan jika selalu diminta, tetapi Allah SWT amat senang jika hambanya selalu memohon kepada-Nya, justru Allah akan murka jika hambanya tidak pernah berdo’a karena hamba tersebut dianggap tidak membutuhkan Allah dan merasa sombong dalam hidupnya. Dengan demikian, Allah senang kepada hamba yang selalu berdo’a.

Dan do’a itu termasuk Ibadah. Allah berfirman :

"Berdoalah kepada-Ku niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina."

Dari Abu Hurairah r.a, Nabi SAW bersabda:

Tidak ada seorang muslim yang berdoa melainkan akan dikabulkan. Adakalanya disegerakan di dunia, ada kalanya disimpan untuknya di akhirat, dan adakalanya digunakan untuk menghapus dosa-dosanya sesuai kadar do’a yang ia ucapkan selama ia tidak berdo’a untuk perbuatan dosa atau memutuskan tali persaudaraan.

Nanti pada hari Kiamat Allah memperlihatkan setiap do’a yang dipanjatkan oleh setiap orang sewaktu di dunia yang tidak dikabulkan (di dunia).

7 Hal yang menyebabkan do’a ditangguhkan:

1. Melakukan perbuatan yang menyebabkan Allah murka dan tidak segera bertobat serta menyesalinya.
2. Mengakui sebagai hamba Allah tapi tidak melakukan apa yang diperintahkan Allah dan tidak menjauhi larangan-Nya.
3. Membaca Al-Qur’an tetapi tidak merenungkan dan memikirkan apa yang terkandung di dalamnya.
4. Mengakui sebagai umat Rasulullah tetapi tidak mengikuti sunnahnya dan masih memakan makanan haram dan syubhat.
5. Mengatakan bahwa dunia itu di sisi Allah hanyalah sebelah sayap nyamuk (atau tidak berharga), akan tetapi merasa puas dan tenang jika memilikinya.
6. Mengatakan dunia ini akan sirna tetapi melakukan amalan selayaknya orang yang akan kekal hidup di dunia.
7. Mengetahui bahwa akhirat itu lebih baik dari pada Dunia, tetapi tidak bersungguh-sungguh dalam mengumpulkan bekal akhirat. Lebih memilih mencari bekal dunia.

Semoga kita termasuk golongan orang-orang yang selalu berdo’a karena Allah senang kepada hamba yang selalu berdo’a. Dan semoga bermanfaat.

Baca Juga: Hadits Tentang Sifat Malu

Posting Komentar untuk "Allah Senang Kepada Hamba Yang Selalu Berdo’a"