Posisi Imam Setelah Shalat Shubuh, Beramal dengan Hadits Daif dan Hukum Wanita Keluar Malam
ج :
يُسَنُّ حَالُ اْلإِمَامِ اِسْتِقْبَالُ الْمَأْمُوْمِيْنَ بِوَجْهِه فِيْ الدُّعَاءِ
وَلِكُلٍّ جُلُوْسٌ ذَاكِرًا ِللهِ
تَعَالى بَعْدَ الصَّلاَةِ الصُّبْحِ
إِلى طُلُوْعِ الشَّمْسِ )إِرْشَادُ
اْلعِبَادِ ص ٢٠(
Soal : Apakah yang dilakukan Imam setelah salam dari
shalat ?
Jawab : Imam disunnahkan menghadap kepada ma'mum dan
masing-masing duduk berdzikir kepada Allah SWT, setelah shalat shubuh sampai
matahari terbit (IRSYADUL IBAD Halaman 20)
س : كَيْفَ
حُكْمُ مَنْ يَّعْمَلُ بِحَدِيْثٍ ضَعِيْفٍ فِيْ فَضَائِلِ اْلأَعْمَالِ؟
ج :
يَجُوْزُ وَيُسْتَحَبُّ الْعَمَلُ
فيِ الْفَضَائِلِ
وَالتَّرْغِيْبِ
وَالتَّرْهِيْبِ بِالْحَدِيْثِ
الضَّعِيْفِ مَالَمْ يَكُنْ
مَوْضُوْعًا اَيْ شَدِيْدَ الضُّعْفِ )أذكَار النّواوي ص ٧(
Soal : Bagaimana hukumnya memakai Hadits Dla’if
dalam keutamaan beramal?
Jawab : Boleh, dan
disunnahkan memakai Hadits Dla’if dalam masalah fadha’il (keutamaan), Targhib
dan Tarhib, asal bukan Hadits Maudlu’ (sangat dla’if). (ADZKAARUNNAWAWIY Halaman
7)
س : مَا مَعْنَى الِ
ادَمَ وَالِ جِبْرِيْلَ ؟
ج : مَعْنَى الٍ
عَلى ثَلاَ ثــَةِ مَعَانٍ :
الأَوَّلُ بِمَعْنَى اَهْلٍ
اَيْ زَوْجَةٍ وَاَوْلاَدٍ وَّذُرِّ يَّاتٍ
الــثَّانِيْ بِمَعْنَى نَفْسٍ
- كَمَ قَالَ تَعَالى : إِنَّ اللهَ
إِصْطَفى ادَمَ وَنُوْحًا وَّالَ إِبْرَاهِيْمَ
وَالَ عِمْرَانَ عَلَى
الْعَالَمِيْنَ )ال عمران ٣٣( اُنْظُرْ
فِيْ تَفْسِيْرِ الْجَلاَلَيْنِ
الثَّالِثُ بِمَعْنَى اَعْوَانٍ
اَوْ اَجْنَادٍ أَوْ عَسْكَرٍ
كَمَا قَالَ تَعَالى : وَإِذ ْ
نَجَّيْنَاكُمْ مِنْ الِ فِرْعَوْنَ
... الخ )البقرة ٨( أُنْظُرْ فيِ
تَفْسِيْرِ صَاوِيْ الْجُزْءُ اْلأَوَّلِ ص ٢٧
Soal : Apakah makna Ali Adam dan Ali Jibril ?
Jawab : Makna Ali terbagi atas 3 makna :
1. makna Keluarga, yakni isteri, anak, dan keturunan
2. makna Jiwa, seperti firman Allah SWT dalam surat Ali
Imran ayat 33:
إِنَّ اللهَ إِصْطَفى
ادَمَ وَنُوْحًا وَّالَ إِبْرَاهِيْمَ
وَالَ عِمْرَانَ عَلَى
الْعَالَمِيْنَ
3. makna teman (bala tentara) seperti firman Allah dalam
surat Al-Baqarah ayat 8:
وَإِذ ْ نَجَّيْنَاكُمْ مِنْ الِ
فِرْعَوْنَ ... الخ
س : هَلِ الْقُعُوْدُ
بَعْدَ الصَّلاَةِ الصُّبْحِ اِلى
طُلُوْعِ الشَّمْسِ فَضِيْلَةٌ ؟
ج : نَعَمْ ,
فِيْهِ فَضِيْلَةٌ – كَمَا فِيْ اِرْشَادِ
الْعِبَادِ ص ٢٠
قَالَ رَسُوْلُ اللهِ
صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : مَنْ صَلَّى الْفَجْرَ
فِيْ جَمَاعَةٍ ثــُمَّ
قَعَدَ يَذ ْكُرُ اللهَ
تَعَالى حَتَّى تَطْلُعَ
الشَّمْسُ ثــُمَّ صَلّى
رَكْعَتَيْنِ كَانَتْ لَه
كَأَجْرِ حَجَّةٍ وَعُمْرَةٍ
تَامَّةٍ تَامَّةٍ تَامَّةٍ
)رواه التـرمذي وحسّنه(
Soal : Apakah duduk setelah shalat shubuh sampai
matahari terbit itu ada fadlilahnya?
Jawab : Ya, ada fadlilahnya, seperti diterangkan
dalam kitab IRSYADUL IBAD halaman 20, Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa
shalat shubuh dengan berjama’ah, kemudian duduk berdzikir sampai matahari
terbit, kemudian shalat dua raka’at, maka baginya seperti pahala ibadah haji
dan umroh yang sempurna". (HR. TURMUDZI dan Imam TURMUDZI menghasankan haditsnya)
س : هَلْ
يَجُوْزُ خُرُوْجُ النِّسَاءِ لَيْلاً
إِلى الْمَسْجِدِ لِلصَّلاَةِ ؟
ج : نَعَمْ ,
يَجُوْزُ خُرُوْجُهَا كَمَا قَالَ إِبْنُ عُمَرَ , قَالَ رَسُوْلُ
اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : لاَ تَمْنَعُوْا النِّسَاءَ مِنَ
الْخُرُوْجِ اِلَى الْمَسْجِدِ بِاللَّيْلِ
)صَحِيْحُ الْمُسْلِمِ اَلْجُزْءُ اْلأَوَّلُ ص ١٨٧(
Soal : Apakah
boleh Wanita keluar malam pergi ke masjid untuk shalat?
Jawab : Ya Boleh,
sebagaimana Ibnu Umar berkata; Rasulullah SAW bersabda: “Janganlah kamu cegah
wanita untuk keluar untuk pergi ke masjid pada malam hari”
Baca Juga: Hukum Mengangkat Tangan Ketika Berdoa dan Tangan Telungkup
Baca Juga: Hukum Mengangkat Tangan Ketika Berdoa dan Tangan Telungkup
Posting Komentar untuk "Posisi Imam Setelah Shalat Shubuh, Beramal dengan Hadits Daif dan Hukum Wanita Keluar Malam"