Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beberapa Keutamaan Shalat Lima Waktu Bagi Umat Islam

Di antara sebagian orang yang mengaku muslim yang belum sadar dengan shalat. Padahal shalat lima waktu memiliki keutamaan yang begitu besar.

- Shalat merupakan tiang (penopang) agama

Dari Mu’adz bin Jabal, Nabi SAW bersabda,

رَأْسُ الأَمْرِ الإِسْلاَمُ وَعَمُودُهُ الصَّلاَةُ

Inti (pokok) segala perkara adalah Islam dan tiangnya (penopangnya) adalah shalat.” (HR. Tirmidzi no. 2616 dan Ibnu Majah no. 3973)

Karena menjadi tiang agama, maka shalat itu yang menjadikan bangunan islam dalam diri seseorang akan tegak. Akan tetapi sebaliknya jika shalat lima waktu tidak dia kerjakan maka robohlah bangunan agamanya.

- Shalat adalah sebaik-baik amalan setelah dua kalimat syahadat.

Dari ‘Abdullah bin Mas’ud, ia berkata, “Aku pernah bertanya pada Rasulullah SAW, amalan apakah yang paling afdhal (utama)?” Jawab beliau, “Shalat pada waktunya.” Lalu aku bertanya lagi, “Terus apa?” “Berbakti pada orang tua“, jawab Nabi Muhammad SAW. “Lalu apa lagi”, aku bertanya kembali. “Jihad di jalan Allah“, jawab beliau. (HR. Bukhari no. 7534 dan Muslim no. 85)

- Shalat lima waktu merupakan pencuci dosa

Tahukah kalian, seandainya ada sebuah sungai di dekat pintu salah seorang di antara kalian, lalu ia mandi dari air sungai itu setiap hari lima kali, apakah akan tersisa kotorannya walau sedikit?” Para sahabat menjawab, “Tidak akan tersisa sedikit pun kotorannya.” Beliau berkata, “Maka begitulah perumpamaan shalat lima waktu, dengannya Allah menghapuskan dosa.” (HR. Bukhari no. 528 dan Muslim no. 667)

- Shalat lima waktu adalah menghapuskan dosa

Di antara shalat yang lima waktu, di antara Jumat yang satu dan Jumat lainnya, di antara Ramadlan yang satu dan Ramadlan lainnya, itu akan menghapuskan dosa di antara keduanya selama seseorang menjauhi dosa-dosa besar.” (HR. Muslim no. 233)

- Shalat adalah cahaya di dunia dan akhirat

Barang siapa yang menjaga shalat lima waktu, baginya cahaya, bukti dan keselamatan pada hari kiamat. Siapa yang tidak menjaganya, maka ia tidak mendapatkan cahaya, bukti, dan juga tidak mendapat keselamatan. Pada hari kiamat, ia akan bersama Qarun, Fir’aun, Haman, dan Ubay bin Khalaf.” (HR. Ahmad 2: 169)

- KENIKMATAN SHALAT TAK TERGANTIKAN DENGAN NI’MAT APAPUN DAN INILAH BUKTI PENGHAMBAAN KITA KEPADA ALLAH

Kenikmatan shalat adalah puncak dari kekuatan dan kebersihan tauhid kepada Allah SWT. Kalau sudah nikmat shalat lima waktu, maka semua ibadah jadi nikmat.

- Yang membedakan antara orang beriman dengan tidak beriman adalah meninggalkan shalat.

- Jangan pernah melewatkan shalat. Karena ada jutaan manusia di alam kubur yang ingin dihidupkan kembali hanya untuk bersujud kepada Allah sekali lagi.

- Tidak ada islam bagi orang yang tidak melaksanakan shalat

- Shalat bukanlah untuk Allah, tapi untuk dirimu sendiri. Allah tidak membutuhkan kita, tapi kitalah yang membutuhkan Allah.

- Shalat itu menjadi bukti bahwa seorang hamba yang sangat membutuhkan A, sangat memperhatikan dan sangat mementingkan Allah di atas segala-galanya, maka iapun menjadi perhatian Allah,

Selagi kita diberi kesempatan hidup dan mendapatkan hidayah dengan diberikannya islam pada diri kita, marilah kita gunakan kesempatan untuk melakukan kewajiban shalat lima waktu sebagai bagai bagian dari rukun (pokok) agama Islam.

Baca Juga: Kisah Orang Miskin Yang Berpuasa dan Orang Yahudi Bersedekah di Hari Asyuro

Posting Komentar untuk "Beberapa Keutamaan Shalat Lima Waktu Bagi Umat Islam"