Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Sikap Duduk Baginda Nabi Muhammad SAW

Berikut merupakan berbagai penjelasan cara sikap duduk Baginda Rasulullah Muhammad SAW:

أنها رأت رسول الله صلى الله عليه وسلم في المسجد وهو قاعد القرفصاء قالت: «فلما رأيت رسول الله صلى الله عليه وسلم المتخشع في الجلسة أرعدت من الفرق».

"Ia (Qabilah) melihat Rasulullah SAW di masjid sedang duduk *qurfasha." Qabilah berkata: "Manakala aku melihat Rasulullah SAW sedang duduk dengan khusyu', maka akupun dibawa oleh perasaan takjub karena wibawanya.". (Diriwayatkan oleh'Abd bin Humaid, dari `Affan bin Muslim, dari `Abdullah bin Hasan, dari kedua orang anaknya, yang bersumber dari Qabilah binti Makhramah)

* Duduk Qurfasha yakni duduk bertumpu pada pinggul, kedua paha merapat ke perut dan tangan memegang betis.

عن عمه، «أنه رأى النبي صلى الله عليه وسلم مستلقيا في المسجد واضعا إحدى رجليه على الأخرى».

"Sesungguhnya ia melihat Rasulullah SAW berbaring telentang di masjid, dan salah satu kakinya ditumpangkan pada kaki lainnya.". (Diriwayatkan oleh Sa'id bin `Abdurrahman al Makhzumi dan lainnya, mereka menerima dari Sufyan, dari Zuhri, dari `Abbad bin Tamim yang bersumber dari pamannya*)

* Ia adalah `Abdullah bin Zaid bin `Ashim bin Muhammad, seorang sahabat nabi dan dikatakan bahwa ia yang membunuh Musailamah al Kadzdzab (Nabi palsu).

عن جده أبي سعيد الخدري قال: «كان رسول الله صلى الله عليه وسلم إذا جلس في المسجد احتبى بيديه».

"Apabila Rasulullah SAW duduk di masjid, maka ia duduk secara *ihtiba dengan kedua tangannya.". (Diriwayatkan oleh Salamah bin Syabib, dari `Abdullah bin Ibrahim al Madini, dari Ishaq bin Muhammad al Anshari, dari Rabih bin `Abdurrahman bin Abi Sa'id, dari bapaknya yang bersumber dari kakeknya Abi Sa'id al Khudri r.a).

* Ihtaba adalah duduk Qurfasha sambil bersandar.

Demikianlah sedikit penjelasan cara duduk Rasulullah SAW, Mungkin ada tambahan dari para sahabat pembaca silakan berkomentar.

Semoga menjadi inspirasi dan bermanfat bagi kita untuk meniru berbagai sikap rasulullah sebagai manusia teladan umat dan sebagai kekasih Allah SWT.

Posting Komentar untuk "Cara Sikap Duduk Baginda Nabi Muhammad SAW"