Dalil Mengusap Nisan Kuburan dan Menciumnya Ketika Ziarah Kubur

Salah satu perkara yang tidak luput dari vonis bidโ€™ah, syirik, khurafat adalah mencium nisan kubur ketika berziarah kubur. Perlu kita ketahui bahwa amal tersebut sesungguhnya telah banyak dilakukan dan dicontohkan oleh ulama-ulama salaf hingga saat ini.

Berikut ini saya kutipkan sebagian kecil dari  beberapa kisah-kisah ulama salaf yang mengamalkan hal tersebut

PERTAMA, Sahabat Bilal Ra Mencium Kubur Nabi Muhammad SAW

Ibn โ€˜Asakir meriwayatkan dari Bilal RA dengan sanad jayid bahwasanya setelah Bilal menginjak tanah Syam; daerah Daroya, dia melihat Nabi Muhammad SAW dalam mimpinya dan bertanya โ€Sombong sekali kamu, ya bilal. Seharusnya engkau berziarah dulu ke tempatku, maka hati-hatilah engkau, hidupmu akan resah dan gelisahโ€. Lalu, dia menaiki kudanya menuju Madinah, setelah sampai dia, pergi ke kuburan Nabi Muhammad SAW dalam keadaan menangis; mencium kuburan Rasullah. Lalu  Sayyidina Hasan dan Husein datang menyambutnya dengan pelukan dan ciuman rindu. โ€œKami sangat rindu mendengar azanmu, yang mana sewaktu Nabi Muhammad SAW hidup, engkau selalu azan di atas masjid ituโ€. seru Hasan dan Husein. Lalu, dia pergi ke tempat tersebut, dan  mengumandangkan azan. Setelah dia membaca โ€Allaahu akbarโ€ penduduk Madinah terheran-heran. Setelah dia berkata โ€Asyhadu allaa ilaaha illa llaah โ€ keheranan masyarakat semakin bertambah. Setelah dia mengucapkan โ€œasyhadu anna Muhammadarrasuulul laahโ€. Para penduduk keluar dari rumah masing-masing. Dengan perasaan riang, tak terasa air mata satu parsatu menetes. Sehingga ada yang berkata โ€Setelah Rasulullah meninggal, saya tidak pernah melihat tangisan  masyarakat sebanyak hari ini".

Kisah sahabat Bilal ini diriwayatkanโ€”di antaranyaโ€”oleh Imam as-Samanhudi dalam Wafaโ€™ul Wafaโ€™ (4/1405) dan Ibnu โ€˜Asakir dalam Tarikh Dimasyq/Sejarah Damaskus (7/137).

KEDUA, Sahabat Abu Ayyub al-Anshari radhiyallahu โ€˜anhu :

 ุนูŽู†ู’ ุฏูŽุงูˆูุฏูŽ ุจู’ู†ู ุฃูŽุจููŠู’ ุตูŽุงู„ูุญู ู‚ูŽุงู„ูŽ: ุฃูŽู‚ู’ุจูŽู„ูŽ ู…ูŽุฑู’ูˆูŽุงู†ู ูŠูŽูˆู’ู…ู‹ุง ููŽูˆูŽุฌูŽุฏูŽ ุฑูŽุฌูู„ุงู‹ ูˆูŽุงุถูุนู‹ุง ูˆูŽุฌู’ู‡ูŽู‡ู ุนูŽู„ู‰ูŽ ุงู„ู’ู‚ูŽุจู’ุฑู ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุฃูŽุชูŽุฏู’ุฑููŠู’ ู…ูŽุง ุชูŽุตู’ู†ูŽุนู ููŽุฃูŽู‚ู’ุจูŽู„ูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ููŽุฅูุฐู‹ุง ู‡ููˆูŽ ุฃูŽุจููˆู’ ุฃูŽูŠู‘ููˆู’ุจูŽ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ู†ูŽุนูŽู…ู’ ุฌูุฆู’ุชู ุฑูŽุณููˆู’ู„ูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูˆูŽู„ูŽู…ู’ ุขูŽุชู ุงู„ู’ุญูŽุฌูŽุฑูŽ ุณูŽู…ูุนู’ุชู ุฑูŽุณููˆู’ู„ูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูŠูŽู‚ููˆู’ู„ู ู„ุงูŽ ุชูŽุจู’ูƒููˆู’ุง ุนูŽู„ู‰ูŽ ุงู„ุฏูู‘ูŠู’ู†ู ุฅูุฐูŽุง ูˆูŽู„ููŠูŽู‡ู ุฃูŽู‡ู’ู„ูู‡ู ูˆูŽู„ูŽูƒูู†ู’ ุงูุจู’ูƒููˆู’ุง ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ุฅูุฐูŽุง ูˆูŽู„ููŠูŽู‡ู ุบูŽูŠู’ุฑู ุฃูŽู‡ู’ู„ูู‡ู. (ูŽุฑูˆูŽุงู‡ู ุฃูŽุญู’ู…ูŽุฏู ูˆูŽุงู„ุทู‘ูŽุจูŽุฑูŽุงู†ููŠู‘ู ูˆูŽุงุจู’ู†ู ุฃูŽุจููŠู’ ุฎูŽูŠู’ุซูŽู…ูŽุฉูŽ ูˆูŽุตูŽุญู‘ูŽุญูŽู‡ู ุงู„ู’ุญูŽุงูƒูู…ู ูˆูŽุงู„ุฐู‘ูŽู‡ูŽุจููŠู‘ู ูˆุงู„ุณู‘ููŠููˆู’ุทููŠู‘ู).

โ€œDawud bin Abi Shalih berkata:
โ€œPada suatu hari Marwan datang, lalu menemukan seorang laki-laki menaruh wajahnya di atas makam Nabi shallallahu โ€˜alaihi wasallam. Marwan berkata: โ€œTahukan kamu, apa yang kamu perbuat?โ€ Lalu laki-laki tersebut menghadapnya, ternyata ia sahabat Abu Ayyub. Lalu ia menjawab: โ€œYa, aku mendatangi Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wasallam, bukan mendatangi batu. Aku mendengar Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wasallam bersabda: โ€œJangan tangisi agama apabila diurus oleh ahlinya. Akan tetapi tangisilah agama apabila diurus oleh bukan ahlinya.โ€

Dalam hadits di atas, sahabat Abu Ayyub al-Anshari radhiyallahu โ€˜anhu bertabaruk dengan mencium makam Nabi shallallahu โ€˜alaihi wasallam.

KETIGA, Sahabat Abdullah bin Umar radhiyallahu โ€˜anhuma meletakkan tangan kanannya ke makam Nabi SAW setiap datang dari perjalanan.

 ุนูŽู†ู’ ู†ูŽุงููุนูุŒ ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุงุจู’ู†ูŽ ุนูู…ูŽุฑูŽ ุŒ ูƒูŽุงู†ูŽ ุฅูุฐูŽุง ู‚ูŽุฏูู…ูŽ ู…ูู†ู’ ุณูŽููŽุฑู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุณูŽุฌู’ุฏูŽุชูŽูŠู’ู†ู ูููŠ ุงู„ู’ู…ูŽุณู’ุฌูุฏูุŒ ุซูู…ู‘ูŽ ูŠูŽุฃู’ุชููŠ ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ูŽ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ููŽูŠูŽุถูŽุนู ูŠูŽุฏูŽู‡ู ุงู„ู’ูŠูŽู…ููŠู†ูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ู‚ูŽุจู’ุฑู ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ู ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูˆูŽูŠูŽุณู’ุชูŽุฏู’ุจูุฑู ุงู„ู’ู‚ูุจู’ู„ูŽุฉูŽ ุซูู…ู‘ูŽ ูŠูุณูŽู„ู‘ูู…ู ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ู ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุซูู…ู‘ูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุฃูŽุจููŠ ุจูŽูƒู’ุฑู ูˆูŽุนูู…ูŽุฑูŽ. (ุฑูŽูˆูŽุงู‡ู ุงู„ู’ู‚ูŽุงุถููŠู’ ูููŠู’ ููŽุถู’ู„ู ุงู„ุตู‘ูŽู„ุงูŽุฉู ุนูŽู„ู‰ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠูู‘ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุจูุฅูุณู’ู†ูŽุงุฏู ุญูŽุณูŽู†ู).

โ€œDari Nafiโ€™, bahwa apabila Ibnu Umar datang dari suatu perjalanan, ia menunaikan shalat dua rakaโ€™at di Masjid, lalu mendatangi Nabi shallallahu โ€˜alaihi wasallam, lalu meletakkan tangan kanannya ke makam Nabi shallallahu โ€˜alaihi wasallam dan membelakangi kiblat, kemudian mengucapkan salam kepada Nabi shallallahu โ€˜alaihi wasallam, kemudian kepada Abu Bakar dan Umar radhiyallahu โ€˜anhumaโ€. (Al-Qadli Ismail al-Baghdadi, Fadhl al-Shalat โ€˜ala al-Nabi shallallahu โ€˜alaihi wasallam, hal. 84.)

KEEMPAT, Al-Husain bin Abdullah bin Abdullah bin al-Husain, tokoh ahlul-bait dari generasi Salaf. Al-Hafidh al-Sakhawi al-Syafiโ€™i meriwayatkan:

 ู‚ูŽุงู„ูŽ ูŠูŽุญู’ูŠูŽู‰ ุจู’ู†ู ุงู„ู’ุญูŽุณูŽู†ู ุจู’ู†ู ุฌูŽุนู’ููŽุฑู ูููŠู’ ูƒูุชูŽุงุจูู‡ู ุฃูŽุฎู’ุจูŽุงุฑู ุงู„ู’ู…ูŽุฏููŠู’ู†ูŽุฉู ูˆูŽู„ูŽู…ู’ ุฃูŽุฑูŽ ูููŠู’ู†ูŽุง ุฑูŽุฌูู„ุงู‹ ุฃูŽูู’ุถูŽู„ูŽ ู…ูู†ู’ู‡ูุŒ ูƒูŽุงู†ูŽ ุฅูุฐูŽุง ุงุดู’ุชูŽูƒูŽู‰ ุดูŽูŠู’ุฆุงู‹ ู…ูู†ู’ ุฌูŽุณูŽุฏูู‡ู: ูƒูŽุดูŽููŽ ุงู„ู’ุญูŽุตูŽู‰ ุนูŽู†ู ุงู„ู’ุญูŽุฌูŽุฑู ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู’ ูƒูŽุงู†ูŽ ุจูุจูŽูŠู’ุชู ููŽุงุทูู…ูŽุฉูŽ ุงู„ุฒู‘ูŽู‡ู’ุฑูŽุงุกู ูŠูู„ุงูŽุตูู‚ู ุฌูุฏูŽุงุฑูŽ ุงู„ู’ู‚ูŽุจู’ุฑู ุงู„ุดู‘ูŽุฑููŠู’ููุŒ ููŽูŠูŽู…ู’ุณูŽุญู ุจูู‡ู.

โ€œYahya bin al-Hasan bin Jaโ€™far berkata dalam kitabnya Akhbar al-Madinah: โ€œAku belum pernah melihat orang yang lebih utama dari al-Husain bin Abdullah di antara kami ahlul-bait. Kebiasaannya, apabila ia merasakan sakit pada sebagian tubuhnya, ia membuka kerikil dari batu yang di rumah Fathimah al-Zahra yang menempel ke makam Nabi shallallahu โ€˜alaihi wasallam yang mulia. Lalu ia mengusapkannya.โ€ (Al-Hafizh al-Sakhawi, al-Tuhfah al-Lathifah fi Tarikh al-Madinah al-Syarifah (1/292).

KELIMA, Al-Imam Ahmad bin Hanbal, pendiri madzhab Hanbali yang diakui oleh Salafi-Wahabi sebagai madzhab mereka dan madzhab Ibnu Taimiyah, telah berfatwa bolehnya bertabarruk dengan cara menyentuh dan mencium mimbar atau makam Nabi shallallahu โ€˜alaihi wasallam dengan tujuan taqarub kepada Allah. Abdullah, putra al-Imam Ahmad bin Hanbal meriwayatkan:

 ุณูŽุฃูŽู„ู’ุชูู‡ู ุนูŽู†ู ุงู„ุฑู‘ูŽุฌูู„ู ูŠูŽู…ูŽุณู‘ู ู…ูู†ู’ุจูŽุฑูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ูŽ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูˆูŽูŠูŽุชูŽุจูŽุฑู‘ูŽูƒู ุจูู…ูŽุณูู‘ู‡ู ูˆูŽูŠูู‚ูŽุจูู‘ู„ูู‡ู ูˆูŽูŠูŽูู’ุนูŽู„ู ุจูุงู„ู’ู‚ูŽุจู’ุฑู ู…ูุซู’ู„ูŽ ุฐูŽู„ููƒูŽ ุฃูŽูˆู’ ู†ูŽุญู’ูˆูŽ ู‡ูŽุฐูŽุง ูŠูุฑููŠู’ุฏู ุจูุฐูŽู„ููƒูŽ ุงู„ุชู‘ูŽู‚ูŽุฑู‘ูุจูŽ ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุฌูŽู„ู‘ูŽ ูˆูŽุนูŽุฒู‘ูŽ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ู„ูŽุง ุจูŽุฃู’ุณูŽ ุจูุฐูŽู„ููƒูŽ

โ€œAku bertanya kepada ayahku tentang laki-laki yang menyentuh mimbar Nabi shallallahu โ€˜alaihi wasallam, ia bertabaruk dengan menyentuhnya dan menciumnya, dan ia melakukan hal yang sama ke makam Nabi shallallahu โ€˜alaihi wasallam atau yang sesamanya, ia bertujuan mendekatkan diri kepada Allah dengan hal tersebut. Beliau menjawab: โ€œTidak apa-apaโ€.
(Abdullah bin al-Imam Ahmad, al-โ€˜Ilal wa Maโ€™rifah al-Rijal (2/492).

Dalam kitab โ€œAl-'ilal wa Ma'rifatir-Rijalโ€ 2/429: nomer 3243; cet. maktab al islami:

 ุณุฃู„ุชู‡ ุนู† ุงู„ุฑุฌู„ ูŠู…ุณ ู…ู†ุจุฑ ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูˆูŠุชุจุฑูƒ ุจู…ุณู‡ ูˆูŠู‚ุจู„ู‡ ูˆูŠูุนู„ ุจุงู„ู‚ุจุฑ ู…ุซู„ ุฐู„ูƒ ุฃูˆ ู†ุญูˆ ู‡ุฐุง ูŠุฑูŠุฏ ุจุฐู„ูƒ ุงู„ุชู‚ุฑุจ ุฅู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนุฒ ูˆุฌู„ ูู‚ุงู„ ู„ุง ุจุฃุณ ุจุฐู„ูƒ

โ€œSaya bertanya kepadanya (Ahmad bin Hanbal) tentang orang yang menyentuh podium Nabi SAW, dan mencari berkah dengan menyentuh dan menciumnya, dan melakukan hal yang sama ke kuburan beliau, atau hal seperti itu, dgn tujuan mendekatkan diri dan mencari berkah dari Allah, ia (Ahmad) mengatakan: โ€œTidak apa-apa dengan hal ituโ€.

Ad Dzahabi membenarkan pendapat Imam Ahmad.

AL-IMAM ABU โ€˜ALI AL-HASYIMI AL-HANBALI

Al-Imam Al-Qadhi Asy-Syarif Abu โ€˜Ali Al-Hasyimi Al-Hanbali (wafat 428 H). Beliau adalah salah seorang Perawi โ€˜Aqidah Imam Ahmad bin Hanbal. Beliau adalah Pengarang Kitab Al-Fawaโ€™id Al-Muntaqat.

Berikut Riwayat yang terjadi didalam:
Kitab: THABAQAT AL-HANABILAH. Karya: AL-QADHI IBNU ABI YAโ€™LA AL-FARAโ€™ AL-HANBALI.Tahqiq: ABDURRAHMAN BIN SULAIMAN AL-UTSAIMIN.Halaman: 341:

โ€œAku mendengar Rizqullah  (Abu Muhammad At-Tamimi, wafat 488 H) Berkata:

โ€œAku pernah Menziarahi Kubur Imam Ahmad untuk Menemani  Al-Qadhi Asy-Syarif Abu โ€˜Ali Al-Hasyimi.  AKU MELIHAT BELIAU MENCIUM KAKI KUBUR IMAM AHMAD, Maka aku katakan padanya:  โ€œApakah ada Atsar tentang ini (mencium kubur)..???โ€,

Maka Beliau berkata padaku:

โ€œImam Ahmad adalah seseorang yang Agung Bagiku,  Dan Aku Tidak Pernah Berpikir bahwa Allah Taโ€™ala akan Menyiksaku karena Perbuatanku iniโ€ฆ!!!โ€, atau perkataan Semacamnya.โ€

Beliau (Rizqullah) juga pernah berkata:

โ€œAku Menghadapnya (Asy-Syarif Abu Ali al-Hasyimi) ketika Beliau sedang Sakit menuju ke Wafatannya,  Maka Beliau berkata padaku:  โ€œDengarkanlah iโ€™tiqad dariku . . . โ€.

IMAM ATH-THABARI: MENCIUM MUSHAF DAN MAKAM

 ูˆู„ู‚ุฏ ุฃุญุณู† ู…ุฌู†ูˆู† ู„ูŠู„ู‰ ุญูŠุซ ูŠู‚ูˆู„:

 ุฃู…ุฑ ุนู„ู‰ ุงู„ุฏูŠุงุฑ ุฏูŠุงุฑ ู„ูŠู„ู‰ โ€ฆ ุฃู‚ุจู„ ุฐุง ุงู„ุฌุฏุงุฑ ูˆุฐุง ุงู„ุฌุฏุงุฑ

 ูˆู…ุง ุญุจ ุงู„ุฏุงุฑ ุดุบูู† ู‚ู„ุจูŠ โ€ฆ ูˆู„ูƒู† ุญุจ ู…ู† ุณูƒู† ุงู„ุฏูŠุงุฑุง

โ† ูˆู‚ุงู„ ุงู„ู…ุญุจ ุงู„ุทุจุฑูŠ: ูˆูŠู…ูƒู† ุฃู† ูŠุณุชู†ุจุท ู…ู† ุชู‚ุจูŠู„ ุงู„ุญุฌุฑ ูˆุงุณุชู„ุงู… ุงู„ุฃุฑูƒุงู† ุฌูˆุงุฒ ุชู‚ุจูŠู„ ู…ุง ููŠ ุชู‚ุจูŠู„ู‡ ุชุนุธูŠู… ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ุŒ ูุฅู†ู‡ ุฅู† ู„ู… ูŠุฑุฏ ููŠู‡ ุฎุจุฑ ุจุงู„ู†ุฏุจ ู„ู… ูŠุฑุฏ ุจุงู„ูƒุฑุงู‡ุฉ. ู‚ุงู„: ูˆู‚ุฏ ุฑุฃูŠุช ููŠ ุจุนุถ ุชุนุงู„ูŠู‚ ุฌุฏูŠ ู…ุญู…ุฏ ุจู† ุฃุจูŠ ุจูƒุฑุŒ ุนู† ุงู„ุฅู…ุงู… ุฃุจูŠ ุนุจุฏ ุงู„ู„ู‡ ู…ุญู…ุฏ ุจู† ุฃุจูŠ ุงู„ุตูŠู: ุฃู† ุจุนุถู‡ู… ูƒุงู† ุฅุฐุง ุฑุฃู‰ ุงู„ู…ุตุงุญู ู‚ุจู„ู‡ุงุŒ
 ูˆุฅุฐุง ุฑุฃู‰ ุฃุฌุฒุงุก ุงู„ุญุฏูŠุซ ู‚ุจู„ู‡ุงุŒ
 ูˆุฅุฐุง ุฑุฃู‰ ู‚ุจูˆุฑ ุงู„ุตุงู„ุญูŠู† ู‚ุจู„ู‡ุงุŒ
 ู‚ุงู„: ูˆู„ุง ูŠุจุนุฏ ู‡ุฐุงุŒ ูˆุงู„ู„ู‡ ุฃุนู„ู… ููŠ ูƒู„ ู…ุง ููŠู‡ ุชุนุธูŠู… ู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰.

โ€“ Muhammad Al-Badr Al-โ€˜Ayni dalam Kitabnya:
โ€˜Umdah Al-Qari (9/241), Menukil dari Al-Muhibb Ath-Thabari bahwa Beliau Mengatakan:

โ€œDan bisa diambil Dalil dari Disyariโ€™atkan Mencium Hajar Aswad dan Melambaikan tangan terhadap sudut-sudut Kaโ€™bah, Kebolehan Mencium setiap sesuatu yang jika dicium maka itu mengandung pengagungan kepada Allah Swt, karena Meskipun Tidak ada Dalil yang Menjadikannya Sunnah,
Tetapi juga tidak ada yang Memakruhkan.

Al-Muhibb Ath-Thabari Melanjutkan:
Aku juga telah Melihat dalam sebagian Taโ€™aliiq Kakek-ku (Muhammad bin Abu Bakr), Dari Imam Abu Abdillah Muhammad ibn Abu Ash-Shaif bahwa:
Sebagian Ulama dan orang-orang Shalih ketika Melihat Mushaf Mereka Menciumnya, Dan ketika melihat Kitab-Kitab Hadits mereka menciumnya, Dan ketika melihat Kuburan orang-orang Shalih Mereka Menciumnya, Al-Muhibb Ath-Thabari Mengatakan:
Ini Bukan sesuatu yang Aneh dan Jauh dari Dalil (Wallahu Aโ€™lam) dalam segala sesuatu yang Mengandung Unsur Taโ€™dzim (Pengagungan) kepada Allah Swtโ€.

IMAM ABDUL GHANI AL-MAQDISI

Al-Imam Al-Hafidh Abdul Ghani bin Abdul Wahid Al-Maqdisi  Al-Hanbali (wafat 600 H),
Salah seorang Ulama Besar Hanabilah yang Muโ€™tamad (terpegangi) dalam Madzhab Hanbali yang juga Merupakan  Ahli Haditsnya Madzhab Hanbali.


 Beliau Bertabarruk Ke Makam Imam Ahmad bin Hanbal. Diterangkan didalam:

 Kitab: Al-Mausuโ€™ah Al-Yusufiyyah. Karya: Syaikh Yusuf Khaththar.Halaman: 168.

โ€œTelah Datang keterangan dalam Kitab Al-Hikayat Al-Mantsurah, Karya Al-Imam Al-Hujjah Dhiyaโ€™uddin Al-Maqdisi Rahimahullah Taโ€™ala (wafat 634 H), Beliau berkata:

โ€œAku pernah mendengar Asy-Syaikh Al-Imam Abu Muhammad Abdul Ghani bin Abdul Wahid Al-Maqdisi berkata:

โ€œDi tanganku telah Timbul Semacam (seperti) Bisul. Bisul itu sembuh, Tapi selalu Kambuh lagi. Penyakit ini ada padaku dalam Waktu yang Lama. Maka aku pergi ke Ashbihan dan Pergi ke Baghdad. Aku pergi ke Makam Imam Ahmad bin Hanbal Ra,  Dan aku Usapkan Tanganku ke Makamnya. Dan ternyata Bisul itu bisa Sembuh dan Tidak Kambuh Lagi.

Posting Komentar untuk "Dalil Mengusap Nisan Kuburan dan Menciumnya Ketika Ziarah Kubur"