Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan Keluar Rumah Pada Waktu Maghrib

Jangan Keluar Rumah Pada Waktu Maghrib

Saudaraku, daripada menakut-nakuti anak dengan genderuwo atau kalongwewe di saat maghrib, lebih baik jika menjelaskan pada mereka sunnah Rasulullah untuk menahan diri di dalam rumah sampai waktu Isya'.

Ada perbedaan mendasar dari menakut-nakuti anak, dengan menjelaskan anjuran Nabi pada anak, yang satu membuat anak makin mengenal jenis-jenis makhluk halus, yang satu lagi membuat anak makin mengenal Rasulullah. Yang manakah yang kita pilih?

"Jika malam datang menjelang, atau kalian berada di sore hari, maka tahanlah anak-anak kalian, karena sesungguhnya ketika itu setan sedang bertebaran. Jika telah berlalu sesaat dari waktu malam, maka lepaskan mereka. Tutuplah pintu dan berzikirlah kepada Allah, karena sesungguhnya setan tidak dapat membuka pintu yang tertutup. Tutup pula wadah minuman dan makanan kalian dan berdzikirlah kepada Allah, walaupun dengan sekedar meletakkan sesuatu di atasnya, matikanlah lampu-lampu kalian!" (HR. Bukhari, no. 3280, Muslim, no. 2012)

Imam Muslim, no. 2113 meriwayatkan dari Jabir radhiallahu anhu, dia berkata, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Jangan lepas hewan ternak kalian dan anak-anak kalian apabila matahari terbenam hingga berlalunya awal waktu Isya. Karena setan bertebaran jika matahari terbenam hingga berlalunya awal waktu Isya."

Dari hadits tersebut kita bisa mendapat kesimpulan untuk melakukan hal-hal berikut di saat maghrib:
1. Menahan anak-anak di dalam rumah
2. Menutup pintu
3. Banyak berdzikir
4. Menutup wadah minuman dan makanan, walaupun hanya meletakkan selembar tisu di atasnya
5. Tidak melepas hewan ternak

Al-Hafiz Ibnu Hajar rahimahullah berkata tentang hadits pertama, maknanya adalah terbenamnya matahari.

Perlu ditambahkan juga sebaiknya bagi para lelaki antara maghrib dan isya i'tikaf di mesjid atau membaca Al Qur'an dirumah. Jangan menonton acara TV yang kurang bermanfaat. Semoga kita semua bisa mengamalkan.

Habib Muhammad bin Husein bin Anis Al Habsyi

Posting Komentar untuk "Jangan Keluar Rumah Pada Waktu Maghrib"