Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keutamaan Sedekah atau Shadaqah dan Menjauhi Kikir

Keutamaan Suka Sedekah atau Shadaqah

Keutamaan orang yang selalu memberikan hartanya kepada orang lain selain akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda, juga akan mendapat kasih sayang dari semua orang karena selalu membantu meringankan beban orang lain, sehingga orang yang mendapatkan pemberiannya akan merasa senang kepada orang yang suka memberi.

Selain itu Nabi Bersabda bahwa: Tangan yang di atas adalah lebih baik dari tangan yang di bawah. Tangan yang di atas maksudnya adalah selalu memberi atau menafkahkan hartanya dengan diberikan kepada orang lain. Sedangkan yang dimaksud tangan yang di bawah yaitu orang yang selalu meminta-minta kepada orang lain dengan memohon belas kasih kepada orang lain.

Dan Rasulullah juga bersabda sebagaimana hadits di bawah ini:

ﻋَﻦْ ﺃَﺑِﻲْ ﻫُﺮَﻳْﺮَﺓْ ﺃﻥَ ﺭَﺳُﻮْﻝُ ﺍﻟﻠﻪ ﺻَﻠَﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَﻢْ ﻗَﺎﻝَ : ﻣَﺎ ﻣِﻦْ ﻳَﻮْﻡٍ ﻳُﺼْﺒِﺢُ ﺍﻟْﻌِﺒَﺎﺩُ ﻓِﻴْﻪِ ﺇٍﻟَّﺎﻣَﻠَﻜَﺎﻥِ ﻳَﻨْﺰِﺍَﻥِ ﻓَﻴَﻘُﻮْﻝُ ﺃَﺣَﺪُﻫُﻤَﺎ : ﺍَﻟَّﻠﻬُﻢَّ ﺃَﻋْﻂِ ﻣُﻨْﻔِﻘَﺎ ﺧَﻠَﻔًﺎﻭَﻳَﻘُﻮْﻝُ ﺍﻻﺧَﺮُ : ﺍَﻟَّﻠﻬُﻢَّ ﺃَﻋْﻂِ ﻣُﻤْﺴِﻜًﺎ ﺗَﻠَﻔًﺎ . ‏( ﺭﻭﺍﻩ ﺍﻟﺒﺨﺎﺭﻱ ‏)

Artinya : Hadits Abu Hurairah ra. Bahwasanya Nabi SAW bersabda: “Tidak ada hari dimana hamba-hamba Allah berada di waktu pagi melainkan ada dua malaikat yang turun, yang mana salah satu di antara keduanya berdo’a: “Ya Allah, berikanlah ganti kepada orang yang suka berinfaq”. Dan malaikat lain berdo’a: ”Ya Allah, binasakanlah orang yang kikir”.(HR.Bukhari)

Oleh karena itu, mari kita senantiasa berusaha menginfaqkan atau menafkahkan apa yang kita miliki untuk membantu orang lain atau membantu da'wah perjuangan Nabi muhammad SAW misalnya menyumbangkan harta kita ke masjid atau lembaga-lembaga sosial lainnya.

Baca Juga: Manfaat Dzikir Dengan Berjamaah, Malaikat Membuka Sayap-Sayapnya

Posting Komentar untuk "Keutamaan Sedekah atau Shadaqah dan Menjauhi Kikir"