Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tata Cara Untuk mendapatkan Barokah atau Berkah?

Apakah Yang Dimaksud Barokah atau Berkah?

Beberapa Pengertian Barokah

Menurut bahasa, berkah --berasal dari bahasa Arab: barokah (البركة), artinya nikmat (Kamus Al-Munawwir, 1997:78). Istilah lain berkah dalam bahasa Arab adalah mubarak dan tabaruk.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2008:179), berkah adalah “karunia Tuhan yang mendatangkan kebaikan bagi kehidupan manusia”.

Menurut istilah, berkah (barokah) artinya ziyadatul khair, yakni “bertambahnya kebaikan” (Imam Al-Ghazali, Ensiklopedia tashawwuf, hlm. 79).

Para ulama juga menjelaskan makna berkah sebagai segala sesuatu yang banyak dan melimpah, mencakup berkah-berkah material dan spiritual, seperti keamanan, ketenangan, kesehatan, harta, anak, dan usia.

Dalam Syarah Shahih Muslim karya Imam Nawawi disebutkan, berkah memiliki dua arti: (1) tumbuh, berkembang, atau bertambah; dan (2) kebaikan yang berkesinambungan. Menurut Imam Nawawi, asal makna berkah ialah “kebaikan yang banyak dan abadi”.

Ada juga ungkapan “ngalap barokah”, terkadang banyak juga ditemukan ungkapan “ tabarruk” atau “tabarrukan” yang jika diartikan ke dalam bahasa arab juga bersesuaian makna dengan kata Mengambil atau mencari barokah .

Adapun “Barokah” menurut Istilah para ulama’ diantaranya sebagi berikut:


1. Pemberian yang melebihi ukuran kebutuhan ( As-Sya’rawi )

2. Suatu kebaikan yang banyak dan tetap ( Abd Razaq ibn Abd Muhsin Al-Badar )

3. Kebaikan yang banyak dan bagus yang tidak akan hilang (Durus Al-Istidzkar fi Ma’ani al-Adzkar)

4. Kebaikan yang diberikan oleh Allah kepada sebagian makhluknya (Al-Muhadlarah al-Mufrighah)

5. Kebaikan yang berasal dari Allah yang selalu bertambah (Tafsir Al-Khazin)

Melihat beberapa definisi diatas bisa kita simpulkan bahwa barokah adalah “Suatu kebaikan yang diberikan oleh Allah kepada hamba-Nya dan kebaikan tersebut tidak akan hilang serta akan selalu bertambah” .

Ada beberapa hal yang Allah telah menjadikannya barokah, sebagaimana diterangkan dalam Al-Qur’an dan As-Sunnah:


1. Al-Qur’an

sebagaimana Firman Allah dalam Surat Al-An’am ayat 6 :

ﺃَﻟَﻤْ ﻴَﺮَﻭْﺍ ﻛَﻢْ ﺃَﻫْﻠَﻜْﻨَﺎ ﻣِﻦْ ﻗَﺒْﻠِﻬِﻢْ ﻣِﻦْ ﻗَﺮْﻥٍ ﻣَﻜَّﻨَّﺎﻫُﻢْ ﻓِﻴ ﺎﻟْﺄَﺭْﺽِ ﻣَﺎ ﻟَﻢْ ﻧُﻤَﻜِّﻦْ ﻟَﻜُﻢْ ﻭَﺃَﺭْﺳَﻠْﻨَﺎ ﺍﻟﺴَّﻤَﺎﺀَ ﻋَﻠَﻴْﻬِﻤْﻤِﺪْﺭَﺍﺭًﺍ ﻭَﺟَﻌَﻠْﻨَﺎ ﺍﻟْﺄَﻧْﻬَﺎﺭَ ﺗَﺠْﺮِﻱ ﻣِﻦْ ﺗَﺤْﺘِﻬِﻢْ ﻓَﺄَﻫْﻠَﻜْﻨَﺎﻫُﻢْ ﺑِﺬُﻧُﻮﺑِﻬِﻤْﻮَﺃَﻧْﺸَﺄْﻧَﺎ ﻣِﻦْ ﺑَﻌْﺪِﻫِﻢْ ﻗَﺮْﻧًﺎ ﺁَﺧَﺮِﻳﻦَ

Surat Al-An’am ayat 155 :

ﻭَﻫَﺬَﺍ ﻛِﺘَﺎﺑٌﺄَﻧْﺰَﻟْﻨَﺎﻩُ ﻣُﺒَﺎﺭَﻙٌ ﻓَﺎﺗَّﺒِﻌُﻮﻩُ ﻭَﺍﺗَّﻘُﻮﺍ ﻟَﻌَﻠَّﻜُﻢْ ﺗُﺮْﺣَﻤُﻮﻥَ

Surat Al-Anbiya’ ayat 50 :

ﻭَﻫَﺬَﺍ ﺫِﻛْﺮٌﻣُﺒَﺎﺭَﻙٌ ﺃَﻧْﺰَﻟْﻨَﺎﻩُ ﺃَﻓَﺄَﻧْﺘُﻢْ ﻟَﻪُ ﻣُﻨْﻜِﺮُﻭﻥَ

Surat Shad ayat 29:

ﻛِﺘَﺎﺏٌ ﺃَﻧْﺰَﻟْﻨَﺎﻫُﺈِﻟَﻴْﻚَ ﻣُﺒَﺎﺭَﻙٌ ﻟِﻴَﺪَّﺑَّﺮُﻭﺍ ﺁَﻳَﺎﺗِﻪِ ﻭَﻟِﻴَﺘَﺬَﻛَّﺮَ ﺃُﻭﻟُﻮﺍْ ﺍﻟْﺄَﻟْﺒَﺎﺏِ

Diantara Barokah yang bisa diperoleh dari membaca Al-Qur’an adalah:

a. Memberi petunjuk kepada Umat Manusia

b. Menjadi Obat Jasmani dan Rohani

c. Menjadi Panutan dalam berakhlaq al-karimah

d. Menjadi Dzikir bagi Orang-orang yang berfikir

e. Menjadi Peringatan bagi Ummat Manusia

2. Para Nabi da Rasul

Sebagaimana Hadits Nabi :

ﺃﺻﺎﺏ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﻣﺨﻤﺼﺔﻓﻘﺎﻝ ﻟﻲ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠّﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠّﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ : ﻫﻞ ﻣﻦ ﺷﻲﺀ؟ ﻓﻘﻠﺖ : ﻧﻌﻢ ﺷﻲﺀ ﻣﻦ ﺍﻟﺘﻤﺮ ﻓﻴﺎﻟﻤﺰﻭﺩ . ﻗﺎﻝ : ﻓﺂﺗﻰ ﺑﻪ . ﻓﺄﺩﺧﻞ ﻳﺪﻩ ﻓﺄﺧﺮﺝ ﻗﺒﻀﺔ ﻓﺒﺴﻄﻬﺎ ﻭﺩﻋﺎ ﺑﺎﻟﺒﺮﻛﺔ . ﺛﻢ ﻗﺎﻝ : ﺍﺩﻋﻌﺸﺮﺓ ﻓﺄﻛﻠﻮﺍ ﺣﺘﻰ ﺷﺒﻌﻮﺍ، ﺛﻢ ﻋﺸﺮﺓ ﻛﺬﻟﻚ ﺣﺘﻰ ﺃﻃﻌﻢ ﺍﻟﺠﻴﺶ ﻛﻠﻬﻢ ﻭﺷﺒﻌﻮﺍ . ﻭﻗﺎﻝ : ﺧﺬ ﻣﺎ ﺟﺌﺘﺒﻪ ﻭﺃﺩﺧﻞ ﻳﺪﻙ ﻭﺍﻗﺒﺾ ﻣﻨﻪ ﻭﻻ ﺗﻜﺒﻪ، ﻓﻘﺒﻀﺖ ﻋﻠﻰ ﺃﻛﺜﺮ ﻣﺎ ﺟﺌﺖ ﺑﻪ ﻓﺄﻛﻠﺖ ﻣﻨﻪ ﻭﺃﻃﻌﻤﺖ ﺣﻴﺎﺓﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠّﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠّﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻭﺃﺑﻲ ﺑﻜﺮ ﻭﻋﻤﺮ ﺇﻟﻰ ﺃﻥ ﻗﺘﻞ ﻋﺜﻤﺎﻥ ﻓﺎﻧﺘﻬﺐ ﻣﻨﻲ ﻓﺬﻫﺐ .

3. Orang-orang Alim dan Orang-orang Shaleh

ﺍﻟﺒﺮﻛﺔ ﻣﻊ ﺃﻛﺎﺑﺮﻛﻢ

Al-Munawi menjelaskan pengertian akabir di sini adalah orang-orang yang berilmu, orang orang yang shaleh atau orang-orang yang lebih tua dengan cara memuliakan dan menghormati mereka.

Orang Alim mempunyai barokah dari Ilmunya ketika diajarkan dan diamalkan sehingga bisa bermanfaat bagi orang banyak, begitu juga orang Shaleh akan selalu berbuat baik dan selalu melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain, dan keduanya juga bisa mendo’akan orang lain, sehingga banyak masyarakat yang mencari barokah dari mereka dengan berharap mendapatkan dari do’a mereka.

Ada beberapa perbedaan pendapat apakah Orang Alim danorang Shaleh yang sudah meninggal bisa memberikan barokah ketika dia telah meninggal dunia dengan mendatangi kuburan mereka, ada pendapat yang mengatakanbahwa karena kuburan Orang Alim selalu dikelilingi olah malaikat-malaikat sehingga ketika ada seseorang berdo’a di sekelilingnya, maka do’a tersebut akan mudah terkabul, karena Majlis yang dikeliligi malaikat adalah Majlis yangbarokahdan diridloi oleh Allah SWT. Namun ada beberapa pendapat yang dipelopori oleh Ibnu Taimiyah berpendapat bahwa Barokah yang dimiliki oleh seorang Alim dan Orang Shaleh hanya ketika mereke masih hidup. Wallahu A’lam

4. Air Zam-zam

Sebagaimana Hadist Nabi yang diriwayatkan oleh Imam Muslim :

ﺇﻧﻬﺎ ﻣﺒﺎﺭﻛﺔ ﺇﻧﻬﺎ ﻃﻌﺎﻡ ﻃﻌﻢ

5. Makanan yang Halal

Pada setiap Makanan yang halal pasti mempunyai barokah, sehingga Nabi  memerintahkan untuk menjilati jari-jarinya sehingga tidak ada sisa makanan yang tertinggal, karena tidak diketahui di bagian manakah barokah itu berada,sebagaimana Hadits Nabi yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Jabir RA :

ﺇﻥ ﺍﻟﺸﻴﻄﺎﻥ ﻳﺤﻀﺮﺃﺣﺪﻛﻢ ﻋﻨﺪ ﻛﻞ ﺷﻲﺀ ﻣﻦ ﺷﺄﻧﻪ ﺣﺘﻰ ﻳﺤﻀﺮﻩ ﻋﻨﺪ ﻃﻌﺎﻣﻪ ﻓﺈﺫﺍ ﺳﻘﻄﺖ ﻣﻦ ﺃﺣﺪﻛﻢ ﺍﻟﻠﻘﻤﺔ ﻓﻠﻴﻤﻂ ﻣﺎﻛﺎﻥ ﺑﻬﺎ ﻣﻦ ﺃﺫﻯ ﺛﻢ ﻟﻴﺄﻛﻠﻬﺎ ﻭﻻ ﻳﺪﻋﻬﺎ ﻟﻠﺸﻴﻄﺎﻥ ﻓﺈﺫﺍ ﻓﺮﻍ ﻓﻠﻴﻠﻌﻖ ﺃﺻﺎﺑﻌﻪ ﻓﺈﻧﻪ ﻻ ﻳﺪﺭﻳﻔﻲ ﺃﻱ ﻃﻌﺎﻣﻪ ﺗﻜﻮﻥ ﺍﻟﺒﺮﻛﺔ

6. Air Hujan

Sebagaimana firman Allah dalam Surat Qaf ayat 9:

ﻭَﻧَﺰَّﻟْﻨَﺎ ﻣِﻦَ ﺍﻟﺴَّﻤَﺎﺀِﻣَﺎﺀً ﻣُﺒَﺎﺭَﻛًﺎ

7. Ka’bah

Sebagaimana firman Allah dalam Surat Ali Imran ayat 96:

ﺇِﻥَّ ﺃَﻭَّﻝَ ﺑَﻴْﺖٍ ﻭُﺿِﻌَﻠِﻠﻨَّﺎﺱِ ﻟَﻠَّﺬِﻱ ﺑِﺒَﻜَّﺔَ ﻣُﺒَﺎﺭَﻛًﺎ

8. Sahur

Sebagaimana Hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhar dari Anas RA:

ﺗَﺴَﺤَّﺮُﻭﺍ ﻓَﺈِﻥَّ ﻓِﻲ ﺍﻟﺴَّﺤُﻮﺭِ ﺑَﺮَﻛَﺔً

9. Habbah as-Sauda’

ﺍﻟﺤﺒﺔ ﺍﻟﺴﻮﺩﺍﺀ ﻫﻰ ﺣﺒﺔ ﺍﻟﺒﺮﻛﺔ)  ﺟﻼﻝ ﺍﻟﺪﻳﻦ ﺍﻟﺴﻴﻮﻃﻰ ﻓﻰ ﺟﺎﻣﻊ ﺍﻷﺣﺎﺩﻳﺚ(

10. Berkumpulnya orang Muslim

Disebutkan dalam Hadits yang diriwayatkan oleh Imam Baihaqi dari Salman Al-Farisi:

ﺍﻟﺒﺮﻛﺔ ﻓﻲ ﺛﻼﺛﺔ ﻓﻲ ﺍﻟﺠﻤﺎﻋﺔﺃﻭ ﺍﻟﺜﺮﻳﺪ ﻭﺍﻟﺴﺤﻮﺭ

Selain barokah di atas, masih ada barokah yang lain seperti barokah yang berhubungan dengan waktu dan tempat: Adapun barokah dari waktu adalah seperti Bulan Ramadlan, 10 Dzul Hijjah, Muharram dan Hari Jum’at, adapun barokah yang berhubungan dengan tempat, seperti Ka’bah, Thur Sinai, Masjid Al-Aqsha Dan Masih banyak barokah-barokah yang lain.

Nabi mengajarkankita untuk mengharapkan barokah dalam setiap hal yang kita lakukan, sehingga Nabi pernah bersabda tentang keutamaan Basmalah dalam Hadits yang diriwayatkan oleh An-Nasa’i dari Abu Hurairah:

ﻛﻞ ﺃﻣﺮ ﺫﻱ ﺑﺎﻝ ﻻ ﻳﺒﺪﺃ ﻓﻴﻪ ﺑﺤﻤﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﻓﻬﻮ ﺃﻗﻄﻊ

yang dimaksud dengan ﺃﻗﻄﻊ di atas adalah terputus dari Barokah.

Dalam keseharian kita sering mendengar kata "mencari berkah", bermaksud mencari kebaikan atau tambahan kebaikan, baik kebaikan berupa bertambahnya harta, rezeki, maupun berupa kesehatan, ilmu, dan amal kebaikan (pahala).

Kata Barokah dalam Al-Qur’an


Dalam Al-Qur`an kata berkah (barokah) hadir dengan beberapa makna, di antaranya: kelanggengan kebaikan, banyak, dan bertambahnya kebaikan. Al-Qur’an sendiri merupakan berkah bagi manusia sebagaimana firman-Nya:

"Ini (Al-Qur’an) adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu, penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayatnya dan supaya orang-orang yang mempunyai pikiran mendapatkan pelajaran.” (QS. Shaad: 29).

Berkah dalam arti kebaikan, keselamatan, dan kesejahteraan tercantum dalam ayat berikut ini:
"Jika sekiranya penduduk negeri-negeri itu beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi." (QS. Al-A'raf: 96).

Kata Berkah dalam Hadits

Dalam hadits juga banyak ditemukan kata berkah, semuanya mengarah pada kebaikan dan pahala.

"Berkumpullah kalian atas makanan dan sebutlah nama Allah, maka Allah akan memberikan keberkahan pada kalian di dalamnya." (HR. Abu Daud)

"Ya Allah, berkahilah umatku yang (bersemangat ) di pagi harinya." (HR. Abu Daud).

Penjual dan pembeli itu diberi pilihan selama keduanya belum berpisah. Bila keduanya jujur dan menjelaskan (kondisi barangnya), maka keduanya diberkahi dalam jual belinya. Namun bila keduanya menyembunyikan dan berdusta, maka akan dihilangkan keberkahan jual beli keduanya.” (HR. Bukhari-Muslim).

Sungguh, Allah menguji hamba dengan pemberian-Nya. Barangsiapa rela dengan pembagian Allah terhadapnya, maka Allah akan memberikan keberkahan baginya dan akan memperluasnya. Dan barangsiapa tidak rela, maka tidak akan mendapatkan keberkahan.” (HR. Ahmad). Wallahu a'lam.
[10:02, 18/9/2018] +62 878-8899-2334: Menurut bahasa, berkah berasal dari bahasa Arab: barokah, artinya nikmat. Istilah lain berkah dalam bahasa Arab adalah mubarak dan tabaruk.

Kesimpulan dari Tulisan di atas bahwa Barokah bisa diperoleh dari segala macam perbuatan baik yang dilakukan karena Allah, karena memang makna Barokah sendiri adalah kebaikan dari Allah yang selalu bertambah. Semoga Allah senantiasa memberikan Rahmat, Hidayah serta Inayahnya kepada kita semua,sehingga kita masih diberi kesempatan untuk mencari Ilmu demi memperoleh Ridlanya dan akhirnya kelak bisa bertemu dengan-Nya Dzat yang Maha Indah di Surga yang telah dijanjikan-Nya. Aamiin.

Posting Komentar untuk "Tata Cara Untuk mendapatkan Barokah atau Berkah?"