Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keistimewaan Shalawat Fatih | Shalawat Pembuka

Keistimewaan Shalawat Fatih | Pembuka Pintu Rezeki

Shalawat Fatih merupakan salah satu shalawat pembuka pintu-pintu, terkenal juga dengan sebutan shalawat pembuka pintu ‘arsy (Kerajaan Allah yang Maha Tertinggi), terdapat beberapa keismewaan yang terkandung di dalam shalawat ini, diantaranya mengatasi segala kesempitan (kesulitan) hidup, dibebaskan dari api neraka, dan akan hingga pada titik kemuliaan pangkat ma’rifat.

Banyak cerita dan pengalaman dari para Ulama dan Imam serta para Sahabat Rasulullah SAW, yang membuktikan fadlilah dan keistimewaan Shalawat Fatih ini, sebagai ijazah amalan wiridan atau dzikir, mampu ditentukan jumlah membacanya, atau hanya dibaca sekali saja.

Dari Syekh Ahmad At-Tijany RA, berkata:

"Keistimewaan shalawat Fatih sangat sulit diterima oleh akal, karena ia merupakan rahasia Allah SWT yang tersembunyi".

Seandainya ada 100.000 bangsa, yang setiap bangsa itu terdiri dari 100,000 kaum, dan setiap kaum terdiri dari 100.000 orang, dan setiap orang diberi umur panjang oleh Allah SWT hingga 100.000 tahun, dan setiap orang bershalawat kepada Nabi setiap hari 100.000 kali, semua pahala itu belum dapat menandingi pahala membaca shalawat Fatih sebanyak 1 (satu) kali. (Al-Fathur Rabbany karya Sayyid Muhammad bin Abdillah Asy-Syafi`i at-Thashfaawy at-Tijany hal 99-100)

Dari Syaikhul Akbar Sayyidi Muhyiddin Ibnul Arabi RA. "Shalawat ini sama dengan ia telah mengimbangi bacaan kitab Dalaa-ilul Khairat dan In syaa Allah berkah shalawat ini, pengamalnya akan hingga pada titik kemuliaan pangkat ma’rifat. Terbuka hijab (penutup) antara dirinya dengan Rasulullah SAW, sehingga memungkinkannya fana’ bersama Rasulullah SAW sebelum ia mencicipi fana’ terhadap Allah SWT. Bagi para pengamal shalawat ini, In sya Allah akan memperoleh kedekatan bersama dalam berjumpa dengan Rasulullah SAW, setiap saat".

Berikut Teks Shalawat Fatih/Pembuka Pintu Kerajaan 'Arsy

اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدِ نِالْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ، نَاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ، وَالْهَادِي إِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْمِ وَعَلىَ آلِهِ وَصَحْبِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ .

Allaahumma shalli wasallim 'alaa sayyidinaa Muhammadinil faatihi limaa ughliqa, wal khaatimi limaa sabaqa naashiril haqqi bil haqqi walhaadii ilaa shiraathikal mustaqiimi, wa 'alaa aalihi wa shahbihii haqqa qadrihii wamiqdaa rihil 'adhiim.

Artinya:

"Ya Allah, berikanlah rahmat dan keselamatan kepada penghulu kami Nabi Muhammad yang membuka apa yang tertutup dan yang menutupi apa-apa yang terdahulu, penolong kebenaran dengan kebenaran yang memberi petunjuk ke arah jalan yang lurus. Dan kepada keluarganya dan sahabat-sahabatnya, sebenar-benar pengagungan padanya dan kedudukan yang maha agung"

Khasiat dan Keutamaan Shalawat Fatih antara lain sebagai berikut:

Penyusun: Abu Bakar Ash-Shiddiq yang diwariskan kepada Syekh Muhammad Syamsuddin Abdul Hasan Al-Bakri atau Sayyid Muhammad Bakri

- Barang siapa yang ingin ditolong oleh Allah SWT dalam mengatasi segala kesempitan (kesulitan) hidup dan menghilangkan kesusahan hati, maka hendaklah berdzikir (baca) Shalawat Fatih ini sebanyak-banyaknya pada setiap selesai shalat fardlu secara istiqamah.

- Barang siapa yang ingin dibesarkan pahalanya dan dibebaskan dari api neraka di alam akhirat nanti, maka hendaklah berdzikir (membaca) Shalawat Fatih ini sebanyak-banyaknya, karena membaca shalawat Fatih ini satu kali, pahalanya sama dengan membaca shalawat (biasa) 1000 kali atau 600.000 kali.

- Barang siapa yang ingin diampuni (dihapus) dosa-dosanya yang kecil oleh Allah SWT, maka hendaklah membaca shalawat Fatih ini sebanyak 11 kali setiap selesai shalat fardhu selama 40 hari berturut-turut.

- Siapa yang ingin bertemu Rasulullah SAW maka hendaklah membaca Shalawat Fatih ini sebanyak 1.000 kali pada hari kamis malam jum'at atau pada hari ahad malam senin, insya Allah berhasil.

- Barang siapa yang ingin dapat bertemu dan berkumpul dengan Rasulullah SAW di alam akhirat nanti, maka hendaklah berdzikir (membaca) Shalawat Fatih ini sebanyak 1000 kali pada setiap malam kamis, malam jum'at dan malam senin secara istiqamah.

- Apabila ingin bertemu dengan Rasulullah SAW secara sempurna, maka sebelum membaca Shalawat Fatih sebanyak 1000 kali, sebaiknya harus diawali dengan shalat Hajat empat rakaat, dua kali salam (setiap dua rakaat salam):

Shalat hajat yang pertama.
Pada rakaat pertama setelah mebaca surat Fatihah, membaca surat Al-Qadar satu kali. Pada rakaat kedua setelah membaca surat Fatihah membaca surat Al-Zalzalah satu kali. Kemudian salam

Shalat hajat yang kedua.
Pada rakaat pertama setelah membaca surat Fatihah, membaca surat Al-Kafirun satu kali. Pada rakaat kedua setelah membaca surat Fatihah satu kali dan surat An-Naas satu kali.

- Apabila ingin diluaskan rezekinya dan sejahtera hidupnya, maka hendaklah membaca Shalawat Fatih ini sebnyak 21 kali pada setiap selesai shalat Subuh secara rutin (istiqamah)

Adapun kisah-kisah menarik mengenai Shalawat Fatih ini saya dapat dari kawan blogger

Isinya menyerupai berikut:

Shalawat Fatih Adalah Sayyidus Shalawat

Membaca shalawat kepada nabi Muhammad SAW ada yang menggunakan kalimat wa sallim atau wa sallam, dan ada pula yang tidak memakainya. Shalawat yang menggunakan kalimat wa sallim yaitu shalawatnya orang-orang yang beriman, menyerupai firman Allah SWT: Yaa ayyuhal ladziina aamanuu shalluu ‘alayhi wa sallimuu tasliimaa. Kalau shalawat itu bersumber dari Allah dan Malaikat, kalimatnya yaitu: Innallaha wa malaaikatahu yusholluuna ‘alan nabiy. Oleh karena itu ketika syekh Ahmad RA ditanya, mengapa shalawat Fatih tidak memakai kalimat wa sallim? Beliau menjawab: Karena shalawat Fatih bersumber dari Allah, bukan susunan yang dibuat oleh manusia.

Cukup lama sekali syekh Muhammad al-Bakriy ber-riyaadlah dan munajat kepada Allah SWT, semoga diberikan shalawat yang pahala, sirr, faedah dan keistimewaannya mengungguli seluruh shalawat yang pernah ada. Kemudian seorang malaikat mendatanginya dengan membawa secarik kain dari surga bertuliskan shalawat Fatih dengan goresan pena cahaya, oleh karena itu pula shalawat Fatih disebut juga dengan shalawat al-Bakriyyah, dan ada juga yang menamakan dengan al-Yaaqutatil Fariidah (Mutiara yang tiada duanya)

Setelah 16 tahun berkhalwat tepatnya dikala Syekh Ahmad RA berusia 46 tahun, ia berjumpa dengan sayyidul wujud Rasulullah SAW dalam keadaaan sadar dan terjaga (yaqadhatan). Beliau mengajarkan serta mengijazahkan shalawat Fatih dan menjelaskan semua keistimewaan dan rahasianya kepada beliau. Shalawat Fatih harus diajarkan kepada semua orang dengan 2 tingkatan. Tingkatan khusus harus mendapat izin talqin resmi dari orang-orang yang menerimanya dari Syekh Ahmad secara estafet dan yang menerimanya pun harus berkeyakinan bahwa shalawat ini bersumber dari Allah, bukan susunan manusia. Sedangkan tingkatan umum, menyerupai yang dikatakan oleh beliau:

Ajarkan semua orang untuk membaca shalawat Fatih, semoga mereka dapat meninggal dunia dengan membawa iman. (al-Khulashah Wafiyah: 73).

Dikutip dari http://projectdaviss.blogspot.com/2017/08/keutamaan-sholawat-fatih-sholawat.html
Dari kitab Rahasia Keutamaan & Keistimewaan Shalawat (KH. Nur Muh. Kafadi)

Shalawat Fatih memiliki 8 tingkat keutamaan, di bawah ini hanya keutamaan pada tingkat yang pertama saja, sedangkan yang lainnya dirahasiakan oleh Allah SWT, diantaranya yaitu :

1. Membaca shalawat Fatih dijamin hidup bahagia dunia dan akhirat
2. Membaca shalawat Fatih 1 kali menghapus semua dosa
3. Membaca shalawat Fatih 1 kali menyamai pahala ibadah semua mahluk di alam semesta ini 6000 kali lipat.
4. Membaca shalawat Fatih 1 kali menyamai pahala shalawat yang dibaca oleh seluruh mahluk dari awal diciptakan hingga 600 kali lipat.
5. Membaca shalawat Fatih 1 kali setiap hari, di jamin mati membawa I’tiqaad (husnul khatimah).
6. Membaca shalawat Fatih 10 kali di malam jum’at lebih besar pahalanya dari pada ibadah seorang wali yang tidak membaca shalawat Fatih selama 1 juta tahun.
7. Pahala shalawat Fatih dapat menutupi dan mengganti kesalahan yang pernah ia lakukan terhadap orang lain, sehingga ia dapat mengganti tuntutannya di hari kiamat.
8. Membaca shalawat Fatih 100 kali di malam jum’at menghapus dosa 400 tahun.

Dikutip: https://4binajwa.wordpress.com/fadilah-dan-faedah/keutamaan-sholawat-al-fatih

Baca Juga: Shalawat Syifa' Oleh Habib Ahmad bin Abdullah Bilfaqih

Posting Komentar untuk "Keistimewaan Shalawat Fatih | Shalawat Pembuka"