Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hari-Hari Bersama Hubabah Bahiyyah

Hari-Hari Bersama Hubabah Bahiyyah
Hari-Hari Bersama Hubabah Bahiyyah

Setelah setengah tahun kepulanganku ke Indonesia, aku kembali lagi ke Tarim. Dan hal pertama yang harus kulakukan sebaiknya kembali menjejakkan kaki ke Darul Az-Zahra, ma’had tempatku menimba ilmu tentunya menemui guruku.

Setelah berbicara singkat dan menyampaikan salam dari orang-orang Indonesia kepada beliau yang kala itu sedang bersiap-siap keluar rumah untuk menuju ke sebuah majelis, beliau berkata: ”Baru-baru ini, kami pergi ke negeri Oman. Ada kunjungan da’wah Al-Habib Umar ke sana. Sepulangnya dari sana, alhamdulillah kami berhasil membawa bersama mutiara Oman, Hubabah Bahiyyah. Beliau ada di sini.” Ujar guruku sambil tersenyum. ”Sekarang beliau sudah menunggu di mobil. Kami akan menuju ke sebuah majelis.” ”Sementara aku bersiap-siap, temuilah beliau jika kau mau.” Lanjut beliau lagi. Tentu saja aku mau. Nama beliau selalu diceritakan oleh semua pelajar Darul Az-Zahra yang berasal dari Oman. Keshalehan beliau, ibadah beliau dan sikap zuhud beliau adalah sesuatu yang lazim menjadi bahan perbincangan di kalangan kami. Maka tanpa membuang waktu, aku pun bergegas menemui beliau.

Saat aku keluar, kudapati beliau sudah duduk menunggu di mobil yang diletakkan di halaman rumah. Kubuka pintu mobil perlahan, khawatir mengejutkan beliau. Ku ucapkan salam dan tanpa menunggu jawabannya, aku segera meraih tangan beliau dan berusaha menciumnya. Namun aku terkejut karena tanpa kuduga, beliau spontan menarik tangannya dengan kuat. Dia tidak mengizinkanku menciumnya. Bahkan tak kudapati senyum di wajahnya saat aku menatapnya. Itu tentunya membuatku jadi panik. ”Apa kabar, Hubabah.” Sapaku, kemudian berusaha menghilangkan kepanikan. Beliau diam tidak menjawab. ”Saya Halimah, murid Darul Az-Zahra dari Indonesia.” Aku kembali mencoba mencairkan suasana. ”Saya seringkali mendengar nama Hubabah disebut-sebut dalam perbincangan kami. Sungguh, merupakan anugerah Allah jika hari ini saya diperkenankan berjumpa denganmu,” lanjutku. Tidak ada sedikitpun reaksi. Bahkan wajahnya yang tanpa senyum itu tidak juga beranjak. Aku bertambah panik sambil tetap berusaha menahan diri. Aku melanjutkan, ”Doakan saya, Hubabah.” Kali ini, beliau menoleh kepadaku sepintas. Kerut-kerut di wajahnya menunjukkan betapa lamanya beliau telah hidup di dunia ini. Kabar yang kudengar dari pada teman-teman, usia beliau sudah mencecah pangkal sembilan puluh dan beberapa tahun ke depan, usianya akan masuk satu abad. Aku masih menunggu jawaban untuk permohonan doaku. Namun dengan wajah tanpa ekspresi dan suara yang kedengaran, beliau menjawab singkat dan tegas: ”Berdoalah untuk dirimu sendiri. Bukankah kau punya Tuhan tempatmu memohon dan berdoa?” Aku tidak mampu lagi menahan rasa. Kututup pintu kereta perlahan-lahan dan aku bergegas meninggalkannya. Aku sedih...”Ya Allah... Apakah yang ia nilai dariku? Hingga kata-katanya padaku setajam itu. Gunung dosaku? Setumpuk aibku? Atau berjuta kesalahanku?” Pertemuan pertamaku dengan Hubabah Bahiyyah adalah air mata kesedihan di sepanjang jalan dari rumah guruku sampai ke Darul Az-Zahra.

Sepanjang hari itu, aku masih terus memikirkan beliau, sikap beliau dan kata-kata beliau. Hingga ketika dengan penuh kesedihan ku ceritakan kepada teman sekamarku perihal pertemuanku dengan Hubabah Bahiyyah dan penolakan beliau terhadapku, temanku itu bukan memberi respon yang baik, justeru dia tertawa terbahak-bahak. ”Memang begitu, kak.” Katanya tanpa maksud untuk menghibur. ”Hubabah Bahiyyah itu orangnya memang begitu. Semenjak kedatangannya tiga hari yang lalu, setiap petang sampai malam, beliau datang ke mari. Shalat Maghrib dan lsya’ berjamaah bersama kami. Dan sampai saat ini, beliau tidak pernah mau menjadi imam. Walaupun sekedar untuk memimpin doa selepas shalat bersama kami. Satu hal lagi, beliau paling tidak suka dipuji. Tawadlu’nya luar biasa sampai sering kali beliau kelihatan dan dianggap sombong bagi orang yang tidak mengenalinya.” ”Pernah suatu ketika, guru kita menyusun bait-bair syair memuji beliau di sebuah majelis. Beliau duduk dan diam mendengarkannya dengan penuh khidmat. Namun ketika beliau menyadari bahwa syair itu ditujukan kepada beliau, serta merta beliau berdiri dan keluar dari majelis itu, meninggalkan guru kita dan tidak kembali lagi ke sana.” Cerita temanku panjang lebar. ”Ooooh... begitu rupanya.” Gumamku sambil tersenyum. ”Sekarang aku sudah mendapat jawaban yang benar-benar menenangkan hatiku. Tetapi aku akan tetap mencari cara untuk boleh mendapatkan doa beliau,” kataku dalam hati membulatkan tekat.

Hingga akhirnya... Malam itu selepas pembacaan Ratib Haddad[1], kulihat beliau beranjak keluar dari mushalla. Aku iringi langkahnya dan tatkala aku sudah dekat, aku memberanikan diri berkata: ”Semoga ALLAH SWT memberkati hidupmu, Hubabah. Selalu memandangmu dengan rahmat-NYA, mencintaimu di mana pun engkau berada dan juga semoga RASULULLAH SAW selalu menyayangimu.” Beliau menatap wajahku. Segaris senyuman perlahan-lahan terukir dari wajahnya. Kemudian dia berkata: ”Terima kasih, nak. Semoga ALLAH SWT mengabulkan doa itu untukku dan untukmu juga.” Aduh senang hati ini. Akhirnya aku berhasil juga mendapat senyum dan doanya, meski untuk memperolehnya diperlukan keberanian yang cukup besar.

Dan malam-malam berikutnya, aku punya sebuah kebiasaan baru yang menyenangkan. Aku jadi suka memandang Hubabah Bahiyyah dari jauh. Melihat kebiasaan-kebiasaannya. Memandang raut wajahnya yang selalu terlihat sibuk dengan dunianya sendiri. Aku mengaguminya. Dan sungguh, semakin kuperhatikan, aku semakin mengaguminya. Kurasa aku mulai jatuh cinta kepadanya. Bagaimana tidak??? Selepas shalat Maghrib dan shalat sunat awwabin 6 rakaat, beliau kulihat membaca Al-Quran dengan tanpa menggunakan kaca mata di usianya yang setua itu. Kuperhatikan jari keriput telunjuknya yang kanan menunjuk ayat yang sedang dibacanya sementara tangan kirinya sibuk memegang tisu, mengusap air mata yang menetes di wajahnya setiap kali ayat yang dibacanya menyentuh hati. Beliau hidup di dunianya sendiri, tidak sibuk memperhatikan orang di sekelilingnya. Tatkala melihatnya aku merasa seolah-olah melihat seseorang yang sedang mengait tali. Tali penghubung antara dia dan Tuhannya, tali penghubung antara dunia dan akhiratnya. Sungguh itu membuatku ingin bersamanya, pergi ke alamnya. Entah di mana...

Ziarah merupakan rutin biasa yang kami adakan pada akhir Sya’ban, menjelang Ramadlan. Dan kali ini, Hubabah Bahiyyah ikut serta bersama kami. Kami kunjungi makam-makam waliyullah dari yang terdekat di sekitar kota Tarim seperti Zambal dan Furait, hingga ke Seiwun, makam Habib Ali Al-Habsyi, pengarang maulid Simtud Duror yang terkenal itu. Dan ziarah kami berakhir pada petang hari saat matahari menyoroti mata dan keletihan benar-benar melemahkan dan memperlahankan langkah kami. Padahal ziarah terakhir kami adalah ke makam Al-Muhajir Ahmad bin Isa. Untuk menuju ke makam beliau, kami harus menaiki tangga yang jumlahnya hampir dua ratusan anak tangga. Keletihan membuat kami saling berbincang sama ada kami akan menaiki tangga-tangga itu atau cukup membaca doa ziarah dari bawah saja. ”Bukankah ALLAH Maha Tahu. Dia pasti maklum kelemahan dan keletihan kita,” kata seorang teman sambil meluruskan kakinya bersandar di sebuah tembok. Namun belum sempat hasil diskusi diputuskan, kami lihat Hubabah Bahiyyah sedang menaiki anak tangga dan beliau sudah sampai di seperempat perjalanan. Maka tanpa berpikir panjang, kami pun bergegas menyusul beliau. Bagaimana mungkin kami yang masih muda memutuskan untuk menyerah sementara Hubabah Bahiyyah yang hampir seabad umurnya dengan penuh semangat menaiki tangga tanpa letih? Hari ini kami mendapat satu pelajaran berharga daripada beliau bahwa kekuatan badan dapat kita kerahkan secara optimal jika kita memiliki kekuatan semangat daripada jiwa kita.

Ramadlan datang lagi... Dan sambutan negeri ini terhadap Ramadlan, sang bulan suci mirip dengan sambutan idul Fitri di negeriku. Meriah. Masjid-masjid menyalakan lampu berwarna-warni. Suara ayat-ayat suci Al-Quran dikumandangkan di setiap tempat ibadah tanpa henti. Wajah-wajah ceria kedatangan tetamu mulia dan ucapan Ramadlan Mubarak[2] saling dilontarkan di sepanjang jalan dan tempat-tempat keramaian. Hubabah Bahiyyah memutuskan untuk tinggal di ma’had kami. Menghidupkan Ramadlan bersama kami para pelajar. Guru kami menempatkan beliau di ruangan yang sebenarnya biasa kami gunakan untuk pertemuan pelajar perempuan dengan saudara lelaki atau mahramnya. Ruangan dengan dua buah pintu. Satu pintu menghadap ke luar ma’had dan pintu lainnya menghadap ke dalam ma’had. Kegiatan belajar dan mengajar di sekolah dicutikan buat sementara. la digantikan dengan pengajian-pengajian umum yang boleh diikuti oleh sesiapa pun. Aku mendapat tugas untuk memberi pengisian setiap selepas Dhuhur dan ternyata Hubabah Bahiyyah ikut hadir sebagai pendengar. Aku malu sejujurnya. Namun kupikir seperti yang selalu disampaikan oleh guru kami, Habib Umar bin Hafidh bahwa orang yang menyampaikan ilmu sering kali mendapat keberkatan dari pendengarnya. Siapa tahu dengan cara ini, aku mendapatkan keberkatan daripada beliau.

Entah apa yang ada di benak Hubabah tentangku, aku tidak habis pikir. Suatu petang ketika aku berada di mushalla menanti adzan Maghrib dikumandangkan, beliau menghampiriku, membuka kitab di hadapanku dan kemudian memintaku membacakan untuknya. ”Bukankah lebih elok membaca sendiri, Hubabah?” kataku dengan rasa ragu-ragu yang tidak dibuat-buat. ”Aku lebih suka mendengarkannya darimu.” Balasnya menjawab rasa raguku. Dan hari-hari seterusnya, kami sering membaca kitab bersama. Aku membacakan untuknya dan sesekali jika beliau teringat sesuatu hal yang berkaitan dengan apa yang kubaca, beliau menyampaikannya padaku. Sungguh, aku merasa Ramadlan kali ini adalah Ramadlan terindah dalam hidupku.

Aku menjumpai beliau di mushalla dan kadang di kamar yang beliau tempati. Oleh karena itu, aku mengetahui beberapa hal tentang beliau. Beliau hanya memiliki tiga helai baju. Dan ketiga-tiganya berwarna hijau, selain sehelai baju luar yang tentu saja berwarna hitam. Beliau tidak pernah mau menyimpan uang yang dimilikinya untuk waktu yang lama kecuali sekadar singgah sementara. Jika diberi, beliau menyimpannya di bawah bantal untuk kemudian diberikannya kepada para pelajar atau siapa pun yang beliau rasa memerlukannya. Beliau pernah memberi aku uang yang baru saja diterima oleh beliau dari seseorang. Jika ditukarkan dengan uang Indonesia, nilainya sekitar Rp 210,000. Namun aku katakan padanya bahwa aku baru saja mendapat kiriman uang dari keluargaku. Kemudian dia meminta kembali yang 200,000 dan membiarkan 10,000 saja untukku seraya berkata; ”Jadi, sebaiknya kita berikan kepada yang memerlukannya. Bukankah begitu?” Aku mengangguk mengiyakan.

Pernah pula kutanyakan alasan beliau menolak pujian orang. Bukankah jauh lebih arif menerimanya sambil berharap ALLAH SWT menjadikan kita lebih baik daripada persangkaan mereka? Beliau menunduk kemudian berkata: ”Tidak ada yang lebih mengetahui diri kita selain ALLAH SWT dan diri kita sendiri. Dan kau pun tahu bahwa dinding penghalang terbesar antara manusia dengan Tuhannya adalah hawa nafsunya sendiri. Hawa nafsu kita mudah sekali terlena dengan apa yang diharapkannya. Pujian adalah salah satunya. Tatkala hawa nafsumu kenyang dengan pujian, dia pun menjadi kuat dan ketika dia kuat, engkau akan menjadi sukar untuk mengalahkannya.” ”Tetapi para ulama kita tersenyum kepada yang memujinya dan mendoakan orang yang meminta doa kepada mereka?” Sanggahku. ”Mereka adalah orang-orang yang kuat dan mereka telah menang. Bukan lagi seperti kita yang masih berada di medan pertempuran.” jawab beliau lagi dengan tenang.

Malam 19 Ramadlan, malam khatam Al-Quran di Masjid Riyadl. Masjid Riyadl itu didirikan oleh Al-Habib Ali Al-Habsyi yang terletak di kota Seiwun. Aku dan beberapa orang teman berangkat ke sana. Kami berbuka puasa bersama para tetamu undangan di kediaman Habib Ali yang sekarang ditempati oleh Munshib[3] keluarga beliau. Kebanyakan daripada tetamu itu adalah warga Seiwun, Tarim dan sekitarnya. Kulihat Hubabah Bahiyyah ada di antara ratusan para tetamu di ruangan bersebelahan denganku. Beliau bersama para isteri Habaib yang dihormati. Aku hanya memandang beliau daripada kejauhan. Hingga selepas shalat Maghrib dan makan malam, pandanganku tidak lepas dari pada beliau. Begitu tenang dan damai tatkala memandang seseorang yang sedang berada di keramaian, namun kita tahu hatinya tidak pernah ramai. Ia dilihat bersama-sama ramai orang, namun ia sendiri hakikatnya... Kulihat beliau telah selesai makan. Pada masa yang sama, seseorang sedang bersiap sedia di sampingnya, hendak mencucikan tangan beliau dengan menuangkan air di mangkuk tempat cucian tangan yang telah disediakan. Namun beliau menolaknya dengan halus dan memilih untuk berdiri menuju ke sinki bagi mencuci tangannya di sana. Aku mengiringi langkahnya dari belakang dan berdiri di sampingnya. Beliau tersenyum saat menyadari kehadiranku, lalu mengajakku menyusun barisan shaf untuk shalat tarawih di atas suth tempat kaum wanita shalat. Kami meletakkan sajadah di sudut sebelah kiri shaf pertama. Hubabah Bahiyyah di samping kananku.

Beliau sibuk membaca Al-Quran sampai shalat Isya’ dimulai. Usai shalat, seorang wanita di samping kanan Hubabah menyondongkan tubuhnya ke belakang. Orang itu adalah seorang Ustadzah terkemuka di kota Seiwun. Dia menyondongkan tubuhnya ke belakang untuk bertanya padaku: ”Bukankah beliau ini Hubabah Bahiyyah yang terkenal itu?” tanyanya seraya menunjuk ke arah Hubabah Bahiyyah. Aku mengangguk. Dan tidak lama kemudian, dia mengajak Hubabah berbincang yang pada pendapatku, jika tujuannya adalah untuk menunjukkan rasa suka citanya dapat berjumpa dengan Hubabah, sungguh dia telah keliru. ”Hubabah Bahiyyah, mimpi apa aku semalam hingga pada hari ini, ALLAH SWT mengizinkanku untuk shalat di sampingmu. Semoga dengan begini, ALLAH SWT memperkenankanku menikmati lezatnya shalat seperti yang dirasakan hamba-hamba ALLAH SWT yang shaleh,” katanya dengan penuh semangat. Hubabah Bahiyyah hanya diam, mendengar tanpa berkomentar. Aku memahami apa yang bergejolak di hatinya dan menunggu keputusannya.

Ketika shalat tarawih akan dimulai, beliau menarik tanganku sambil berbisik: ”Mari kita berpindah tempat. Kurasa suara imam lebih jelas terdengar pada shaf yang di ujung sana.” Kulihat Ustadzah itu termangu saat melihat perpindahan Hubabah Bahiyyah. Aku berharap suatu saat kelak, dia akan memahami Hubabah Bahiyyah sebagaimana aku yang memahaminya sekarang.

Dan pada sisa Ramadlanku tahun ini, aku berpeluang belajar banyak hal tentang kehidupan dari beliau. Aku berdoa semoga ada Ramadlan berikutnya yang mempertemukan aku dengan beliau, meski entah di mana... Entahlah... Seringkali ketika menemukan orang yang istimewa, engkau merasa bahwa tempat terindah bagimu di dunia ini adalah ketika bersamanya. Tempat atau pun waktu tidak lagi menjadi masalah untukmu.

Selepas Syawal, Hubabah Bahiyyah meninggalkan Tarim menuju ke kota suci Mekah untuk mengerjakan ibadah haji. Dan pada bulan Muharam, dua bulan setelah keberangkatan beliau, aku pulang ke tanah air. Pulang yang tidak akan kembali kecuali sekadar berziarah, jika ada rezeki kelak.

Kesibukan menghadiri undangan-undangan da’wah dan mengajar di negeri ini membuatku sedikit demi sedikit mampu melupakan kesedihan meninggalkan kota Tarim yang penuh barakah itu dan melupakan wajah tua penuh khusyu’ milik Hubabah Bahiyyah. Hingga pada suatu hari, seorang teman dari Oman menelefonku dan menawarku tiket ke Oman untuk panggilan mengajar di bulan Ramadlan yang hampir menjelang. Kerinduan kepada Hubabah Bahiyyah membuat tidak lagi bepikir panjang, kecuali mengiyakan. Bagiku panggilan mengajar di sana adalah jawaban dari doaku pada Ramadlan yang lalu agar ada Ramadlan yang lain membuatku bisa bersama dengan beliau. Apalagi setelah melalui perjalanan yang panjang dan bertukar-tukar pesawat, memandang kembali wajahnya merupakan sebuah kebahagiaan yang tidak dapat dinilai dengan apa pun. Dapat kembali menjalani shalat Tarawih di sampingnya, berzikir bersamanya dan bercerita banyak hal dengannya adalah kebahagiaan yang tiada tara bandingnya. Dapat kembali belajar banyak hal dari beliau juga merupakan sebuah karunia ALLAH SWT yang tidak aku mengerti bagaimana cara mensyukurinya.

Pada suatu siang, majelisku kali itu membahas tentang kekhusyu’an dalam shalat. Aku membahas panjang lebar tema tersebut dari pada mulai caranya, komentar para ulama tentangnya, sampai pada kisah-kisah kekhusyu’an shalat para kekasih ALLAH SWT. Contohnya Ali Zainal Abidin: Rumahnya terbakar, namun beliau tidak menyadarinya karena beliau hanyut dalam shalatnya yang khusyu’. Habib Ali As-Sakran pula yang dibedah dalam keadaan sepenuhnya sadar tanpa menggunakan sedikitpun obat bius yang dapat menghilangkan rasa sakit lebih memilih shalat sebagai penawar rasa sakitnya. Banyak lagi kisah-kisah indah lainnya yang juga aku sampaikan pada majelis itu.

Tiba-tiba mikrofon yang kupegang diambil oleh Hubabah Bahiyyah yang duduk di sampingku lalu beliau berkata: ”Demikianlah indahnya ibadah shalat mereka para kekasih ALLAH SWT. Kita mengaguminya dan kurasa sampai kapan pun, kita hanya dapat mengaguminya. Hal itu karena untuk memiliki kekhusyu’an seperti mereka, teramat banyak anak tangga yang harus kita daki. Derajat mereka sedemikian tinggi. Bagi kita, cara mendekatkan diri kepada ALLAH SWT yang paling mungkin kita lakukan adalah dengan mencintai NABI MUHAMMAD SAW. Cintai NABI semampu mencintai seseorang... Cintai BAGINDA hingga jadi ringan bagimu mengerjakan sunnah-sunnah BAGINDA... Cintai BAGINDA hingga lisanmu memiliki kegemaran bershalawat dan menyebut-nyebut namanya... Cintai BAGINDA maka cinta itu akan membawamu padanya, pada syafaatnya, pada cinta ALLAH SWT di puncaknya.” Aku diam dan ratusan pendengar dari kalangan rekan-rekanku di Oman juga terdiam.

Kemudian beliau memimpin shalawat dan kami mengikutinya. Dibacanya berulang-ulang dan kemudian beliau berdoa: ”Ya ALLAH... Kami adalah umat NABI-MU MUHAMMAD SAW yang hidup pada akhir zaman yang penuh dengan beragam fitnah. Hantarkan kami kepadanya. Kami tidak mampu beribadah seperti mereka, namun kami punya cinta. Cinta kepada BAGINDA RASULULLAH SAW manusia yang paling dikasihi di sisi-MU. Dan cinta inilah satu-satunya bekal yang akan kami bawa saat menghadap-MU nanti. Ya ALLAH... Dengan cinta-MU padanya, cintailah kami. Dengan rahmat-MU padanya, rahmatilah kami. Dengan bimbingan-MU padanya, bimbinglah kami, menuju jalannya. Menuju surga-MU.” Dalam hati, aku menambahkan: ”Dan panjangkan lagi umur Hubabah Bahiyyah, sehatkan badannya dan cintailah dia sebab kami mencintainya.

انا لله وإنا إليه راجعون

AL-FATIHAH, buat Almarhumah Hubabah Bahiyyah Al-Kaff. Beliau telah kembali ke rahmatullah pada hari Jum’at, 19 Oktober 2018.

[1]. Kumpulan zikir yang disusun oleh Al-Imam Al-Habib Abdullah bin Alwi Al-Haddad.
[2]. Ucapan selamat menyambut tibanya bulan suci Ramadlan
[3]. Seseorang yang dilantik untuk menjadi pemimpin dalam satu golongan tertentu.

Bidadari Bumi Oleh Ustadzah Syarifah Halimah Al-Aydrus

Baca Juga: Dokter Hati, Cerita Dari Bidadari Bumi

Posting Komentar untuk "Hari-Hari Bersama Hubabah Bahiyyah"